Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Apa Itu SEO Off Page? Manfaat, Cara Optimasi dan Jasa

SEO off page adalah strategi SEO (Search Engine Optimization) dimana semua aktivitas yang dilakukan di luar situs website serta oleh orang lain untuk meningkatkan peringkat halaman dengan mesin pencari serta untuk membantu agar konten Anda dapat dengan lebih mudah ditemukan oleh user.

SEO off Page mungkin tidak langsung memengaruhi situs website, tetapi masih dapat secara signifikan mempengaruhi peringkat mesin pencari. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa lanjut membaca artikel ini.

Apa Itu SEO Off Page?

SEO off page adalah sebuah strategi dalam SEO untuk meningkatkan visibilitas suatu website yang optimasinya dilakukan di luar website tersebut. Dalam optimasi SEO off page, Anda sebagai pemilik website berusaha mengenalkan dan mempromosikan website Anda kepada website lain. Oleh karena itu, SEO off page juga sering disebut SEO off site.

SEO off page bertujuan untuk membangun persepsi baik dari bot mesin pencari dan user dalam beberapa hal yang juga menjadi algoritma Google, yaitu:

  1. Expertise (Keahlian)
  2. Experience (Pengalaman)
  3. Authoritativeness (Otoritatif)
  4. Trustworthiness (Kepercayaan)
  5. Relevance (Relevansi)
  6. Popularity (Popularitas)

Hasil perwujudan dari keenam hal tersebut adalah seperti voting yang banyak didapatkan oleh website Anda. Semakin banyak website Anda mendapatkan voting, maka robor mesin pencari akan menganggap website Anda berkualitas sehingga mendapatkan posisi yang tinggi di mesin pencari.

Begitu juga dimata user. Apabila banyak yang memberikan “voting” kepada website Anda, maka mereka akan menganggap website Anda berkualitas dan mempercayainya sehingga website Anda bisa terkenal dan mendapatkan banyak pengunjung.

Salah satu aktivitas dan bentuk voting tersebut dalam SEO off page adalah link building. Analogi link building dalam SEO off page adalah seperti gambar di bawah ini.

manfaat backlink dalam menaikkan ranking google page one

Anggap semua halaman di website Anda adalah bebek karet. Bathupnya adalah website Anda. Dan air dalam bathup tersebut adalah link dari luar yang mengarah ke website Anda yang semakin banyak airnya (links), maka akan membuat bebek karet (halaman website) tersebut muncul ke permukaan (SERP).

Namun, SEO off page bukan hanya soal link building. Ada juga peran sosial media, public relations, hingga local SEO yang kesemuanya berperan untuk meningkatkan trustworthy dan authoritative dari website Anda sehingga visibilitas website Anda bisa lebih luas.

Manfaat SEO Off Page

Manfaat terbesar dari optimasi SEO off page adalah mendapatkan visibilitas yang lebih luas. Dari situ, harapannya mendapatkan pengunjung alias traffic yang juga banyak sehingga pendapatan yang dihasilkan juga banyak.

Dalam melakukan optimasi SEO off page, analogi yang paling pas adalah bayangkan bahwa Anda sedang membuat website Anda dikenal dan memiliki reputasi yang baik.

Dalam optimasi SEO off page, Google akan melihat backlink, sosial media sinyal, hingga local SEO sebagai bukti bahwa website Anda memiliki reputasi sehingga akan mendapatkan visibilitas yang lebih luas lagi.

Riset yang dilakukan oleh Backlink.io pada tahun 2020 tentang ranking faktor mesin pencari menunjukkan bahwa website yang memiliki backlink lebih banyak menempati posisi puncak di SERP (Search Engine Result Page). Begitupun hal sebaliknya, yaitu website yang memiliki backlink lebih sedikit akan menempati posisi yang juga lebih rendah di SERP.

cara pageone di google

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Jika ingin disimplifikasi alias disederhanakan, SEO On Page adalah segala aktivitas optimasi SEO yang dilakukan di dalam website Anda sendiri. Sedangkan SEO off page adalah kebalikannya, yaitu segala optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda.

Untuk lebih menggambarkan apa saja peran dan aktivitas dari masing-masing bagian SEO tersebut, Anda bisa melihat gambar dari Semrush berikut ini:

perbedaan seo on page dan seo off page

Meski demikian, SEO On Page dan SEO off page sama-sama berperan penting dalam optimasi SEO. Keduanya saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan apabila kampanye SEO yang Anda lakukan ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa juga masih ada Technical SEO yang wajib Anda lakukan jika ingin sukses dalam SEO. Percuma saja optimasi SEO On Page dan off page yang Anda lakukan sudah maksimal tetapi tidak didukung oleh Technical SEO karena website Anda bermasalah.

Mana yang Lebih Dulu, SEO On Page atau SEO Off Page?

Jika ditanya mana yang harus didahulukan antara SEO On Page dan SEO off page, maka jawabannya adalah SEO On Page.

Menurut digitalthirdcoast, SEO on page berfungsi untuk membuat apa (what) yang ingin Anda tingkatkan visibilitasnya. Sedangkan SEO off page adalah bagaimana (how) sesuatu yang ingin Anda tingkatkan visibilitasnya tersebut diwujudkan.

Jadi, sebelum Anda melakukan optimasi SEO off page, Anda harus memastikan SEO on page Anda sudah baik terlebih dahulu. Siapkan aset-aset penting yang ingin Anda optimasi melalui SEO on page, dan amplifikasi aset atau konten tersebut melalui SEO off page.

Jadi, Anda tidak bisa hanya melakukan SEO on page saja, atau SEO off page saja. Keduanya saling melengkapi dan punya peran serta porsinya masing-masing.

Cara Optimasi SEO Off Page

Optimasi SEO off-page adalah serangkaian teknik yang dilakukan di luar situs web Anda untuk meningkatkan otoritas dan peringkat dalam hasil pencarian. Berikut adalah beberapa strategi optimasi SEO off-page yang dapat Anda lakukan:

  • Link Building

Link building adalah proses mendapatkan link dari website lain ke dalam website Anda. Dalam dunia SEO, hal ini dikenal dengan istilah backlink.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak backlink yang dimiliki suatu website, maka website tersebut akan semkain otoritatif dan dianggap kredibel oleh Google.

Namun, yang perlu diperhatikan dalam melakukan link building adalah relevansi website yang memberi Anda link dengan website Anda sendiri.

Misalnya, website Anda membahas soal makanan, maka sebaiknya Anda mendapatkan backlink dari website yang juga membahas soal makanan.

Atau Anda bisa mendapatkan backlink dari media massa yang sudah memiliki Domain Authority yang tinggi. Menurut data dari Semrush, ada enam indikator yang diprediksi berkontribusi besar dalam tingginya suatu Domain Authority, yaitu:

  1. Page Authority Score: Skor otoritas dari suatu halaman
  2. Number of referring IPs (domain): Jumlah alamat IP yang berbeda yang menghubungkan ke domain
  3. Number of referring domains (domain): Jumlah domain yang berbeda yang menghubungkan ke domain
  4. Number of referring IPs (URL): Jumlah alamat IP yang berbeda yang menghubungkan ke halaman
  5. Number of referring domains (URL): Jumlah domain yang berbeda yang menghubungkan ke halaman
  6. Number of backlinks (domain): Total jumlah backlink yang menunjuk ke domain
  7. Number of backlinks (URL): Total jumlah backlink yang menunjuk ke halaman
  • Content Marketing

Content marketing tidak hanya berguna bagi SEO On Page. Dalam SEO Off Page, content marketing dapat berfungsi sebagai ladang agar website Anda mendapatkan banyak referensi dan sitasi apabila konten yang Anda buat tersebut bermanfaat bagi user.

Content marketing yang baik juga akan menunjukkan Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness (E-E-A-T). Oleh karena itu, Anda harus mendistribusikan konten Anda dengan baik agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendistribusikan konten Anda:

  • Media Sosial

Media sosial memang tidak berpengaruh langsung terhadap ranking Google. Meski demikian, media sosial tetap menjadi platform terbaik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian.

Media sosial juga tidak menjamin bahwa Anda akan mendapatkan backlink atau traffic secara cepat, karena memang fungsi media sosial terbesar adalah untuk mendapatkan perhatian.

Untungnya, mendapatkan perhatian di media sosial berarti Anda akan berpeluang mendapatkan branded keyword dan mention.

  • Guest Posting

Guest posting akan membuat brand Anda dikenal di hadapan audience yang benar-benar berbeda yang memungkinkan Anda mendapatkan backlinks dan mentions.

Cara melakukan guest posting juga tidak terlalu sulit. Anda cukup membuat konten yang unik dan bermanfaat untuk user, lalu terbitkan konten tersebut di penyedia layanan guest posting.

  • Forum

Banyak orang yang salah menggunakan forum dalam strategi SEO off page mereka. Biasanya, mereka hanya memberi link dalam sebuah forum dan selesai.

Padahal, untuk dapat menjalankan strategi SEO off page yang berhasil, Anda harus terlibat dalam suatu diskusi di forum yang Anda rasa Anda ahli pada topic tersebut, atau pada topic yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Buat diri Anda terlibat dan bantulah orang di forum tersebut agar mereka sadar akan keberadaan Anda. Setelah hubungan tersebut terbangun, Anda bisa membagikan konten yang relevan jika mereka meminta.

Salah satu forum terbesar yang bisa Anda coba di Indonesia adalah Quora.

  • Content Syndication

Anda mungkin lebih mengenal content syndication dengan istilah konten mirroring. Content syndication adalah memposting ulang konten di platform lain.

Banyak yang melakukan cara ini karena lebih mudah dibandingkan membuat konten baru. Di Indonesia, ada LinkedIn dan Medium sebagai salah satu platform dalam melakukan content syndication.

Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan content syndication. Karena konten yang Anda posting adalah konten yang sama dengan konten asli di website Anda, maka Google dapat mengartikan konten tersebut sebagai konten duplikat.

Oleh karena itu, Anda harus memberi canonical tags, yaitu sebuah kode HTML singkat yang menunjukkan versi asli dari konten tersebut yang ditujukan kepada Bot Google.

  • Local SEO

Local SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal dalam hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google. Fokus utamanya adalah untuk membuat bisnis lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di area geografis tertentu, seperti kota atau wilayah tertentu.

Anda bisa baca artikel tentang Local SEO: Pengertian, Strategi dan Jasa Terpercaya Bagi Bisnis jika ingin tahu lebih lanjut tentang Local SEO.

Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika melakukan local SEO adalah optimasi Google Business Profile (GBP). Dilansir dari laman Google, GBP adalah alat yang mudah digunakan untuk bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran di internet melalui Google. Kehadiran di internet ini konteksnya adalah kehadiran yang sifatnya lokal dalam wilayah geografis tertentu.

GBP memungkinkan bisnis Anda muncul di pencarian lokal, yaitu Map Pack dengan keyword lokal “terdekat”. Oleh karena itu, GBP wajib dioptimasi oleh pemilik bisnis yang memiliki toko fisik.

cara local seo bekerja

Ada beberapa tips untuk mengoptimasi GBP, yaitu:

  1. Buat informasi GBP Anda selalu yang terbaru
  2. Balas semua review yang masuk
  3. Buat postingan secara berkala, termasuk juga foto dan video
  • Review (Ulasan)

Masih berkaitan dengan local SEO sebelumnya, Anda juga dapat melakukan optimasi SEO off page melalui review. Mengapa?

Review menjadi faktor penting ketika Google menilai reputasi website Anda. Oleh karena itu, Anda wajib membalas semua review yang masuk baik itu positif maupun negatif.

Anda bisa mengucapkan terima kasih ketika mendapatkan review positif. Ketika Anda mendapatkan review negatif, Anda bisa meminta maaf atas ketidak puasan pelanggan dan berjanji untuk memperbaikinya. Dengan begini, pelanggan yang kecewa merasa didengar pendapat dan keluhannya.

Selain itu, review negatif juga bisa menjadi bahan evaluasi Anda dalam menjalankan bisnis. Berkaca dari orang lain.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan review, yaitu:

  1. Ajak pelanggan untuk meninggalkan review
  2. Bangun kepercayaan dengan cara membalas semua review pelanggan
  3. Jangan pernah melakukan review palsu dan review berbayar. Biarkan organik bekerja.
  • Event

Event dapat menjadi strategi SEO off page yang efektif dan efisien apabila Anda cerdik dalam memilih eventnya.

Apabila bisnis Anda menjalin kerja sama dalam sebuah event atau acara yang terkenal, bisnis Anda juga akan mendapat manfaat dalam hal brand mention.

Sebagai contoh, Anda dapat mendapatkan sebutan merek di media sosial saat acara sedang dipromosikan. Dan di situs website lain jika peserta menulis artikel ringkasan setelahnya.

Event juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan liputan media.

Jasa SEO Off Page KreasiAds

KreasiAds menyediakan layanan SEO off page yang dapat membantu meningkatkan peringkat situs website Anda di mesin pencari. Layanan ini mencakup berbagai teknik optimasi di luar situs website, seperti pembuatan tautan balik (backlink), pemasaran konten, dan promosi melalui media sosial.

Tim ahli KreasiAds akan bekerja sama dengan Anda untuk mengembangkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan mencapai tujuan SEO yang diinginkan. Dengan menggunakan teknik-teknik terbaik dalam industri ini sesuai dengan pedoman Google, KreasiAds dapat membantu meningkatkan visibilitas situs website Anda secara signifikan di hasil pencarian.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan SEO off page dari KreasiAds, Anda dapat menghubungi KreasiAds untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Dengan bantuan KreasiAds, Anda dapat meningkatkan daya saing online dan mencapai lebih banyak pelanggan potensial.

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts