Terdengar sepele, nyatanya menambahkan bisnis kita pada Google Maps memiliki dampak yang nyata terhadap pertumbuhan bisnis. Menambahkan lokasi toko di Google Maps sangat penting untuk memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda. Dengan begitu, penjualan bisnis Anda bisa meningkat.
Melalui langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat memastikan toko Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan saat mereka melakukan pencarian pada gadget mereka.
Menarik bukan? Simak panduan lengkap dan cara membuat lokasi toko di Google Maps dengan mudah berikut ini!
Manfaat Google Maps untuk Bisnis
Dengan menempatkan toko atau bisnis pada mesin pencari seperti Google dengan pencari terbanyak, tentu berpengaruh pada visibilitas bisnis Anda di mata calon pelanggan. Berikut detail manfaat lainnya:
Meningkatkan Visibilitas Toko dan Informasi Bisnis
Saat ini Google masih menjadi market leader mesin pencari, itu artinya Google Business Profile (GBP) menjadi salah satu penyaji informasi bisnis yang banyak digunakan oleh pasar. Terlebih saat ini GBP menjadi ranking factor, di mana mereka sering muncul pada peringkat pertama pada suatu pencarian dengan relevansi lokasi tertentu.
Gambar: Google sebagai Market Leader Mesin Pencari
Keunggulan ini menjadi poin plus mengapa bisnis Anda harus mempunyai dan tampil pada Google Business Profile. Karena melalui cara ini, visibilitas bisnis Anda dapat meningkat dengan informasi-informasi yang relevan dengan pencari atau pasar.
Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Menampilkan informasi bisnis Anda pada suatu platform atau halaman yang mudah dijangkau pasar dapat meningkatkan reputasi atau kredibilitas bisnis atau toko Anda. Informasi terbaru dan relevan dengan pencari, akan sangat membantu mereka dalam menemukan atau menjawab kebutuhannya. Dengan begitu reputasi toko atau bisnis Anda dapat meningkat, hingga dapat mendatangkan lebih banyak potensi leads bisnis.
Meningkatkan Penjualan dan Revenue
Jika bisnis Anda mudah ditemukan, dan informasi yang Anda tampilkan sesuai dengan kebutuhan mereka, maka potensi mereka menjadi leads yang mendatangi toko atau bisnis Anda semakin meningkat. Semakin banyak lead yang mengunjungi toko Anda, maka revenue bisnis bisa meningkat.
Strategi Marketing Gratis dan Mudah Dikelola
Membuat lokasi toko pada Google Bisnis selain mudah untuk dikelola, juga menjadi cara marketing yang gratis. Ini menjadi salah satu keunggulan GBP untuk dijadikan salah satu strategi marketing yang efektif. Mengapa tidak? Selain mudah dikelola, strategi marketing ini dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda, meskipun dengan biaya marketing yang murah.
Persiapan Sebelum Menambahkan Lokasi Toko di Google Maps
Sebelum membuat lokasi toko pada Google Maps, terdapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut beberapa hal tersebut:
Nama toko
Pastikan Anda menyiapkan nama toko yang relevan dan menggambarkan brand atau bisnis Anda. Sebaiknya hindari nama toko dengan menyisipkan keyword pencarian misalnya “Jasa SEO Kediri”. Pakailah nama sesuai brand untuk mendapatkan visibilitas dan dampak jangka panjang dari aktivitas branding bisnis atau toko Anda.
Alamat lengkap
Siapkan alamat lengkap toko Anda, pastikan alamat yang akan Anda tautkan pada Google Maps adalah alamat atau lokasi yang benar-benar milik bisnis Anda. Jangan sampai menggunakan alamat fiktif, terlebih menggunakan alamat milik orang lain.
Selain menambahkan alamat yang lengkap, buatlah bisnis Anda mudah dikenali oleh pengunjung. Jangan sampai setelah mereka mendatangi bisnis Anda, namun dibuat bingung dengan kondisi muka/depan toko yang tidak secara jelas mendeskripsikan bahwa alamat yang mereka kunjungi adalah benar atau sesuai.
Nomor telepon
Siapkan nomor telepon atau handphone yang digunakan secara aktif untuk melayani pelanggan bisnis Anda. Pastikan Anda responsif jika terdapat pesan atau telepon masuk dari nomor tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan selling toko Anda.
Jam Operasional
Pastikan Anda memiliki jam operasional pada toko atau bisnis Anda. Informasi ini akan ditambahkan pada Google Bisnis Profile untuk memudahkan pengunjung ketika hendak mendatangi lokasi Anda. Lakukan pembaruan berkala jika terdapat perubahan jam operasional dan hari libur toko.
Foto
Hal yang tidak kalah penting untuk Anda siapkan adalah aset foto atau video yang relevan dengan toko atau bisnis Anda. Siapkan foto toko tampak luar untuk memudahkan pengunjung yang datang, toko tampak dalam, foto produk, dan foto penting lainnya untuk menambah kredibilitas toko Anda di mata calon pengunjung.
Informasi lain yang dibutuhkan
Siapkan juga informasi penting lainnya yang berguna bagi calon pengunjung, seperti jenis produk atau layanan, informasi harga, hingga update promo atau event terbaru. Selain menambah kepercayaan pelanggan pada toko Anda, hal ini juga menarik keterlibatan mereka untuk aktif berinteraksi dengan bisnis Anda.
Cara Membuat Lokasi Toko di Google Maps
Setelah menyiapkan beberapa hal yang perlu ditambahkan pada Google Maps toko bisnis Anda, saatnya membuat lokasi toko pada Google Maps itu sendiri. Simak cara lengkapnya di bawah ini!
Cara membuat lokasi di Google Maps dengan PC (Komputer)
- Buka Google Maps melalui komputer Anda
- Cari tempat atau klik tempat tersebut pada peta.
- Klik Simpan atau “add a missing place”
Gambar: “Add Place” pada Google Maps
- Masukkan nama dan deskripsi toko Anda secara singkat dan jelas
- Lengkapi detail informasi lainnya seperti nomor telepon, jam buka, foto dll.
- Kemudian klik Simpan.
Cara membuat lokasi di Google Maps dengan HP
- Buka aplikasi Google Maps pada handphone Anda baik Android atau IOS
- Klik “Contribute” atau “Kontribusi” pada bagian opsi bar di bawah
Gambar: Tampilan “Kontribusi” pada Google Maps
- Kemudian pilih “Add place”
- Isi informasi lokasi, mulai dari nama, deskripsi, kategori, hingga nomor telepon dan gambar yang relevan
- Klik “Submit”
Setelah Anda berhasil membuat alamat toko Anda pada Google Maps, sebaiknya claim bisnis Anda melalui Google Business Profile. Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah dalam mengedit atau menambahkan informasi yang relevan tekait toko Anda pada calon pelanggan.
Selain memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan, cara ini juga bertujuan agar Anda mengetahui bagaimana performa kunjungan toko Anda pada mesin pencari. Data ini dapat dijadikan bahan perbaikan dalam mengelola Google Business Profile, serta peluangnya dalam memperluas brand awareness bisnis Anda.
Adapun cara untuk claim profil bisnis Anda cukup mudah, setelah memasukkan informasi lokasi seperti yang dijelaskan di atas, maka akan muncul button “claim this business”
Gambar: “Claim this business” pada Google Maps
Setelah Anda meng-kliknya, maka akan muncul beberapa informasi yang harus diisi dengan menggunakan email aktif.
Gambar: Membuat Akun Bisnis Profile
Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan proses verifikasi dengan mengirimkan bukti berupa video kantor bisnis atau toko. Tunggu beberapa hari untuk mendapatkan verifikasi Anda dari Google, kemudian Anda bisa mengelola bisnis profil secara berkala.
Tips Optimasi Lokasi Toko di Google Maps
Terdapat beberapa tips untuk mengoptimasi lokasi toko Anda pada Google Maps agar berperforma baik. Apa saja?
Lengkapi Semua Informasi di GBP
Semakin lengkap dan jelas informasi yang Anda berikan pada profil bisnis Anda, maka akan memudahkan dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan Anda. Ada beberapa informasi yang wajib Anda tambahkan dan perbarui secara berkala, di antaranya informasi bisnis, layanan/produk, informasi harga, jam buka/beroperasi, profil sosial media, hingga update informasi bisnis lainnya yang penting untuk diketahui calon pelanggan.
Gambar: Dashboard Utama Google Business Profile
Tambahkan Foto dan Video yang Menarik
Foto dan Video menarik dan terus Anda perbarui pada profil bisnis menandakan bahwa toko Anda aktif dikelola dan dikunjungi pelanggan. Tentu ini menjadi poin plus tersendiri bagi calon pelanggan baru, dan menarik mereka untuk berkunjung ke toko Anda.
Hindari penambahan foto atau video dengan watermark informasi bisnis yang berlebihan. Pastikan gambar yang Anda upload merupakan milik sendiri, atau dengan izin pihak yang tercantum pada foto tersebut.
Perbarui foto atau video secara berkala, dengan kualitas gambar yang baik dan deskriptif. Lakukan penamaan judul file gambar yang Anda upload secara singkat, deskriptif, dan relevan. Hindari penamaan file dengan nomor kode yang tidak jelas seperti “bcb49ca0-9bbd-4ea0-8cf0-2b87d3c757dc.jpg”
Dapatkan Review dan Rating dari Pelanggan
Semakin baik review dan rating pelanggan terhadap profil bisnis Anda, maka semakin baik reputasi dan kualitas toko Anda di mata pelanggan. Upayakan review dan rating ini secara organik dan berkala.
Berikan balasan yang baik pada tiap ulasan yang diberikan. Review dari pelanggan ini dapat dijadikan sebagai acuan atau bahan peningkatan kualitas pelayanan toko atau bisnis Anda.
Gambar: “Minta Ulasan” pada Google Business Profile
Itulah penjelasan lengkap mengenai cara membuat lokasi toko di Google Maps. Optimasi profil bisnis pada Google Maps yang menarik menjadi strategi yang mudah dan murah untuk meningkatkan brand awareness hingga pendapatan bisnis Anda.
Jika Anda ingin mengetahui tips efektif strategi marketing melalui platform digital seperti Google Maps, SEO pada website, atau digital ads, konsultasikan pada Impacta!
Dengan analisis kondisi bisnis secara holistik dan mendalam, konsultan marketing kami siap mendampingi dan memberikan solusi terbaik untuk peningkatan bisnis Anda.
Baca Juga: 9 Strategi Meningkatkan Omset Penjualan Online yang Efektif