Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Dynamic Search Ads (DSA): Pengertian, Cara Kerja, dan Penerapannya

Dynamic Search Ads (DSA) adalah jenis kampanye Google Ads yang secara otomatis menghasilkan judul iklan dan halaman landing berdasarkan konten situs web Anda. Mereka menggunakan teknologi crawl web Google untuk menargetkan pencarian yang relevan, memungkinkan pengiklan menjangkau audience yang lebih luas tanpa perlu pemilihan kata kunci secara manual. 

Bing ads turut menawarkan DSA. Dan ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menargetkan kata kunci yang mungkin terlewatkan oleh kampanye penelusuran tradisional Anda. Namun, ini bukan pilihan terbaik jika Anda menginginkan kontrol tingkat tinggi atas ads copy Anda.

Kelebihan dan Kekurangan dari Dynamic Search Ads

Kelebihan : 

Jika kampanye penelusuran Anda sudah maksimal, kampanye DSA dapat membantu dalam dua cara:

  1. DSA memungkinkan Anda memperluas jangkauan melampaui kata kunci yang saat ini Anda miliki di akun.
  2. DSA memungkinkan Anda mengidentifikasi kata kunci baru dari istilah pencarian yang masuk.

Kekurangan : 

Ada dua kelemahan utama DSA. Keduanya berasal dari pengiklan yang kurang memiliki kendali penuh.

  1. DSA bisa menjadi masalah jika Anda memerlukan kontrol tingkat tinggi atas ads copy.
  2. Iklan Dinamis Google memiliki jangkauan luas yang terkadang tidak efisien. Penting untuk menyempurnakan penargetan Anda dan menambahkan pengecualian.

Cara Kerja Dynamic Search Ads

Kampanye Dynamic Search Ads Google menganalisis situs Anda, mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan secara otomatis membuat iklan untuk menargetkan kata kunci yang paling relevan di bisnis Anda. Mereka secara otomatis menemukan kata kunci yang mungkin tidak Anda targetkan dengan kampanye pencarian Anda.

Namun, ada catatan penting sebelum Anda memulai campaign DSA yaitu Jika konten situs Anda tidak terstruktur dengan baik atau jika copywriting-nya salah atau bermasalah Anda sebaiknya tidak menggunakan jenis kampanye ini.

Mengapa?

Karena kampanye iklan Google DSA menggunakan apa yang Googlebot temukan di situs Anda. Bot ini mengambil judul dan konten halaman Anda dan menjadikannya headline. Jadi, jika situs Anda tidak dioptimalkan dengan benar, iklan Anda mungkin akan tampil secara salah di Google Search.

Cara Menerapkan Dynamic Search Ads agar Bekerja Lebih Optimal

Ada berbagai cara untuk menargetkan kampanye DSA. Opsi terbaik bergantung pada kasus yang Anda alami ketika menjalankan kampanye DSA.

1. Targetkan hanya URL tertentu

Anda mengumpulkan beberapa URL halaman secara spesifik yang ingin Anda gunakan untuk kampanye DSA. Google akan menampilkan iklan Anda untuk kueri yang relevan dengan halaman tersebut. 

Ini adalah pilihan yang baik jika Anda hanya ingin mendatangkan traffic ke daftar URL tertentu. Menargetkan URL tertentu berguna dalam situasi tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki situs web besar tetapi hanya ingin menggunakan DSA pada beberapa produk atau layanan.

2. Targetkan judul atau konten halaman tertentu

Secara teknis, ini mencakup dua cara penargetan yang berbeda (judul atau konten). Namun kedua metode tersebut berfungsi sama. Anda dapat menargetkan halaman dengan istilah tertentu dalam judul atau kontennya. Alat ini menganalisis halaman tersebut dan menayangkan iklan dinamis untuk kueri yang relevan. Ini berguna jika Anda ingin kampanye Anda lebih terperinci.

3. Menambah segmentasi audience sebagai penargetan tambahan

Jika Anda ragu untuk mencoba DSA, atau jika Anda sudah mencoba DSA dan merasa bahwa penargetan terlalu luas, Anda dapat menambah segmentasi audience sebagai penargetan di Google Ads

Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih memenuhi syarat pengguna yang melihat iklan Anda. Misalnya, Anda dapat menampilkan iklan Anda kepada audiens target yang sebelumnya mengunjungi situs Anda.

4. Tambahkan kata kunci negatif

DSA dapat membawa beberapa istilah tidak relevan yang biasanya tidak Anda bid. Sangat disarankan untuk memulai kampanye DSA Anda dengan memindahkan kata kunci negatif yang ada dari kampanye Anda yang lain. Perhatikan baik-baik laporan istilah penelusuran pasca peluncuran untuk memastikan Anda menambahkan kata kunci negatif sesuai kebutuhan.

Jadi, Dynamic Search Ads (DSA) adalah jenis kampanye Google Ads yang secara otomatis menghasilkan judul iklan dan halaman landing berdasarkan konten situs web Anda. Mereka menggunakan teknologi crawl web Google untuk menargetkan pencarian yang relevan, memungkinkan pengiklan menjangkau audience yang lebih luas tanpa perlu pemilihan kata kunci secara manual. 

Dan ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menargetkan kata kunci yang mungkin terlewatkan oleh kampanye penelusuran tradisional Anda. Kelebihan dan kekurangan dari dynamic search ads Kampanye Dynamic Search Ads Google menganalisis situs Anda, mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan secara otomatis membuat iklan untuk menargetkan kata kunci yang paling relevan di bisnis Anda. 

Mereka secara otomatis menemukan kata kunci yang mungkin tidak Anda targetkan dengan kampanye pencarian Anda. Anda mengumpulkan beberapa URL halaman secara spesifik yang ingin Anda gunakan untuk kampanye DSA. Google akan menampilkan iklan Anda untuk kueri yang relevan dengan halaman tersebut. DSA dapat membawa beberapa istilah tidak relevan yang biasanya tidak Anda bid.

Baca juga

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts