Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Manfaat dan Jenis Segmentasi Pasar beserta Contohnya

Manfaat dan Jenis Segmentasi Pasar beserta Contohnya

Segmentasi pasar (market segmentation) adalah pendekatan strategis yang melibatkan pembagian target pasar yang luas menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan lebih jelas berdasarkan karakteristik yang sama. 

Ada beberapa jenis segmentasi pasar yang harus Anda ketahui. Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu manfaat dari segmentasi pasar. 

Manfaat dari Segmentasi Pasar

Melakukan segmentasi pasar dapat membawa manfaat berkelanjutan bagi bisnis, baik dalam skala kecil hingga besar, di antaranya:

1. Lebih memahami kebutuhan pelanggan

Dengan mengidentifikasi segmen yang berbeda, bisnis dapat memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang kebutuhan dan preferensi spesifik dari berbagai kelompok. Hasilnya strategi bisa diimplementasikan dengan baik dan berpeluang meningkatkan profit bisnis Anda. 

2. Meningkatkan efisiensi biaya pemasaran

Karena target calon konsumen telah disegmentasi, biaya yang Anda gunakan untuk promosi bisnis menjadi lebih efektif dan efisien karena berfokus pada segmen yang paling relevan.

3. Menemukan peluang baru

Melalui segmentasi pasar, Anda akan menemukan segmen mana yang belum ada atau perlu dilengkapi, sehingga akan membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnis di masa depan.

Anda bisa memanfaatkan segmentasi pasar ini sebagai strategi untuk pengembangan produk atau sebagai bahan evaluasi strategi bisnis yang telah dijalankan agar menjadi lebih baik.

Kapan harus Menentukan Segmentasi Pasar?

Memutuskan kapan akan melakukan segmentasi pasar sangat krusial untuk mengoptimalkan strategi pemasaran. Berikut ini adalah beberapa momen penting patut Anda manfaatkan untuk melakukan segmentasi pasar:

  • ekspansi pasar
  • perilisan produk baru
  • analisis kompetitor
  • melakukan campaign pemasaran
  • feedback dari customer
  • penurunan penjualan produk

Jenis-jenis Segmentasi Pasar dan Contohnya

Secara umum, segmentasi pasar dibagi menjadi empat, yaitu berdasarkan demografi, geografi, psikografi, dan perilaku. 

1. Segmentasi Demografi

Segmentasi demografi adalah pembagian target pasar ke dalam kelompok berdasarkan karakteristik (faktor demografi), seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pekerjaan, penghasilan, dan status pernikahan.

 

Contoh segmentasi demografi berdasarkan jenis kelamin

Merek pakaian seringkali membuat model terpisah untuk pria dan wanita, menyesuaikan permintaan pasar mereka agar menarik bagi setiap jenis kelamin.

2. Segmentasi Geografi

Segmentasi geografi adalah pembagian target pasar berdasarkan batas geografis, seperti lokasi dan iklim.

 

Contoh segmentasi geografi berdasarkan iklim

Brand A juga memproduksi kaos berbahan katun karena menyerap keringat untuk target konsumen yang hidup di negara beriklim tropis.

3. Segmentasi Psikografi

Segmentasi psikografi adalah pembagian pasar berdasarkan ciri-ciri psikologis yang memengaruhi perilaku konsumen, seperti gaya hidup (lifestyle), nilai/makna dari produk, kepribadian, status sosial, dan ketertarikan (interest).

 

Contoh segmentasi psikografi berdasarkan nilai/makna produk

Sebuah perusahaan produk ramah lingkungan berfokus pada konsumen yang mengutamakan nilai keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Mereka menonjolkan penggunaan bahan daur ulang dan praktik ramah lingkungan dalam marketing campaign produk mereka.

4. Segmentasi Perilaku (Behaviour)

Segmentasi perilaku adalah pembagian target pasar berdasarkan perilaku dan pola konsumen saat mereka berinteraksi dengan produk atau perusahaan tertentu, seperti tindakan pembelian, manfaat yang dicari dalam suatu produk, dan loyalitas brand terhadap konsumen. 

 

Contoh segmentasi perilaku berdasarkan manfaat dari produk

Produsen sampo membuat bermacam-macam varian untuk mengatasi ketombe, rambut kasar dan mudah patah, dan merawat rambut agar sehat.

Setelah mengetahui tujuan, manfaat, dan jenis-jenis segmentasi pasar, harapannya bisnis yang Anda kembangkan menjadi lebih tertarget, memiliki marketing campaign yang sukses, sehingga profit meningkat.

Bagi Anda yang ingin mengubah strategi bisnis setelah membaca artikel ini, jangan terburu-buru. Ada baiknya konsultasikan dengan pakar digital marketing, salah satunya Impacta.

Impacta akan menjadi partner konsultasi seputar digital marketing bisnis Anda, mulai dari pembuatan segmentasi pasar hingga perumusan strategi yang relevan. Tim Impacta sangat profesional dan ahli di bidangnya selama bertahun-tahun, sehingga pembuatan strategi jelas, terarah, dan sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Konsultasikan bisnis Anda bersama Impacta!

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts