TABLE OF CONTENT
  • SEO
  • >
  • Perbedaan Subdomain dan Subdirectory & Apa yang Terbaik untuk SEO
Perbedaan Subdomain dan Subdirectory & Apa yang Terbaik untuk SEO

Apa itu Subdomain?

Subdomain juga merupakan jenis hierarki situs web di bawah direktori akar, namun alih-alih menggunakan folder untuk mengatur konten di situs web, subdomain tersebut mendapatkan situs webnya sendiri. 

Subdomain ini masih terkait erat dengan direktori root, tetapi biasanya memiliki sistem manajemen konten terpisah, template, alat analisis, dan banyak lagi.

Apa itu Subdirectory?

Subdomain mengelompokkan situs web Anda sehingga Anda dapat membuat tipe konten tertentu yang berbeda dari domain root Anda. Di sisi lain, subdirektori adalah jalur dalam situs Anda. Subdirektori adalah tingkat dalam hirarki domain. Subdirektori bercabang dari subdomain tempatnya berada.

Bagaimana subdomain dan subdirektori mempengaruhi SEO?

Menurut Google, situs tersebut merayapi, mengindeks, dan memberi peringkat pada subdomain dan subdirektori dengan cara yang sama. John Mueller mengatakan, subdomain umumnya tidak merugikan peringkat situs. Faktanya, dia mengatakan Google cukup pintar untuk melihat domain utama dan subdomain Anda terikat pada situs web yang sama.

Beberapa profesional SEO berpendapat bahwa subdomain tidak berbagi otoritas yang mereka terima dari tautan masuk (atau tautan balik) dengan domain root. Hal sebaliknya juga bisa terjadi; karena subdomain dianggap sebagai entitas terpisah dari domain akar Anda, subdomain tersebut mungkin tidak mewarisi otoritas tautan apa pun yang telah Anda buat ke konten situs web inti Anda.

Menurut beberapa pakar SEO, manfaat lainnya adalah subdomain dapat membantu membangun otoritas niche. Misalnya, Anda mungkin ingin blog Anda dianggap sebagai entitas terpisah dari produk atau layanan Anda.

Sebaliknya, jika situs Anda tidak memiliki vertikal yang luas pada navigasi Anda, maka Anda mungkin tidak perlu menggunakan subdomain karena Anda ingin sebanyak mungkin link kembali ke situs utama Anda. Jika Anda tidak memiliki alasan kuat untuk menggunakan subdomain, maka subdirektori berfungsi dengan baik.

Subdomain atau subdirectory?

Meskipun topik ini seringkali membingungkan, pada akhirnya keputusannya bergantung pada kebutuhan situs web Anda. 

  • Subdomain dapat memberikan organisasi dan struktur pada situs Anda jika Anda memiliki banyak konten berbeda namun penting untuk dibagikan.
  • Subdirektori dapat berguna untuk situs web kecil yang tidak memiliki banyak variasi konten.

Pilihan antara subdomain dan subdirektori sangat bergantung pada alasan di luar SEO. Keduanya bisa ramah SEO, baik Anda memutuskan untuk menggunakan subdomain atau subdirektori, Anda perlu mengoptimalkannya untuk mendapatkan peluang terbaik mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Liked what you just read? Sharing is caring.

Share with Facebok
Share with X
Share with Linkedln
Artikel Serupa
AI digital marketing
AI dalam Digital Marketing: Peran, Tantangan, Tools dan Cara Penerapannya

Dalam era digital yang terus berkembang, transformasi digital telah menjadi suatu...

Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing
Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing

Era modern seperti saat ini, terdapat banyak konten yang dimanfaatkan sebagai...

Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki
Ingin Jadi CFO? Ini Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki!

Menjadi CFO (Chief Financial Officer) memiliki tanggung jawab yang besar dalam...

Creative Campaign yang efektif
Tips Membuat Creative Campaign yang Efektif beserta Jenisnya!

Creative Campaign yang efektif menjadi hal yang penting bagi beberapa perusahaan...

7 Cara Optimasi Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform daring (online) yang berfungsi sebagai perantara atau...

Apa itu Docker? Penjelasan, Fungsi, dan Cara Kerja

Docker adalah sebuah platform perangkat lunak open-source yang memungkinkan aplikasi dan...

Jasa Iklan Facebook dan Instagram Terdekat

Facebook dan Instagram Ads memegang peranan penting dalam menjangkau audiens yang...

Mari tingkatkan potensi bisnis Anda dengan solusi strategis dan hasil yang nyata

Siap membawa bisnis Anda naik level? Konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami dan wujudkan pertumbuhan yang

Upgrade Skill Digital Marketing Tim Anda

Program pelatihan eksklusif untuk tim perusahaan

  • Materi praktis: digital marketing, data analytics, dan growth strategy
  • Disesuaikan dengan kebutuhan & industri bisnis Anda
  • Pendampingan langsung dari praktisi berpengalaman
  • Hasil nyata: peningkatan kompetensi & performa tim

Mulai Belajar