Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Featured Snippet: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Featured snippet adalah ringkasan singkat informasi yang muncul di bagian atas halaman hasil pencarian (SERP) sebagai respons terhadap kueri yang dicari oleh audiens. 

Adanya featured snippet ini bertujuan untuk menawarkan informasi yang relevan kepada audiens tanpa mengharuskan mereka mengklik ke website tertentu.

Manfaat Featured Snippet dalam SEO

Berikut ini beberapa manfaat dari mendapatkan featured snippet dari konten website Anda:

1. Meningkatkan visibilitas pada hasil pencarian dan CTR

Snippet yang muncul di bagian atas hasil pencarian, membuat konten Anda lebih terlihat (visible). Audiens lebih cenderung mengeklik tautan Anda, jika tautan tersebut ditampilkan secara ringkas, sehingga berpotensi untuk mendapatkan CTR yang lebih tinggi.

2. Dapat membangun kredibilitas website

Ditampilkan dalam featured snippet, menandakan bahwa search engine mengenali konten Anda sebagai konten yang bermanfaat dan relevan dengan keyword tertentu. Dengan demikian dapat meningkatkan kredibilitas website Anda sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

3. Berpeluang mendapatkan audiens yang beragam

Featured snippet memiliki banyak format, seperti cuplikan ringkasan dari artikel, tabel, foto, video. Jika Anda mencantumkan format-format tersebut dalam konten, memungkinkan Anda mendapatkan audiens dengan preferensi yang beragam. Hal ini juga turut menyumbang traffic ke website Anda.

Pantau dan optimalkan konten Anda secara berkala berdasarkan perubahan algoritma pencarian dan perilaku audiens. Dengan melakukan hal tersebut, Anda mengetahui apa saja yang perlu ditambahkan pada konten.

Jenis-jenis Featured Snippet

Featured snippet terdiri dari dalam berbagai format dan jenis snippet yang ditampilkan bergantung pada keyword dan konten yang tersedia di website. Berikut jenis-jenisnya yang paling umum:

1. Paragraph Snippet

Paragraph snippet adalah jenis snippet yang menyajikan ringkasan singkat atau jawaban atas pertanyaan audiens dalam bentuk paragraf singkat. Ketika search engine mengenali bahwa halaman website tersebut berisi informasi yang relevan dengan keyword tertentu, search engine mungkin memilih sebagian konten halaman dan menampilkannya dengan jelas di bagian atas halaman hasil pencarian.

Contoh paragraph snippet
Contoh paragraph snippet

2. Table Snippet

Table snippet adalah jenis snippet yang menampilkan informasi dalam format tabel di bagian atas halaman hasil pencarian. Format ini sangat berguna ketika audiens mencari keyword dengan melibatkan data numerik, perbandingan, spesifikasi, atau informasi apa pun yang dapat diatur dalam bentuk tabel.

Contoh table snippet
Contoh table snippet

3. List Snippet

List snippet adalah jenis snippet yang menyajikan informasi dalam format daftar berpoin atau bernomor langsung (listicle). Biasanya, list snippet ini mencakup berbagai topik, termasuk petunjuk langkah demi langkah, tips, peringkat, dan informasi lain yang sesuai untuk format list.

Contoh list snippet
Contoh list snippet

4. Video Snippet

Video snippet adalah jenis snippet yang menyajikan informasi berupa video berasal dari Youtube dan ditampilkan pada hasil pencarian. 

Penting untuk diperhatikan bahwa jenis featured snippet yang ditampilkan tersebut ditentukan oleh algoritma dari search engine dan struktur konten di website. 

Contoh video snippet
Contoh video snippet (Sumber: Search Engine Journal)

Tips Mendapatkan Featured Snippet

Meskipun tidak ada cara paten untuk mendapatkan featured snippet, tetapi Anda bisa mencoba tips berikut:

1. Pahami user intent (tujuan pengguna)

Identifikasi pertanyaan spesifik yang mungkin ditanyakan oleh audiens target Anda. Pahami maksud atau tujuan dari pertanyaan tersebut untuk memberikan informasi yang relevan.

2. Lakukan keyword research 

Lakukan keyword research secara menyeluruh untuk mengidentifikasi frasa dan pertanyaan yang dicari audiens. Buat konten seputar keyword tersebut, pastikan langsung menjawab pertanyaan pengguna.

3. Buat konten berkualitas tinggi

Buat konten yang berkualitas tinggi dengan menjawab pertanyaan pengguna secara menyeluruh. Berikan informasi yang jelas dan ringkas sehingga mudah ditampilkan oleh search engine.

4. Gunakan structured data

Implementasikan structured data menggunakan Schema Markup (Schema.org) untuk memberikan konteks tambahan pada search engine tentang konten di laman Anda. 

5. Tambahkan daftar (list) atau tabel jika memungkinkan

Tambahkan daftar pada konten menggunakan fitur bullets and numbering. Anda juga bisa menggunakan format tabel.

6. Optimalkan meta deskripsi

Tulis meta deskripsi yang menarik dan tidak hanya menggambarkan konten Anda, tetapi juga menarik pengguna untuk mengkliknya. Meta deskripsi yang dioptimalkan dengan baik dapat meningkatkan kinerja featured snippet.

7. Tingkatkan kecepatan website (page speed)

Pastikan website Anda dimuat dengan cepat, karena kecepatan halaman merupakan faktor yang dipertimbangkan oleh search engine untuk mendapatkan featured snippet. Laman yang dimuat dengan cepat memberikan user experience yang lebih baik dan berpotensi untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian.

Demikian penjelasan tentang featured snippet. Ingatlah bahwa ditampilkan dalam snippet tidak dijamin, dan search engine dapat mengubah konten unggulan secara dinamis berdasarkan perilaku audiens dan pembaruan algoritma. 

Terus optimalkan konten Anda dan tetap mendapat informasi tentang praktik terbaik SEO akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan featured snippet

Baca juga: Metrik Content Marketing untuk Melihat Performa Konten

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts