Era modern seperti saat ini, terdapat banyak konten yang dimanfaatkan sebagai media pemasaran (marketing) dan tidak hanya terbatas pada media cetak (konvensional). Namun, juga dilakukan di dunia digital sehingga lebih hemat biaya dan tempat.
Sejatinya kegiatan inilah yang dinamakan dengan content marketing, yang mana saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh. Selain membahas mengenai apa itu content marketing, pada artikel ini juga akan dibahas tentang SEO content marketing, serta strategi dan langkah mudah melakukan SEO content marketing. Yuk simak artikel ini sampai selesai!
Apa Itu Content Marketing?
Content Marketing adalah pendekatan strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai (valuable), relevan dan konsisten yang bertujuan untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan agar melakukan tindakan tanpa menjual secara terus menerus.
Menurut Gunelius (2011), content marketing adalah proses secara tidak langsung dan langsung mempromosikan bisnis atau merek melalui konten teks, video, atau audio yang bernilai tambah baik secara online maupun offline.
Intinya, kegiatan content marketing ini dibuat dan dilakukan untuk menghasilkan konten yang berkualitas, unik, signifikan, bernilai, dinamis (up to date), serta lebih relevan dengan kebutuhan audiens dibanding dengan kegiatan marketing yang dilakukan kompetitornya.
Pada pengimplementasiannya, bentuk content marketing bisa terjadi berupa long-form (seperti blog, artikel, e-book, dan sebagainya), short-form (seperti update platform media sosial Twitter, Facebook, Instagram, Youtube dan sebagainya), atau bentuk percakapan (misalnya, sharing konten melalui Twitter atau berpartisipasi dalam diskusi aktif via podcast, komentar blog atau melalui forum online lainnya).
SEO Content Marketing
Content Marketing dan SEO saat ini merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan, jika seorang content marketer tidak memperhatikan SEO, begitu juga dengan sebaliknya, jika seorang praktisi SEO menganggap remeh atau tidak memperhatikan konten. Akibatnya proses pengembangan atau optimasi website dan kegiatan marketing menjadi kurang berjalan maksimal.
Strategi content marketing yang tepat dan dibantu dengan optimasi mesin pencari (SEO) merupakan kunci sukses dari website dan marketing bisnis. Begitu juga dengan optimasi website/SEO yang juga harus memperhatikan segi kualitas konten untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Sebagai contoh penerapannya, sebuah bisnis konsultan digital marketing yang akan menawarkan produknya akan menerbitkan konten-konten seputar digital marketing seperti strategi creative content, SEO, Ads hingga bisnis digital dsb.
Dengan adanya konten yang relevan dengan kebutuhan dan trend audiens/market, maka mereka akan dengan mudah terbawa ke website penjualan/bisnis Anda, yang tidak lain melalui kegiatan pencarian audiens terkait informasi atau konten yang telah disajikan.
Dari sini sudah dapat dilihat mengapa content marketing dan SEO penting untuk dijalankan secara beriringan. Seorang content marketer membutuhkan pengetahuan SEO untuk mendapatkan traffic yang maksimal serta mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari.
Praktisi SEO yang tidak mengetahui tentang content marketing juga akan berakibat fatal karena kurangnya pengetahuan akan kualitas konten, serta kebutuhan market akan konten-konten yang akan disajikan.
Strategi SEO Content Marketing
Setelah mengetahui pentingnya content marketing yang dilakukan dengan optimasi SEO dan begitu juga sebaliknya, maka hal ini bisa dikatakan sebagai strategi Growth Hacking untuk upaya mempercepat pertumbuhan website hingga bisnis Anda. Lantas apa saja strategi SEO Content Marketing dan langkah mudahnya? Berikut penjelasannya.
Perlu diperhatikan bahwa tidak semua konten baik untuk SEO, maka dari itu jika dalam pembuatannya secara asal-asalan maka kegiatan marketing justru tidak akan menghasilkan apapun. Sama halnya dengan audiens, ketika mereka membutuhkan informasi, maka mereka tidak ingin membaca konten yang dikira tidak sesuai dengan kebutuhan atau kurang masuk akal/relevan. Oleh karenanya perlu strategi dan langkah berikut:
Membuat Content Management System
Bagi para content marketer juga penting untuk membuat dan menerapkan sistem manajemen konten (CMS). Peran penting CMS dalam kegiatan konten marketing di antaranya adalah memungkinkan mesin pencari untuk menjelajah dan memahami halaman konten Anda dengan mudah. Selain itu juga memudahkan tim untuk bekerja sama dalam melakukan perubahan dan pembaruan konten.
Content Ideation adalah tahap mencari topik yang digunakan untuk membuat content marketing. Pada tahap ini kamu menentukan bagaimana product knowledge, topik keyword, dan audience persona.
Membuat Content Planning
Semrush mendefinisikan Content Planning adalah bagaimana seseorang menentukan konten apa, kapan, dan di mana konten tersebut akan diterbitkan. Melalui content planning yang efektif, kamu dapat memprioritaskan tugas, mengatur proses pembuatan, dan melacak kemajuan konten kamu.
Content planning adalah langkah kunci dalam setiap strategi pembuatan dan pendistribusian konten. Pada tahap ini terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya menentukan desain navigasi, membuat topic cluster, membuat content brief dan memproduksi konten.
Lakukan Content Evaluation & Optimization
Tahap ini dilakukan ketika konten telah berhasil diunggah. Pastikan keseluruhan konten tersebut dilakukan monitoring baik berupa analisis dan evaluasi. Namun, sebelumnya pastikan konten artikel telah terindeks google.
Melalui Google Search Console dan Google Analytics, Anda dapat mengecek performance-nya. Optimasi dan perbaikan lanjutan dari analisis konten juga perlu dilakukan secara kontinyu untuk mendapatkan winning content.
Utamakan kualitas bukan kuantitas konten
Konten memang penting, namun jangan sampai karena memburu adanya konten dengan jumlah dan konsistensi tertentu, membuat kualitas konten itu sendiri kurang diperhatikan.
Google sendiri tidak melakukan perangkingan berdasarkan jumlah halaman pada website. Meskipun website memiliki ratusan bahkan ribuan konten, namun jika halaman tersebut tidak winning, maka akan sama saja, website Anda tidak mendapatkan ranking yang baik.
Ketimbang menerbitkan konten yang banyak, alangkah baiknya mengoptimalkan kualitas konten yang memperhatikan audiens persona, pembuatan konten yang SEO-friendly, serta pastikan konten Anda memiliki keunikan dan authority yang baik, sehingga dapat membedakan Anda dengan para kompetitor. Dengan begitu market/audiens Anda akan beralih dan bertahan pada website Anda.
Baca Juga: 7 Tips Membuat Winning Content Writing
Kesimpulan
Content marketing dan SEO memiliki keterkaitan satu sama lain. Dua hal ini harus berjalan beriringan jika ingin meningkatkan konversi penjualan.
Keberhasilan konten tergantung pada tujuan dari konten tersebut, apakah untuk menghasilkan traffic, lead, atau brand awareness. Oleh karenanya, tujuan konten tersebut harus ditentukan sebelum melakukan riset, untuk kemudian dilakukan dengan tool analytic yang Anda siapkan.
Perlu adanya measurement dan sistem tracking yang jelas/terarah agar kita dapat mengetahui kinerja konten tersebut dalam mencapai goals bisnis/perusahaan. Selalu gunakan dan manfaatkan data, baik data terkait audiens, trend, hingga kinerja dan pencapaian konten. Jangan ragu untuk melakukan perbaikan/optimasi konten secara berkala agar konten bisa bekerja lebih baik sebagai upaya Growth Hacking pada bisnis/perusahaan Anda.
Selain content marketing yang tepat dan efektif, masih ada banyak strategi hacking lainnya untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.
Penasaran apa aja? Yuk gali ilmu tentang SEO dan konsultasikan kebutuhan SEO bisnis Anda di impacta!
FAQ
Apa yang dimaksud dengan SEO Content Marketing?
SEO Content Marketing adalah strategi pemasaran yang menggabungkan optimasi mesin pencari (SEO) dan konten berkualitas tinggi untuk meningkatkan visibilitas online dan menarik audiens yang relevan.
Mengapa Content Marketing penting untuk SEO?
Content Marketing penting untuk SEO karena menyediakan konten berkualitas yang dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari, meningkatkan otoritas situs, dan menarik lalu lintas organik.
Apa saja jenis-jenis Content Marketing untuk SEO?
Jenis-jenis Content Marketing untuk SEO meliputi artikel blog, video, infografis, podcast, dan e-book. Setiap jenis konten dapat dioptimalkan untuk kata kunci yang relevan.
Bagaimana cara membuat strategi SEO Content Marketing yang efektif?
Buat strategi yang efektif dengan meneliti kata kunci, membuat konten berkualitas, mengoptimalkan on-page SEO, dan mempromosikan konten di media sosial dan platform lainnya.
Apa keuntungan dari SEO Content Marketing?
Keuntungan dari SEO Content Marketing termasuk peningkatan visibilitas online, peningkatan lalu lintas organik, peningkatan konversi, dan peningkatan otoritas merek.
Bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat untuk SEO Content Marketing?
Pilih kata kunci yang tepat dengan melakukan riset menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, mempertimbangkan relevansi, volume pencarian, dan tingkat persaingan.
Apa peran backlink dalam SEO Content Marketing?
Backlink berperan penting dalam meningkatkan otoritas domain dan peringkat situs di mesin pencari. Mendapatkan backlink berkualitas dari situs terpercaya meningkatkan kredibilitas konten Anda.