Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Strategi dan Penerapan Digital Marketing untuk UMKM

digital marketing untuk umkm

Dalam era digital ini, pemasaran online atau yang dikenal sebagai digital marketing telah menjadi salah satu faktor penting bagi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Digital marketing telah terbukti secara efektif mampu meningkatkan keberhasilan UMKM melalui caranya yang mudah, murah, dan cepat. 

Untuk lebih detailnya, artikel ini akan membahas peran digital marketing untuk UMKM, serta strategi dan penerapan digital marketing yang efektif untuk UMKM, dengan tujuan membantu mereka mencapai lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

 

Apa yang Dimaksud dengan UMKM Digital?

Digitalisasi UMKM atau UMKM digital adalah transformasi bisnis ke arah penggunaan teknologi digital, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan proses, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan. Secara sederhana, digitalisasi UMKM adalah perubahan dalam mengelola bisnis dari sistem konvensional ke digital.

Dalam digitalisasi UMKM ini banyak melibatkan penggunaan perangkat lunak, aplikasi, webiste dan platform digital untuk mendukung operasi, pemasaran, hingga pertumbuhan UMKM. UMKM digital juga mengedepankan upaya-upaya untuk akses ke pasar baru yang lebih efisien, dan untuk mendapatkan analisis data yang lebih akurat. 

 

Apa Saja Program Digitalisasi UMKM?

Saat ini telah banyak berbagai macam program digitalisasi UMKM yang dilakukan oleh pemerintah, suatu lembaga, perusahaan atau perorangan, untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan mereka, di antaranya sebagai berikut: 

  • Program Pelatihan Digital: Memberikan pelatihan tentang penggunaan teknologi digital.
  • Subsidi Perangkat Lunak: Memberikan akses ke perangkat lunak bisnis dengan harga terjangkau.
  • Mentor Bisnis Digital: Menyediakan mentor untuk membimbing UMKM dalam digitalisasi.
  • Akses ke E-commerce: Memfasilitasi penjualan online melalui platform e-commerce.
  • Layanan Keuangan Digital: Memberikan layanan keuangan online yang aman dan efektif.
  • Pelatihan Digital Marketing: Memberikan edukasi terkait pemasaran digital, baik melalui website, media sosial, dan creative campaign lainnya. 

Selain beberapa program di atas, masih banyak lagi macam-macam kegiatan atau program yang diadakan oleh berbagai pihak, sebagai upaya untuk memberdayakan potensi UMKM menjadi lebih baik. 

 

Bagaimana Peran Digital Marketing dalam UMKM?

Mengetahui bahwa digitalisasi UMKM ini memang diperlukan untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas operasional bisnis, menjadikan digital marketing memegang peranan penting dalam percepatan digitalisasi dan kemajuan UMKM. Apa saja peran pentingnya:

 

1. Memperluas Jangkauan Pasar 

Dengan adanya digitalisasi pada dunia bisnis modern, menjadikan jangkauan pasar UMKM menjadi lebih luas. Dari yang sebelumnya hanya sebatas lokal, atau hanya menjangkau orang-orang di sekitar daerah bisnis, kini dapat berkembang menjadi lebih luas. 

Ini disebabkan karena media pemasaran mereka yang belum bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Dengan adanya digitalisasi dan online marketing, maka menjadi sangat mungkin UMKM saat ini bisa menjangkau pasar nasional yang lebih luas, bahkan hingga internasional. 

 

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Media digital seperti website, aplikasi, media sosial, e-commerce, dan platform digital marketing lainnya, menjadikan kegiatan marketing menjadi lebih mudah dan murah. Selain itu kita bisa mengoptimasinya kapanpun dan di manapun kita mau, tanpa biaya tambahan yang signifikan. Hanya bermodal kreativitas dan konsistensi, kita bisa menjangkau target kita dengan mudah dan efisien, mengingat kita dapat men-tracking beberapa leads yang masuk. 

 

3. Memudahkan Proses Transaksi 

Melalui digital marketing memudahkan bagi pembeli maupun penjual, pasalnya sekarang, kita tidak memerlukan berbagai fasilitas baik tempat, atau biaya yang besar untuk memiliki sebuah bisnis. 

Mudahnya media transaksi yang semakin modern juga membuat masyarakat telah beralih pada transaksi online yang lebih mudah dilakukan di manapun tanpa terkendala jarak dan waktu. Ini tentunya dapat menyederhanakan proses transaksi bisnis UMKM 

 

4. Mengukur Hasil yang Lebih Akurat

Dari digital marketing kita bisa mendapatkan data terkait apapun yang berkaitan dengan bisnis kita, mulai dari penentuan target market, bagaimana mereka tertarik dengan bisnis kita, hingga hasil konversi yang masuk. 

Dengan data yang lebih kompleks dan akurat, menjadikan kita tidak akan pernah kehabisan akal terkait kegiatan marketing yang akan dijalankan ke depannya. Hal ini juga yang membuat kita terus bisa bersaing di antara para kompetitor. 

 

5. Meningkatkan Hasil Penjualan dengan Pesat

Proses digitalisasi yang telah disebutkan di atas, akan berkorelasi dengan peningkatan hasil penjualan yang lebih cepat dan efisien. Jika digital marketing terus dimanfaatkan dengan benar, maka tidak memungkinkan UMKM akan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, sehingga mempengaruhi peningkatan closing dari konsumen yang lebih besar lagi. 

 

Baca Juga: Rahasia Mengembangkan Bisnis yang Menjanjikan dengan Modal Kecil! 

 

Bagaimana Strategi Pemasaran Produk UMKM dengan Media Digital?

Setelah kita memahami betapa pentingnya digitalisasi pada perkembangan UMKM ini, saatnya kita mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk UMKM dengan media digital atau online marketing. Apa aja? 

 

1. Identifikasi Sasaran

Tahapan pertama sebelum melakukan kegiatan pemasaran, adalah menentukan siapa target pasar atau audiens Anda. Saat ini telah banyak platform digital yang dapat membantu Anda melakukan riset pasar hingga kompetitor. Manfaatkan kemajuan tersebut, agar Anda memiliki target pasar yang tepat sasaran. 

 

2. Buat Website atau Platform yang Digunakan

Saat ini telah banyak platform dan media online yang memudahkan sebagai tempat berbisnis Anda. Bermodalkan website, Anda bisa memajang produk atau layanan Anda kepada calon customer.   Selain website, juga ada platform e-commerce yang memudahkan Anda berjualan tanpa harus memiliki website. 

 

3. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial gratisan seperti instagram, tik tok, facebook, twitter, dan aplikasi sosial lainnya memungkinkan Anda lebih dikenal oleh calon pembeli. Manfaatkan media sosial ini sebagai sarana berinteraksi dan mempromosikan brand Anda dengan para calon customer. Ini menjadikan awareness pada brand Anda meningkat, sehingga penjualan pada UMKM juga lebih baik. 

 

4. Optimasi SEO

Google menjadi platform pencarian yang mudah ditemukan dan diakses oleh berjuta-juta penggunanya di penjuru dunia. Ini menjadi peluang yang bagus untuk mempromosikan UMKM, sehingga memperbesar kesempatan produk atau brand kita dikenal, dan mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. 

Inilah yang menjadikan para pelaku UMKM juga perlu melakukan optimasi SEO, agar brand dapat muncul pada hasil teratas dengan berbagai keyword potensial dari para audiens. 

 

5. Strategi Digital Marketing yang Efektif

Tanpa tujuan dan strategi yang tepat sasaran, maka kegiatan marketing kita juga akan tanpa arah, sehingga pencapaian juga tidak maksimal. Untuk itu setiap pelaku UMKM juga perlu memahami dan membuat strategi digital marketing yang kompeten agar tetap bisa bersaing di pasar. 

Selain memperbaiki kualitas produk atau layanan, penting juga untuk selalu konsisten dalam berbagai kegiatan digital marketing, seperti pembuatan konten yang relevan dan bermanfaat, serta aktif berinteraksi dengan para audiens baik pada media sosial atau mesin pencari. Ini bertujuan untuk menjaga keterlibatan mereka hingga menjadi prospek yang bagus untuk UMKM.  

 

6. Gunakan Iklan Berbayar

Jika Anda memerlukan media beriklan, Anda bisa menggunakan iklan berbayar, baik Google Ads, Meta Ads, Tik Tok Ads, dan media iklan digital berlangganan lainnya. Ini memungkinkan Anda menemukan peluang calon customer lebih luas, hingga dapat mempengaruhi peningkatan penjualan pada UMKM. 

 

7. Kolaborasi dengan Influencer atau Bisnis Terkait

Tidak ada salahnya dengan saling berkolaborasi atau endorsement dengan influencer atau bisnis terkait. Ini dapat meningkatkan peluang produk atau brand Anda dapat lebih dikenal secara luas. Pastikan Anda memilih influencer atau bisnis yang tepat, relevan dan potensial, agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

8. Analisis Data

Kumpulkan dan gunakan data untuk mengukur dan meningkatkan strategi Anda. Tanpa data maka setiap tindakan marketing yang kita lakukan akan asal-asalan. Ini mempengaruhi ketidaktahuan kita akan hasil yang didapatkan, tidak jelas berasal dari mana, dan tidak pasti dalam menentukan strategi kedepannya. 

 

Baca Juga: Mengukur Kemajuan Bisnis dengan Metrik Analisis Digital Marketing

 

Tantangan yang Dihadapi UMKM dalam Menerapkan Digital Marketing

 

1. Keterbatasan Dana

UMKM harus berpikir kreatif untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Beberapa program digitalisasi mungkin memerlukan biaya awal yang harus dikeluarkan oleh UMKM.

 

2. Kurangnya Pengetahuan dan Kreativitas

Pemahaman yang terbatas tentang digital marketing menjadi kendala dalam era digitalisasi seperti ini. Selain itu kurangnya kreativitas para pelaku UMKM, juga bisa menjadi penyebab kurang dapat bersaingnya mereka dengan para kompetitor di pasar yang semakin luas ini. 

 

3. Persaingan Semakin Luas dan Ketat

Semakin luas jangkauan dunia, maka semakin besar juga persaingan bisnis. Terlebih saat ini kebanyakan dari pelaku bisnis sudah sadar akan pentingnya digitalisasi, sehingga ini memungkinkan persaingan yang semakin ketat. Memerlukan untuk terus meningkatkan kualitas brand, serta operasional bisnis yang semakin modern, agar kita tetap dapat bersaing dengan efektif dan efisien. 

 

4. Keamanan Data 

Di dunia digital, perlindungan data juga menjadi hal yang penting, dan UMKM perlu berinvestasi dalam keamanan. Ini mencegah kemungkinan buruk yang mungkin menimpa kita dari canggihnya dunia digital saat ini. 

 

5. Kesulitan dalam Beradaptasi

Tidak semua pelaku UMKM merupakan anak muda atau yang banyak dibekali dengan ilmu teknologi yang semakin pesat. Penerimaan perubahan dalam budaya bisnis ini seringkali menjadi kendala dalam upaya perkembangan UMKM, terlebih dari yang konvensional beralih ke digital.  Memerlukan banyak pembelajaran dan pengalaman dalam dunia digital, agar tidak tertinggal oleh pesatnya perkembangan teknologi. 

 

Kesimpulan

Digital marketing adalah alat yang efektif untuk membantu UMKM tumbuh dan berkembang. Dengan strategi yang tepat, UMKM dapat mencapai pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka secara signifikan. Penting untuk memahami kendala yang mungkin dihadapi dan mencari solusi kreatif. Selamat menerapkan digital marketing untuk bisnis Anda!

Jika Anda memerlukan jasa pendampingan digital marketing pada bisnis UMKM Anda, yuk konsultasikan di KreasiAds! Di sini ada layanan pendampingan dan konsultan digital marketing, mulai dari riset pasar dan strategi, pendampingan SEO, Ads, Acquisition, hingga Activation. 

Mulai dapatkan bisnis UMKM yang kuat, bersaing, dan meningkat bersama KreasiAds. Cek layanannya dan konsultasikan sekarang!

 

Baca Juga: Training Growth Hacking: Strategi Efektif Menumbuhkan Bisnis Rintisan (Start-Up) 

 

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts