Untuk menjalankan sebuah bisnis, Anda diharuskan paham tentang keilmuan pemasaran/marketing. Salah satu nya teknik marketing melalui optimasi digital, yang berupa Content Marketing. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Apa itu Content Marketing?
Content marketing adalah metode atau strategi pemasaran menggunakan segala jenis konten, baik tulisan, video, maupun suara. Hampir semua hal yang mengandung gambar, video, atau tulisan di sekitar Anda atau saat menjelajahi internet yang biasa kita sebut dengan konten.
Pentingnya Content Marketing untuk Bisnis?
Content Marketing penting untuk bisnis tidak hanya untuk menumbuhkan brand awareness saja, tetapi juga penting untuk membangun hubungan yang kuat serta interaksi antara customer dan bisnis Anda.
Bagaimana Cara Melakukan Content Marketing yang Sukses?
Lalu, Bagaimana langkah menciptakan content marketing yang bagus dan kuat? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, dan membawa bisnis online Anda ke level berikutnya :
1. Tetapkan Tujuan Anda
Setiap content marketing yang Anda buat harus mempunyai tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki tenggat waktu. Tanpa adanya tujuan yang jelas, Anda tidak dapat memfokuskan ke mana arah bisnis Anda dan ini dapat membuat Anda jadi kebingungan untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan konten.
2. Ketahui Target Audiens Anda
Untuk membuat pemasaran konten yang menarik, Anda harus mengetahui siapa pelanggan Anda dan hal apa saja yang benar-benar mereka sukai. Anda bisa mempelajari minat mereka berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan daya beli. Semakin erat konten yang Anda buat dengan tergaet audiens Anda, maka akan semakin kuat pula pesan yang tersampaikan.
3. Identifikasi Konten yang Relevan
Tidak ada gunanya membuat konten yang bagus jika tidak relevan dengan audiens Anda. Ada banyak sekali jenis topik yang bisa Anda kembangkan, namun Anda harus fokus pada hal-hal yang hanya menarik minat audiens. Buatlah konten yang se-relevan mungkin dan mampu menawarkan nilai bagi mereka.
4. Buat Konten Berkualitas Tinggi
Lebih baik membuat sedikit konten dengan kualitas yang bagus daripada membuat banyak konten namun berkualitas buruk. Pastikan setiap konten yang Anda buat selalu dipublikasikan secara konsisten, disertai headline yang menarik, dan dilengkapi dengan visual yang mudah dicerna oleh pelanggan Anda.
5. Gunakan Jalur Distribution Channel yang Tepat
Meluangkan waktu untuk membuat konten yang kredibel dan menghibur itu adalah keharusan, tapi meluangkan lebih banyak waktu untuk mendistribusikannya melalui saluran yang tepat jauh lebih penting. Dengan mengetahui platform yang tepat, Anda akan semakin mudah menjangkau lebih banyak audiens dan meninggalkan tautan. Beberapa Distribution Channel yang bisa Anda coba di antaranya adalah
- Organic Traffic : Sosial Media (Instagram, Tik Tok, Youtube) dan SEO Organic
- Paid Traffic : Meta Ads, Google Ads
- Own Traffic : Email dan nomor whatsapp customer
- JV Traffic : Influencer/selebgram
6. Sertakan Emosi untuk Meningkatkan Daya Tarik
Agar konten yang Anda buat memiliki dampak yang lebih besar, Anda juga bisa memanfaatkan emosi yang dimiliki oleh audiens Anda untuk meningkatkan daya tarik. Semakin baik emosi yang dihasilkan, maka akan semakin kuat pula pesan yang ingin Anda sampaikan. Dengan memilih gambar, warna, atau materi yang tepat, Anda dapat membangkitkan kekaguman atau kegembiraan yang dirasakan audiens Anda.
7. Jangan Mengabaikan SEO
Search Engine Optimization terus berkembang selama sepuluh tahun terakhir, dan para pakar SEO menggunakan banyak praktik terbaik yang berbeda untuk dapat meningkatkan peringkat. Meski cara kerja SEO memang rumit, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba meneliti kata kunci yang ditargetkan dan mempelajari bagaimana cara menggunakan pengoptimalan situs web guna menghasilkan peringkat yang lebih baik
Baca Juga: 5 Tips Mudah SEO Content Marketing Buat Boost Blog Websitemu!
8. Sampaikan Informasi yang Sesuai
Konten yang baik tidak hanya sekedar relevan saja, tapi juga harus dibuat berdasarkan informasi yang solid dan berbasis fakta. Konten yang dapat dipercaya oleh pelanggan Anda akan terasa lebih bernilai bagi mereka, dan ini memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan yang Anda sarankan. Semakin dekat Anda dengan para pelanggan, tentunya akan semakin mudah pula bagi Anda untuk menghasilkan penjualan.
Itulah Pentingnya Content Marketing dalam bisnis beserta 8 Tips diatas dapat menjadi pegangan Anda dalam membuat content marketing, jangan lupa untuk melakukan evaluasi terhadap konten yang Anda buat. Agar tidak ribet dalam membuat content marketing Anda bisa bekerja sama bersama KreasiAds.