Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas tentang Latent Semantic Indexing (LSI) keyword yang terletak di beberapa bagian website, salah satunya adalah meta description. Bagian ini selalu muncul bersamaan dengan judul website maupun artikel yang Anda cari.
Sebenarnya, apa itu meta description? Seberapa pentingkah keberadaannya pada website? Yuk simak penjelasannya melalui artikel berikut!
Apa itu meta description?
Meta description adalah cuplikan teks yang memberikan deskripsi singkat dan informatif tentang konten halaman web. Bagian ini sering kali ditampilkan di halaman hasil mesin pencari (SERP) di bawah judul halaman dan URL.
Penulisan meta description harus ringkas, informatif, dan akurat karena mencerminkan konten halaman web dan menarik pengguna untuk mempelajari lebih lanjut dengan mengunjungi halaman tersebut.
Pentingnya meta description untuk SEO website
Keberadaan meta description berperan penting dalam SEO website, meskipun tidak berdampak langsung pada peringkat website dalam hasil pencarian. Namun, Anda harus menjadikannya strategi optimasi agar website Anda semakin berkembang. Berikut ini alasannya:
1. Dapat meningkatkan CTR
Penulisan meta description dengan baik dan menarik akan mendorong user untuk mengklik website Anda yang muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP). CTR yang tinggi merupakan sinyal positif bagi search engine karena menunjukkan bahwa user menganggap konten Anda relevan dan menarik.
Dengan demikian, bisa saja ranking website menjadi meningkat karena mesin pencari menganggap website Anda berguna dan relevan untuk menjawab pertanyaan user.
2. Sebagai pratinjau konten yang relevan bagi user
Meta description harus ditulis secara akurat karena mencerminkan isi konten halaman website. Hal ini memastikan bahwa user yang mengunjungi situs Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk menemukan apa yang mereka cari, sehingga mengurangi kemungkinan mereka kembali ke halaman hasil penelusuran.
3. Memudahkan user untuk menemukan apa yang mereka cari
Agar user dapat menemukan apa yang dicari, sebaiknya menambahkan kata kunci (keyword) yang relevan pada deskripsi. Meskipun penambahan tersebut tidak berdampak langsung pada peringkat website.
4. Bisa menjadi media promosi brand Anda
Menambahkan brand Anda pada meta deskripsi bisa menjadi ajang promosi di halaman mesin pencari, selain menggunakan Ads dan menjadikannya judul konten.
Caranya dengan menulis deskripsi singkat tentang brand Anda, kelebihannya, dan jangan lupakan CTA (Call-To-Action). Ini dapat membantu membedakan konten Anda dari kompetitor dan membangun identitas brand Anda.
5. Bisa dikenal melalui media sosial
Meta description juga dapat digunakan sebagai deskripsi ketika konten Anda dibagikan di platform media sosial. Ketika dioptimalkan dengan baik, dapat mendorong user untuk mengunjungi website Anda dari media sosial, sehingga berpotensi mengarahkan lebih banyak traffic ke situs website Anda.
Perbedaan meta description dengan meta title
Meskipun meta description dan meta title adalah bagian dari meta tag. Namun, keduanya berbeda. Perbedaan utama antara meta title dan meta description adalah tujuannya dan di mana judul tersebut muncul dalam hasil pencarian. Judul meta adalah judul utama yang mewakili topik halaman dan berdampak langsung pada SEO.
Sementara itu, meta description adalah ringkasan singkat yang memberikan konteks tambahan dan bertujuan untuk menarik klik pengguna, secara tidak langsung mempengaruhi SEO melalui peningkatan CTR. Kedua elemen tersebut penting untuk SEO pada halaman karena efektif untuk meningkatkan visibilitas halaman website dalam hasil pencarian oleh search engine.
6 Tips membuat meta description yang SEO friendly
Membuat meta description yang SEO friendly sangat penting untuk menarik user dan meningkatkan CTR di hasil mesin pencari. Berikut beberapa tips cara membuatnya:
1. Buatlah ringkas dan relevan
Agar tetap ringkas, tulislah sekitar 150-160 karakter. Pastikan ringkasan tersebut memberikan ringkasan konten dari keseluruhan halaman web yang jelas dan relevan.
2. Sertakan keyword yang ingin ditargetkan untuk user
Tambahkan keyword yang mewakili isi keseluruhan konten website. Ini membantu pengguna mengidentifikasi bahwa laman Anda relevan dengan penelusuran mereka.
3. Buatlah deskripsi yang menarik user
Buat pesan pada deskripsi yang menarik pengguna untuk mengklik hasil pencarian Anda, seperti mengatasi masalah atau kebutuhan pengguna dengan menawarkan solusi atau informasi yang sesuai.
4. Perhatikan kejelasan penyampaian pesan dan keterbacaan
Pastikan meta description akurat mewakili konten halaman. Deskripsi yang tidak sesuai dapat merusak kredibilitas situs web Anda.
5. Tambahkan CTA
Tambahkan CTA, seperti “Pelajari lebih lanjut”, “Temukan”, atau “Cari tahu caranya” untuk mengajak user berkunjung pada website Anda.
6. Uji dan pantau secara berkala pada meta description yang Anda tulis
Tinjau secara teratur kinerja meta description yang Anda tulis dengan memperhatikan CTR yang muncul pada Google Search Console. Anda dapat melakukan penyesuaian dan bereksperimen dengan berbagai deskripsi untuk melihat mana yang terbaik.
Demikianlah penjelasan tentang meta description atau meta deskripsi beserta cara penulisannya. Meskipun keberadaannya tidak selalu berpengaruh terhadap peningkatan ranking website, tetapi setidaknya bisa menampilkan ringkasan yang dicari oleh user sehingga bisa meningkatkan traffic website Anda.
Membahas hal-hal seputar digital marketing, seperti elemen meta description pada SEO memang tidak ada habisnya. Nah, jika Anda ingin belajar mengenai digital marketing atau tips-tips menarik lainnya, yuk kunjungi Blog KreasiAds!
Baca juga: SEO Ranking Factors: Tips dan Tools untuk Meningkatkan Peringkat Website