Mempelajari SEO untuk mendalami digital marketing tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui istilah-istilah dalam SEO. Banyak istilah yang harus diketahui, apalagi seringkali menggunakan bahasa Inggris yang jarang sekali Anda temui.
Untuk mempermudah Anda saat mempelajarinya, berikut ini beberapa istilah penting dalam SEO. Simak daftarnya!
Daftar Istilah dalam SEO
1. Alt Text
Alt text atau alternative text adalah tulisan yang berfungsi untuk mendeskripsikan gambar pada website. Jika suatu gambar gagal dimuat ulang, masih ada alt text yang menggantikan tampilan gambar tersebut.
2. Anchor Text
Anchor text adalah teks berisi yang tautan dan dapat diklik (clickable text)
3. Auto Generated Content (AGC)
Auto Generated Content (AGC) adalah konten yang dibuat menggunakan program maupun kode secara otomatis. Konten ini biasanya digunakan untuk memanipulasi hasil pencarian dan termasuk dalam strategi black hat SEO.
4. Backlink
Backlink adalah tautan yang menghubungkan dari satu website ke website lain, seperti suatu website yang ditautkan menuju website Anda untuk menambah traffic.
5. Black Hat SEO
Black hat SEO adalah teknik SEO untuk memanipulasi hasil pencarian dengan melakukan beberapa aktivitas yang melanggar pedoman dari Google, seperti cloaking, keyword stuffing, dan duplicate content.
6. Bounce Rate
Bounce rate adalah persentase pengunjung (visitor) yang datang dan meninggalkan website setelah melihat satu halaman tanpa melakukan aktivitas apapun, seperti menulis komentar.
7. Breadcrumb
Breadcrumb adalah teks yang berisi tautan dan bertujuan sebagai navigasi pengunjung website. Letak breadcrumb berada di atas webpage atau di bawah navigation bar.
8. Broken Link
Broken link atau berarti “tautan rusak” adalah tautan pada halaman website yang tidak lagi dapat digunakan maupun diakses oleh pengunjung. Hal ini biasanya disebabkan oleh halaman website yang telah “dipindahkan” menggunakan tautan baru tanpa dilakukannya redirect. Ciri-ciri dari broken link adalah munculnya kode 404 dengan diikuti tulisan “not found”.
9. Cache
Cache adalah penyimpanan sementara baik dalam website maupun aplikasi. Fungsinya untuk mempercepat proses loading ketika Anda ingin mengaksesnya di masa mendatang.
10. Cloaking
Cloaking adalah penyajian konten atau URL yang berbeda ke search engine (mesin pencari) dan pengguna. Cloaking menjadi bagian dari teknik black hat SEO yang melanggar kebijakan dari Google.
11. Commercial Intent
Commercial intent merujuk pada tujuan audiens untuk mencari sesuatu yang terbaik atau rekomendasi. Contoh: rekomendasi komputer terbaik 2023.
12. Content Delivery Network (CDN)
Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan server terdistribusi yang ditempatkan secara strategis di berbagai pusat data di seluruh dunia. Fungsinya untuk mendistribusikan konten website, seperti gambar dan video.
13. Content Marketing
Content marketing adalah strategi marketing yang bertujuan untuk menarik audiens dan meningkatkan awareness dengan cara membuat konten, seperti artikel, foto, dan video
14. Crawling
Crawling adalah proses pengumpulan data yang dilakukan oleh crawler (bot pada search engine). Selanjutnya, data ini akan disusun dan dirapikan saat proses indexing.
15. CTR
CTR atau Click-Through Rate adalah persentase perbandingan antara jumlah klik dan impresi dalam pencarian organik maupun iklan.
16. Disavow
Disavow adalah proses memberi tahu mesin pencari bahwa backlink tertentu yang mengarah ke suatu website harus diabaikan, apalagi jika backlink tersebut bisa berdampak negatif terhadap ranking.
17. Dofollow
Dofollow adalah tautan yang mengarah ke website dan diikuti oleh bot crawler, meneruskan link juice dari satu halaman web ke halaman web lainnya.
18. Domain Age
Domain age adalah umur dari suatu domain yang dihitung mulai dari domain tersebut didaftarkan.
19. Duplicate Content
Duplicate content mengacu pada konten yang identik atau serupa dan muncul lebih dari satu lokasi, baik dalam satu situs web atau di beberapa situs web.
20. E-E-A-T
E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness) yang artinya Google menggunakannya untuk menilai kualitas konten dan kredibilitas situs web dalam hasil pencariannya
21. Expired Domain
Expired domain adalah domain yang terdaftar sebelumnya dan belum diperpanjang oleh pemiliknya setelah masa pendaftaran berakhir (expired).
22. External Link
External link atau outbound link adalah tautan yang menghubungkan dari satu halaman web ke halaman web lain (tidak berada pada website atau domain yang sama).
23. Featured Snippet
Featured snippet adalah ringkasan atau kutipan informasi yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP) sebagai jawaban atas apa yang dicari oleh audiens. Namun, tak jarang juga konten yang mendapatkan featured snippet memiliki jumlah click yang rendah.
24. Google Analytics
Google Analytics adalah fitur dari Google yang berfungsi untuk melacak dan menganalisis berbagai aspek kinerja website melalui interaksi pengguna, seperti halaman yang mereka kunjungi dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan selama di website
25. Google Business Profile
Google Business Profile, sebelumnya bernama Google My Business adalah fitur yang memungkinkan pemilik bisnis mengelola informasi bisnis secara online di seluruh platform Google, termasuk Google Search dan Google Maps.
26. Google Search Console
Google Search Console adalah tools yang membantu pemilik website memantau dan mengoptimalkan kinerja website mereka di Google Penelusuran. Tools ini menyediakan data dari jumlah klik, impresi, CTR, dan posisi rata-rata suatu halaman website untuk mempermudah analisis.
27. Gray Hat SEO
Gray hat SEO adalah teknik SEO yang merupakan gabungan dari white hat dan black hat. Contoh dari teknik ini, yakni melakukan keyword stuffing dengan tingkat sedang.
28. Guest Post
Guest post adalah konten artikel yang ditulis oleh seseorang pada website, bukan anggota atau karyawan dari website tersebut.
29. hreflang
Hreflang adalah atribut HTML yang digunakan untuk menunjukkan bahasa dan target regional suatu halaman website. Atribut ini membantu search engine memahami versi bahasa halaman mana yang akan ditampilkan kepada audiens berdasarkan lokasi dan preferensi bahasa mereka.
30. HTML
HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mendesain halaman website.
31. Impression
Impression (jumlah tayangan) dihitung berdasarkan seberapa banyak halaman website Anda tampil pada hasil pencarian oleh audiens. Perlu diingat bahwa tidak berarti bahwa audiens mengklik tautan Anda, hanya menunjukkan bahwa halaman Anda muncul di hasil pencarian.
32. Inbound Link
Inbound link (backlink/incoming link) adalah tautan dari website lain yang diarahkan menuju website Anda.
33. Indexing
Indexing menjadi proses selanjutnya setelah crawling. Indexing adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari, seperti Google, mengumpulkan dan menyimpan informasi dari halaman web di database mereka.
34. Informational Intent
Informational intent dibuat bertujuan untuk mempermudah audiens dalam memahami atau mempelajari suatu informasi. Contoh: apa itu tenses?
35. Internal link
Internal link adalah tautan yang mengarahkan ke halaman berbeda, tetapi masih dalam satu website.
36. JSON
JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data, biasanya digunakan untuk mengirimkan data antara server dan aplikasi web.
37. Key Performance Indicator (KPI)
Key Performance Indicator (KPI) adalah metrik yang digunakan untuk mengevaluasi dan melacak kinerja tujuan bisnis tertentu.
Baca juga: KPI SEO: 11 Hal Penting untuk Tracking dan Mengukur Performa SEO
38. Keyword Cannibalization
Keyword cannibalization terjadi ketika beberapa halaman dalam satu website dioptimasi atau terdapat keyword yang sama.
39. Keyword Density
Keyword density adalah persentase perbandingan antara kata kunci atau frasa target muncul dalam suatu konten dengan jumlah total kata.
40. Keyword Research
Keyword research adalah proses yang bertujuan untuk menemukan kata kunci (keyword) dan frasa relevan dengan konten dan tujuan website.
41. Keyword Stuffing
Keyword stuffing adalah praktik penggunaan keyword target secara berlebihan dalam suatu konten dengan tujuan memanipulasi ranking pada search engine.
42. Landing Page
Landing page adalah halaman web yang dibuat bertujuan mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian, mengisi formulir, atau mendaftar untuk menerima newsletter (buletin).
43. Lazy Loading
Lazy loading digunakan untuk mempercepat loading website dengan memuat halaman tertentu dan penting bagi pengguna.
44. Lead
Lead adalah seseorang yang memiliki minat pada suatu produk, layanan, atau merek dan telah memberikan informasi kontak, memungkinkan komunikasi lebih lanjut dan berpotensi melakukan transaksi.
45. Link Building
Link building adalah strategi yang bertujuan memperoleh tautan dari website lain ke website Anda sendiri.
46. Link Farm
Link farm adalah sekumpulan website atau halaman website yang dibuat dengan tujuan untuk menghubungkan satu sama lain, biasanya digunakan sebagai upaya untuk memanipulasi ranking pada search engine.
47. Link Juice
Link juice atau link equity adalah otoritas atau nilai yang diteruskan dari satu halaman website ke halaman website lainnya melalui hyperlink.
48. Local Pack
Local pack adalah fitur pada halaman hasil pencarian yang muncul sebagai respons terhadap pencarian kueri berbasis lokasi. Sederhananya, local pack mencakup informasi penting tentang setiap bisnis, seperti nama, alamat, nomor telepon, rating bisnis, dan tautan ke website bisnis tersebut.
49. Local SEO
Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis secara online bagi pelanggan lokal ketika mereka mencari produk atau layanan di wilayah geografis tertentu.
50. Long Tail Keywords
Long tail keywords adalah keyword panjang dan spesifik yang dicari oleh pengguna saat mencari informasi terperinci atau produk atau layanan khusus. Misalnya ada keyword “nasi”, jika dibuat long tail keywords menjadi “cara membuat nasi goreng bakso”.
51. LSI keyword
LSI (Latent Semantic Indexing) keyword adalah kata dan frasa yang secara semantik berhubungan dengan kata kunci utama. Perlu diingat bahwa LSI keyword bukanlah sinonim.
52. Meta Deskripsi
Meta deskripsi adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat atau deskripsi konten halaman web. Letak meta deskripsi berada di bawah judul dan URL.
53. Meta Title
Meta title atau title tag adalah elemen HTML yang menentukan judul halaman web.
54. Navigational Intent
Navigational intent berguna untuk mempermudah audiens dalam mencari halaman yang spesifik. Contoh: Ahrefs blog, Facebook log in
55. Negative SEO
Negative SEO adalah praktik untuk merusak ranking pada search engine dan reputasi website kompetitor, seperti membuat backlink berkualitas rendah, membuat duplicate content dari website kompetitor.
56. Nofollow
Nofollow adalah atribut HTML yang digunakan dalam tautan untuk menginstruksikan search engine agar tidak mengikuti tautan tersebut. Sederhananya, nofollow merupakan lawan dari dofollow.
57. Noindex Tag
Noindex tag adalah meta tag HTML yang menginstruksikan search engine untuk tidak mengindeks halaman web tertentu. Saat diterapkan, halaman tersebut tidak akan muncul pada hasil pencarian.
58. Off Page SEO
Off page SEO adalah strategi optimasi yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan visibilitas, otoritas, dan kredibilitasnya di internet.
59. On Page SEO
On page SEO adalah strategi optimasi yang dilakukan langsung pada website untuk meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian.
60. Organic Traffic
Organic traffic mengacu pada pada pengguna yang datang ke website melalui hasil pencarian, bukan melalui iklan.
61. Orphan Page
Orphan page adalah halaman website yang tidak ditautkan pada halaman lain dalam website yang sama.
62. Page Authority
Page authority adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa baik peringkat halaman tertentu dalam hasil pencarian melalui search engine.
63. Page Speed
Page speed mengacu pada jumlah waktu yang diperlukan halaman web untuk dimuat secara keseluruhan.
64. People Also Ask
People Also Ask (PAA) adalah fitur pada hasil pencarian (SERP), setelah memasukkan kueri, pengguna disajikan dengan kotak berisi pertanyaan tambahan terkait pencarian aslinya.
65. Permalink (slug)
Permalink atau permanent link adalah URL yang mengarah ke website atau konten tertentu. Sebaiknya permalink ini tidak diubah setelah konten terpublish. Oleh karena itu, perlu merancang atau memikirkan baik-baik permalink seperti apa yang akan digunakan.
66. Private Blog Network (PBN)
Private Blog Network (PBN) adalah kumpulan website dimiliki atau dikendalikan oleh seseorang. Biasanya, tujuan dibuat PBN adalah memanipulasi peringkat search engine dengan membangun tautan dari website-website yang saling berhubungan ke website target.
67. Redirect
Redirect adalah cara mengalihkan dari satu URL ke URL lain. Redirect sering kali diterapkan karena berbagai alasan, termasuk saat URL berubah, saat website dipindahkan ke domain baru, atau saat konten tertentu telah dihapus atau diganti secara permanen.
68. robots.txt
robots.txt adalah file teks yang ditempatkan pada server website untuk menginstruksikan kepada crawler tentang halaman atau bagian situs mana yang tidak boleh di-crawling atau diindeks.
69. Schema Markup
Schema markup adalah kode yang ditambahkan ke HTML pada halaman website untuk memberikan konteks tambahan tentang konten ke search engine.
70. Search Engine Result Page (SERP)
Search Engine Result Page (SERP) adalah halaman yang ditampilkan oleh search engine sebagai respon terhadap apa yang dicari oleh pengguna.
71. Search Intent
Search intent atau user intent adalah mengacu pada maksud atau tujuan dari pengguna dalam mencari sesuatu melalui search engine.
72. Search Volume
Search Volume adalah berapa kali keyword tersebut dicari oleh pengguna di search engine selama periode tertentu.
73. SEO Audit
Seo audit dilakukan untuk menganalisis permasalahan dan merancang strategi yang akan diterapkan pada SEO website. Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja SEO.
74. SEO Difficult
SEO Difficult adalah metrik yang menunjukkan tingkat kesulitan pada keyword tertentu untuk mendapatkan ranking dalam hasil pencarian.
75. Short Tail Keywords
Short tail keywords adalah keyword yang terdiri dari satu hingga dua kata. Keyword jenis ini memiliki cakupan yang luas dan seringkali memiliki volume pencarian tinggi.
76. Sitelink
Sitelink adalah tautan tambahan yang muncul di bawah cuplikan hasil pencarian utama pada SERP.
77. Sitemap
Sitemap atau peta situs adalah file yang memberikan informasi tentang organisasi, struktur, dan konten website kepada search engine.
78. Spam Score
Spam score adalah metrik yang digunakan untuk menilai kemungkinan suatu website dianggap berisi spam oleh search engine.
79. Structured Data
Structured data adalah kumpulan data yang terstruktur dan digunakan untuk menyediakan informasi tentang halaman web beserta kontennya ke search engine.
80. Taxonomy SEO
Taxonomy SEO adalah mengacu pada klasifikasi dan pengorganisasian konten website berdasarkan kategori dan tag.
81. Technical SEO
Technical SEO mengacu pada optimasi elemen teknis pada website untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja search engine, seperti perbaikan website untuk meningkatkan page speed.
82. Thin Content
Thin content adalah konten yang tidak berkualitas dan tidak bermanfaat untuk audiens.
83. Thumbnail
Thumbnail adalah gambar yang mempresentasikan isi konten.
84. Topic Authority
Topic authority mengacu pada kredibilitas dan otoritas website pada topik yang sedang dibahas.
85. Topic Cluster
Topic cluster adalah strategi konten dengan pembuatan “pilar” atau konten utama. Fungsinya sebagai panduan komprehensif tentang topik yang luas, dikelilingi oleh beberapa konten yang saling berkaitan dengan topik.
86. Transactional Intent
Transactional intent dibuat bertujuan untuk melakukan aktivitas yang mengarah ke tindakan transaksi, seperti pembelian, bergabung dalam membership, atau mengunduh. Contoh: free e-book.
87. Urchin Tracking Module (UTM)
Urchin Tracking Module (UTM) adalah tag ditambahkan di akhir URL untuk melacak dan menganalisis efektivitas campaign yang dijalankan.
88. User Generated content (UGC)
User Generated Content (UGC) adalah konten yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna, bukan oleh brand atau organisasi itu sendiri. Konten ini bisa berupa tulisan, gambar, video, ulasan, bahkan forum diskusi.
89. White Hat SEO
White hat SEO adalah teknik SEO berfokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi dan mematuhi pedoman dari Google, sehingga terhindar dari sanksi yang diberikan oleh Google.
90. Y-M-Y-L
Y-M-Y-L (Your Money or Your Life) adalah istilah umum digunakan dalam konteks pedoman kualitas penelusuran Google yang mencakup topik kesehatan, finansial, dan kehidupan.
Daftar istilah dalam SEO tersebut hanyalah beberapa dari sekian banyak istilah yang akan Anda temui. Tenang, Anda bisa menggunakannya sebagai panduan untuk mempelajari SEO.