Dalam SEO, kita semua tahu bahwa Link Building atau pembuatan tautan sangatlah penting dalam menunjang performa SEO website. Tapi sudahkan Anda mengetahui bagaimana cara yang benar-benar efektif untuk membuat situs lain dapat memiliki tautan (bertaut) ke konten Anda?
Jawabannya adalah melalui Outreach Link Building, di mana melalui hal ini kita dapat menghubungi orang yang tepat dengan pesan dan waktu yang tepat (real time)
Penasaran apa itu Outreach Link Building pada SEO, fungsi, cara kerja, dan cara mengoptimasinya secara tepat? Simak selengkapnya artikel di bawah ini yuk!
Apa Itu Outreach Link Building?
Outreach Link Building adalah adalah proses menghubungi situs atau pemberi pengaruh lain dan meminta mereka untuk membuat tautan yang mengarah kembali ke situs website Anda sendiri.
Misalnya situs A memiliki topic authority yang baik dan relevan dengan situs Anda, dan melalui outreach link building, situs tersebut bisa menautkan situs website Anda atau mengenalkan melalui tautan yang dicantumkan. Ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas, sehingga peringkat dan performa SEO website Anda bisa lebih baik.
Namun yang menjadi kendala hingga kini adalah, untuk mendapatkan tautan tersebut tidaklah mudah. Anda memerlukan sebuah upaya, baik secara organik maupun upaya lain yang membutuhkan Anda untuk menghubungi, spam, dan cara-cara lain yang tidak mengganggu pihak pemberi pengaruh yang Anda tuju.
Dari kesusahan inilah, outreach link building berperan. Melalui hal ini kita akan melibatkan pencarian situs website yang relevan serta memiliki otoritas yang baik. Untuk kemudian kita harus bisa menyusun pesan secara persuasif dan telah dipersonalisasi, sehingga hubungan dengan webmaster lain dapat terjalin secara baik.
Selain menjalin komunikasi yang persuasif, Anda juga harus memastikan bahwa tujuan Anda baik. Anda juga harus meyakinkan bahwa konten Anda relevan dan berkualitas serta layak untuk ditautkan pada website atau konten mereka. Sehingga hal ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, serta audiens dari kedua website tersebut.
Pentingnya Outreach Link Building
Penjelasan singkat mengenai Outreach Link Building di atas bahwa aktivitas ini menjadi salah satu strategi penting dalam Search Engine Optimization (SEO) yang memiliki berbagai manfaat signifikan untuk meningkatkan visibilitas dan otoritas situs web. Inilah beberapa alasan lain mengapa Outreach Link Building penting:
1. Meningkatkan Otoritas Domain
Backlink atau tautan dari situs web yang memiliki otoritas tinggi dapat membantu meningkatkan otoritas domain situs kita. Di mana otoritas domain adalah salah satu faktor utama yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk menentukan peringkat suatu situs web. Contohnya jika situs web kita mendapatkan backlink dari situs berita ternama atau blog populer yang masih relevan dengan niche kita, mesin pencari akan menganggap situs kita lebih kredibel dan berpengaruh.
2. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari
Backlink yang berkualitas dapat meningkatkan peringkat halaman situs kita di hasil pencarian. Hal ini terjadi karena mesin pencari menganggap backlink sebagai “vote of confidence” dari satu situs ke situs lainnya. Dengan semakin banyak dan berkualitasnya backlink yang mengarah ke situs kita, terutama dari sumber yang terpercaya, peluang kita untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian akan semakin besar.
3. Meningkatkan Trafik Organik
Tautan yang diperoleh melalui outreach secara tidak langsung juga dapat mengarahkan pengunjung langsung ke situs kita. Pada akhirnya hal ini dapat membantu meningkatkan trafik organik yang relevan dan berpotensi tinggi.
4. Meningkatkan Relevansi dan Kredibilitas Konten
Mendapatkan tautan balik (backlink) dari situs yang relevan membantu mesin pencari memahami konteks dan relevansi konten kita. Tidak hanya mesin pencari, pengunjung-pun pada akhirnya akan mengetahui bahwa konten kita relevan dengan mereka.
5. Membangun Jaringan dan Diversifikasi Sumber
Proses outreach melibatkan interaksi dengan pemilik situs web lain, blogger, dan influencer di industri yang sama. Ini membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut dan memperluas jaringan profesional. Dengan membangun jaringan pada berbagai sumber, outreach link building membantu mendapatkan backlink dari berbagai sumber yang berbeda, mengurangi risiko penurunan peringkat jika satu sumber backlink hilang.
Cara Kerja Outreach Link Building
Sekarang kita tahu bahwa outreach link building adalah tentang membuat situs website lain dapat menautkan ke konten Anda. Namun bagaimana cara tepatnya?
1. Buat Konten Berkualitas dan Memiliki Banyak Peminat
Langkah pertama adalah Anda harus membuat konten yang berharga, relevan, dan menarik bagi target audiens Anda. Konten yang Anda sajikan bisa beragam, mulai dari postingan blog, video, infografis, studi kasus, panduan, atau apa pun yang menyajikan informasi yang berguna, dibutuhkan, dan diminati oleh audiens.
Pastikan juga bahwa konten Anda:
- Asli (Original): Jangan hanya menyalin atau mengulangi apa yang sudah dikatakan konten lain. Lebih baik jika Anda dapat menambahkan wawasan, data, dan perspektif lain yang diperlukan.
- Komprehensif: Pastikan konten Anda menyeluruh atau lengkap dan mendalam. Hal ini penting agar audiens tidak lari pada konten lain selain pada website Anda.
- Dapat dipahami atau ditindaklanjuti: Berikan pembaca informasi atau langkah-langkah yang jelas dan spesifik beserta visual atau media yang mendukung pemahaman. Selain membuat konten Anda lebih menarik atau tidak membosankan, hal ini juga akan mempermudah mereka memahami maksud konten Anda, sehingga dapat mereka tindak lanjuti atau implementasikan.
2. Identifikasi Situs Web, Jurnalis, atau Blogger yang Relevan
Langkah berikutnya adalah tentang bagaimana menemukan mitra tautan yang potensial, tertarik dengan topik Anda, serta memiliki audiens serupa atau saling melengkapi topik Anda.
Terdapat beberapa cara yang paling umum yang bisa Anda lakukan berdasarkan Semrush.com. Berikut di antaranya:
- Gunakan Google: Cari kata kunci yang terkait dengan konten Anda dan lihat peringkat situs website mana yang yang muncul dan potensial. Anda juga dapat menggunakan operator penelusuran lanjutan seperti “inurl:”, “intitle:”, dan “intext:” untuk mempersempit hasil pencarian Anda.
- Gunakan media sosial: Cari postingan populer, seperti hashtag, atau akun yang terkait dengan konten Anda di platform seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Instagram. Lihat siapa yang berbagi, berkomentar, dan berinteraksi dengan mereka. Temukan mereka yang potensial menurut Anda, dan tentunya mudah bagi Anda saat dilakukan proses komunikasi dan kolaborasi.
- Gunakan tool tertentu: Saat ini telah terdapat beberapa tools yang memudahkan analisa backlink yang Anda butuhkan. Gunakan alat yang bagi Anda efisien dan mudah digunakan.
Gambar: Tools Analisa Backlink dari semrush.com
3. Personalisasi dan Promosikan Konten Anda
Langkah terakhir adalah menghubungi mitra prospek Anda dan meminta mereka untuk menautkan ke konten Anda. Namun sebelum itu pastikan Anda telah mempersonalisasi pesan dan tujuan Anda, dengan cara yang persuasif dan mudah dipahami.
- Personalisasikan: Pastikan Anda menyapa prospek dengan nama, instansi, atau julukan lain yang spesifik. Sebutkan juga sesuatu yang spesifik tentang situs web, konten, atau profil mereka yang menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset dan tidak mengirim spam kepada mereka.
- Jelaskan: Nyatakan mengapa konten Anda relevan, berharga, dan berguna bagi mereka dan audiens mereka. Soroti manfaat dan fitur utama konten Anda.
- Persuasif: Mintalah tujuan Anda, misal dalam hal ini adalah tautan link balik dengan cara yang sopan dan ramah. Jangan memaksa atau menuntut. Permudah mereka untuk menindaklanjuti aktivitas dengan ajakan bertindak (CTA) yang jelas dengan tautan ke konten Anda yang mudah ditemukan.
Demikianlah penjelasan mengenai Outreach Link Building untuk optimasi SEO website Anda. Kita tahu bahwa Outreach Link Building adalah strategi yang sangat penting dalam SEO karena memberikan banyak manfaat signifikan, mulai dari meningkatkan otoritas domain, peringkat mesin pencari, hingga trafik organik. Selain itu, strategi ini juga membantu dalam membangun jaringan profesional, meningkatkan kredibilitas, dan diversifikasi sumber backlink. Oleh karena itu, setiap bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas dan kehadiran online mereka harus mempertimbangkan untuk mengimplementasikan strategi outreach link building ini secara efektif.
Bisnis Anda sedang membutuhkan jasa konsultan SEO untuk meningkatkan traffic dan leads potensial dari target market Anda? Impacta sebagai konsultan marketing terbaik di Indonesia, siap mendampingi bisnis Anda menggunakan format offline maupun digital marketing termasuk SEO. Untuk informasi lengkapnya Anda bisa kunjungi website impacta.id atau hubungi CS kami!