Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

SEO untuk Startup: Pentingnya dan Cara Optimasi yang Tepat

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu hal yang diinginkan oleh beberapa pelaku bisnis termasuk startup. Namun beberapa orang juga menganggap bahwa optimasi SEO ini tidak terlalu penting, karena membutuhkan waktu yang lama, rumit, atau bahkan merasa tidak memiliki dampak yang nyata pada bisnis mereka. 

Nah agar semakin mengetahui apa pentingnya SEO untuk startup atau bisnis kecil, dan bagaimana cara tepat mengoptimasinya, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Pentingnya Optimasi SEO untuk Bisnis Baru (Startup)

SEO kini menjadi hal yang sangat diperlukan bagi sebuah perusahaan, meskipun masih start-up. Mengapa Anda perlu menerapkan praktik SEO ketika bisnis Anda masih pemula? 

Sebenarnya jawabannya sederhana, yakni karena dengan menggunakan teknik SEO yang efektif, Anda dapat memposisikan diri Anda agar sukses secara online. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa manfaat dari optimasi SEO untuk bisnis start-up: 

1. Meningkatkan Awareness dan Visibilitas Online

Sebagai sebuah startup, tujuan Anda adalah menampilkan merek Anda kepada sebanyak mungkin pelanggan potensial. Oleh karenanya peningkatan brand awareness dan visibilitas online melalui SEO dapat membantu mewujudkannya.

Melalui peningkatan eksposur ini berarti semakin banyak pula calon pelanggan yang menemukan bisnis startup Anda, hingga pada akhirnya dapat menjadi prospek atau kesepakatan yang lebih berharga.

2. Meningkatkan Traffic Website

Dengan menerbitkan konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan dengan  kata kunci yang tepat secara teratur, dapat meningkatkan peluang Anda untuk tampil pada ranking atas di hasil pencarian. Hal ini tentunya dapat menarik lebih banyak audiens ke situs web, sehingga akan meningkatkan traffic website Anda. 

3. Tetap Kompetitif di antara Perusahaan Besar

Kredibilitas juga menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam kompetisi bisnis startup. SEO memainkan peran penting dalam membangun dan meningkatkannya, agar bisnis startup Anda tetap unggul di antara yang lainnya. 

Ketika peringkat Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian, itu menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya. Calon pelanggan sering kali mengasosiasikan peringkat pencarian yang lebih tinggi dengan kredibilitas dan keahlian bisnis Anda. 

4. Platform Marketing yang Efektif

SEO adalah channel atau platform yang hemat biaya bagi startup yang ingin memaksimalkan anggaran pemasaran mereka.

Dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya, seperti iklan berbayar, SEO memberikan hasil jangka panjang dengan biaya lebih rendah. Dengan mengoptimalkan konten secara strategis, Anda dapat meningkatkan visibilitas pencarian organik Anda. 

Selain itu, pengembalian investasi (ROI) yang ditawarkan SEO, menjadikan SEO sebagai strategi yang berharga untuk mengembangkan bisnis startup sesuai anggaran yang dimiliki. 

Baca Juga: Cara Membuat Konten yang Powerful Sesuai Niche Bisnis

Cara Optimasi SEO untuk Startup

Setelah mengetahui pentingnya optimasi SEO untuk startup, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara optimasi SEO yang tepat untuk bisnis pemula. Berikut di antaranya: 

1. Tentukan Goals dan Bangun Reputasi yang Tepat 

Hal paling dasar yang harus Anda lakukan adalah tentukan tujuan/goals yang akan Anda capai melalui optimasi SEO, karena hal ini akan mengarahkan bagaimana strategi optimasi yang Anda gunakan, dan apa KPI yang Anda perhitungkan ke depannya. 

Selain itu, Anda juga perlu membangun reputasi yang baik pada pencarian online.  Hal ini bisa Anda lakukan dengan 

  • Sebutkan dengan jelas apa yang ingin Anda lakukan.
  • Tunjukkan produk atau prototipe Anda dengan baik
  • Ceritakan kisah Anda. (siapa Anda, apa misi Anda, dan bagaimana Anda akan mencapainya?)

Dengan kata lain, situs web Anda harus mendefinisikan merek Anda dengan jelas. Itulah mengapa Anda harus mulai memikirkan merek Anda dalam arti yang lebih luas, terutama dalam kaitannya dengan hasil pencarian Google (SERP).

2. Temukan dan Kontrol Ancaman pada Produk

Setelah menentukan bagaimana merek Anda, saatnya menelaah apa saja ancaman yang mungkin Anda temukan ke depannya. Dalam ranah SEO, pengguna bisa saja membandingkan beberapa merek dengan penggunaan kueri tertentu. Dari sini Anda mulai bisa memetakan, merek apa saja yang kemungkinan dibandingkan dengan merek Anda. 

Saat pengguna membandingkan produk Anda dengan produk lain, mereka berada dalam salah satu dari dua tahap dalam perjalanan pengguna, dan memutuskan apakah mereka akan menggunakan produk Anda. Apa pun tahap yang mereka jalani, Anda perlu memandu keputusan mereka.

Mengidentifikasi pesaing menjadi hal penting dari riset pasar dalam optimasi SEO. Anda perlu memahami pasar dan pesaing baru Anda baik dari dalam maupun faktor eksternal. Sebagai sebuah startup, penting untuk menginvestasikan waktu dalam riset ini, tentang bagaimana Anda dapat tetap mencapai dan menjaga product-market fit Anda. 

3. Percepat Authority Bisnis Startup Anda

Otoritas atau authority adalah salah satu dari prinsip terpenting dalam SEO, dan tanpa menerapkannya, startup tidak akan bisa memenangkan persaingan jangka panjang. Melalui authority yang berkualitas, bisnis Anda bisa tetap berada di benak pengguna meskipun memiliki banyak pesaing. 

Kaitannya dengan optimasi SEO, membangun authority yang bagus bisa Anda capai dengan backlink (tautan balik). Bangunlah konten yang berkualitas dan produk yang bernilai, sehingga memicu pihak lain untuk menautkan atau merujuk konten pada website Anda. Selain backlink, Anda juga bisa memanfaatkan strategi Outreach, Guest Post atau Blogging. Hal ini tentu dapat memperluas brand awareness Anda, serta meningkatkan kepercayaan pengguna pada merek Anda. 

Baca Juga: Apakah Social Signals Mempengaruhi SEO Website? Simak Penjelasannya

4. Pertimbangkan Strategi Akuisisi Pengguna

Banyak yang belum mengetahui bahwa optimasi SEO ini bisa menjadi ladang keuntungan bagi pelaku bisnis startup. Ini bisa dicapai dengan strategi akuisisi pengguna yang tepat dan efektif. Dalam hal SEO, ini bisa dilakukan dengan kunci sebagai berikut: 

Search Intent + Outstanding Content + Easy Navigation & Acquisition 

Untuk menemukan strategi akuisisi pengguna yang tepat, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan: 

  • Temukan sesuatu yang dapat Anda skalakan secara online
  • Cari tahu user intent
  • Buat dan lakukan halaman pengujian
  • Ukur kinerja eksperimen
  • Saring dan tentukan yang terbaik
  • Tingkatkan 

Pertimbangkan juga Content Funnel (Navigasi Konten). Untuk mendukung perjalanan pengguna pada konten, tahap informasi adalah langkah pertama untuk mengarahkan pengguna menuju konten Anda yang lebih dalam. 

Pengguna sangat sensitif terhadap penjualan dan memiliki rentang perhatian yang lebih pendek saat ini. Memisahkan konten Anda ke dalam tiga kategori yang masing-masing menarik bagi pencarian informasi, tahap pertimbangan (consideration), dan tahap konversi. Hal ini dapat memastikan Anda menjangkau pengguna di setiap titik maksud dan tujuan pencarian mereka. 

5. Berfokus pada Peluang SEO yang Tepat

Berbagai jenis startup memerlukan perhatian pada bidang SEO tertentu yang berbeda-beda antara satu sama lain. Secara kasar kita dapat mengelompokkan SEO ke dalam optimasi teknis, konten, maupun backlink. 

Untuk bisnis startup biasanya membutuhkan brand awareness dan authority, untuk menumbuhkan kepercayaan audiens dan tetap unggul di antara para kompetitor. Oleh karenanya startup memerlukan perbaikan pada kualitas konten, konten hub, tautan internal dan peningkatan optimasi backlink, agar performa website bisnis startup tetap muncul dan berperforma baik pada SERP. 

Kesimpulan

Menerapkan SEO untuk startup dapat memperoleh keuntungan besar, karena lima alasan sebagai berikut:

  1. Pengungkit terbaik untuk startup Anda pada akhirnya bergantung pada pasar dan  model bisnis Anda. 
  2. Skalakan SEO dengan mengidentifikasi jenis halaman terbaik untuk diskalakan, mengetahui niat pengguna, membuat halaman pengujian, mengukur kinerjanya, menyempurnakannya, lalu meningkatkannya.
  3. Otoritas adalah topik penting yang perlu dipikirkan oleh setiap startup. Tingkatkan dengan mengidentifikasi backlink apa yang Anda butuhkan, dan buat strategi untuk mendapatkannya. 
  4. Waspadai ancaman terhadap produk Anda dengan meneliti apa yang muncul untuk kueri perbandingan dan kueri keseluruhan apa yang dimiliki pengguna. 
  5. Reputasi Anda tidak hanya dibentuk oleh situs web Anda, namun bagaimana tampilannya di hasil pencarian dan apa yang menyertainya. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu kita ketahui terkait Optimasi SEO untuk Startup yang tepat dan efisien. Semoga dapat menambah wawasan terutama bagi pelaku startup atau bisnis kecil. 

Simak beberapa tips dan informasi terbaru perihal optimasi SEO di KreasiAds. Atau Anda bisa juga dengan berkonsultasi langsung dengan para expertise kami di sini!

Tunggu apa lagi? Yuk hubungi kami sekarang dan temukan solusi terbaik untuk SEO startup Anda!

Baca Juga: Boost Traffic Websitemu dengan SEO Consultant  

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts