Apa Itu SEO Audit?
SEO Audit adalah proses evaluasi yang sistematis terhadap elemen-elemen yang mempengaruhi kinerja suatu situs web dalam mesin pencari.
Pentingnya SEO Audit
Tujuan dari SEO Audit adalah untuk mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki agar situs web dapat tampil lebih baik di hasil pencarian organik.
SEO Audit Tools
Tools yang digunakan untuk melakukan SEO audit ini ada banyak, beberapa diantaranya
- Google Analytic
- Google Search Console
Panduan Lengkap Cara SEO Audit
Cek Indexing
Google tidak dapat merangking halaman yang tidak terindex. Untuk melihat halaman yang terindex Anda bisa menggunakan Google Search Console. Masuk ke menu penyusunan index di Google Search Console lalu klik halaman.
Cek Manual Actions
Cek jika website Anda melanggar Google Spam Policies. Anda dapat melihat website anda terkena penalti atau tidak di Google Search Console.
Mobile-Friendliness
Mobile-friendliness adalah salah satu ranking factor sejak 2015. DImana itu akan berdampak pada ranking website Anda. Anda dapat cek apakah website Anda mendapat masalah atau tidak melalui Google Search Console.
Cek Core Web Vitals
Core Web VItals merupakan salah satu ranking factor dari Google, jadi perhatikan Core Web Vitals website anda. Masuk ke menu “Data Web Inti” report di bawah menu “pengalaman” .
Anda dapat melihat laporan masalah pada “Desktop” dan “Mobile”
Organic Traffic
Organic Traffic berarti orang yang melihat dan mengklik halaman halaman website Anda di Google Search secara organik. Untuk melihat Organic traffic website Anda, masuk ke Google Search Console dan buka menu “performa” dan masuk ke hasil “penelusuran”.
Audit Top Pages
Audit Halaman teraratas adalah hal yang bagus untuk Anda peritmbangkan. Anda tidak perlu melakukannya ke semua halaman cukup ke halaman.
- Penyumbang Konversi tertinggi
- Mengandung kata kunci yang berdampak pada bisnis Anda