Kebanyakan orang bisa menulis konten, namun tidak semua dapat memberikan dampak keuntungan dari konten yang telah dibuatnya tersebut. Untuk mengetahui kebutuhan audiens dan menyelaraskan dengan kepentinganmu adalah hal yang jauh lebih sulit.
Untuk itu di sini akan dibahas bagaimana cara membuat artikel, email, halaman arahan, dan salinan menarik lainnya yang akan mencapai tujuan bisnis dan pada saat yang sama memenuhi kebutuhan pembaca Anda.
Simak panduan lengkapnya melalui tujuh tips terbaik untuk menulis konten (Content Writing) yang powerfull di artikel berikut ini!
Faktor-Faktor Keberhasilan Content Writing (Successful Content Writing)
Sebelum lebih jauh mendalami perihal cara membuat content writing yang berdampak, mari kita kenali terlebih dahulu beberapa elemen atau faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan content writing. Apa saja??
1. Informasi
- Berikan informasi yang komprehensif, ingat bahwa kualitas konten adalah hal paling utama dari apapun lainnya.
- Informasi haruslah objektif, tidak perlu memasukkan terlalu banyak call-to-action.
- Perhatikan keterbacaan (readability), orisinalitas karya, dan tone yang kamu bawakan dalam konten.
2. Struktur Konten
- Buat heading dan subheadings yang jelas dan konsisten dengan topik yang dibawakan.
- Upayakan untuk memasukkan keyword pada heading atau subheading.
3. Material Pendukung
- Berikan visual atau ilustrasi yang relevan untuk menarik dan memudahkan pembaca dari teks yang kamu sajikan
- Tautkan Alt pada material pendukung yang kamu berikan untuk membantu boost traffic SEO
- Embed video atau multimedia pendukung lainnya yang relevan dengan konten.
4. Link
- Tautkan beberapa keyword dengan internal link yang mengarah pada artikel lain yang masih relevan
- Tautkan dengan website (non-competing), yang memberikan konten/author orisinal.
Tips Membuat Content Writing yang Powerfull untuk Performa Website
Dari beberapa elemen atau faktor penentu keberhasilan content writing di atas, saatnya kita mempelajari bagaimana cara membuat atau menyusun konten yang impactfull bagi audiens, serta powerfull untuk performa SEO website.
1. Tentukan Tujuan (Set Your Goals)
Pertama, tanpa tujuan maka Anda akan kesulitan untuk mengukur di mana letak kesuksesan performa website, bahkan bisa kehilangan arah terkait strategi untuk mencapai goals tersebut. Terdapat beberapa pertanyaan yang perlu dijawab dalam menentukan tujuan ini, di antaranya:
- Apa yang perlu dicapai dan kapan tercapainya?
- Bagaimana cara mengukur kesuksesan tersebut?
- Bisakah Anda melakukannya dengan sumber daya yang ada saat ini?
- Apakah ini mencapai tujuan utama bisnis Anda?
Tidak peduli seberapa terampil Anda dalam menulis atau membuat konten, jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, maka bisa saja dalam mencapai tujuan tersebut menjadi kurang efektif, bahkan gagal di tengah jalan.
2. Riset Audiens
Pepatah mengatakan bahwa jika kita mencoba menyenangkan semua orang, maka kita tidak akan berhasil menyenangkan siapapun.
Jadi pertanyaan utama adalah bagaimana Anda memastikan pesan Anda dapat menarik pasar yang luas, namun cukup spesifik untuk menarik minat yang tinggi dari individu.
Di sinilah letak pentingnya mengetahui persona pembeli. Dalam konten marketing, profil deskriptif audiens ini membantu Anda dalam mengelompokkan dan menggambarkan pembaca ideal, meliputi pasar yang luas dan klien yang potensial untuk kita.
3. Tarik Perhatian Pembaca
Bagian terpenting dari apapun dalam sebuah artikel adalah Judul (Headline). Terdapat komponen lain yang membuat mereka bertahan pada konten kita, tetapi Judul menjadi titik awal penentuan apakah mereka berkenan berkunjung pada laman kita.
Berikut beberapa tips dalam penulisan Judul (Headline):
- Libatkan kontroversi, pertanyaan, humor, kejutan atau kekaguman, kontras, keunikan, dan emosi yang menarik perhatian dalam judul utama.
- Judul bernomor juga menempati hati para pembaca. Penelitian dari Search Engine Journal mengatakan, judul yang memiliki angka/nomor mendapatkan lalu lintas 80% lebih banyak.
- Gunakan Judul dan tag H1 yang bisa mendeskripsikan konten secara jelas dan unik, baik bagi pembaca maupun mesin pencari.
- Gunakan thumbnail atau gambar yang menarik pembaca baik pada search engine atau media sosial.
4. Optimasi Konten
Upaya mengoptimasi SEO adalah perihal membuat konten yang dapat tersedia dengan mudah bagi pembaca, sekaligus dapat mencapai tujuan yang kita inginkan dalam rencana marketing kita. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
a. Sebelum Menulis
Hal pertama dalam optimasi konten adalah pencarian keyword (kata kunci). Gunakan keyword dengan jumlah pencarian yang potensial dan stabil, dengan tingkat kompetisi yang rendah.
Namun perlu diingat jangan terlalu terpaku oleh angka-angka tersebut, kualitas konten yang kita sajikan tetap menjadi penentu utama performa artikel kita.
b. Saat Menulis
Gunakan berbagai tag judul (H2, H3, dan H4) untuk menyusun konten Anda. Lebih dari separuh postingan dengan struktur artikel yang kompleks (H2+H3+H4), memiliki performa lebih tinggi.
Tambahkan nilai kepada audiens dan traffic SEO Anda dengan menautkan ke konten lain di situs Anda. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci yang potensial untuk mendeskripsikan tautan tersebut.
Perhatikan juga untuk menambahkan alt text pada gambar atau multimedia pendukung yang Anda sertakan, untuk menambah aksesibilitas SEO Anda.
c. Setelah Menulis
Setelah menyelesaikan konten artikel, selanjutnya tulislah judul meta (meta title), menggunakan kata kunci utama atau yang ditargetkan. Tuliskan meta title tersebut secara menarik, jelas dan singkat di bawah 60 karakter.
Selain itu, optimasi juga pada bagian meta deskripsi, dan URL, upayakan mengandung keyword yang Anda targetkan, serta deskripsikan secara jelas, ringkas, namun tetap menarik bagi pembaca.
Pastikan untuk menjalankan audit konten secara rutin dan berkala sebagai bagian dari upaya pemasaran konten Anda. Content audit akan membantu Anda menemukan konten berperforma tinggi dan rendah, serta mengidentifikasi konten mana saja yang memerlukan pembaruan agar tetap relevan.
Baca Juga: Panduan Content Audit: Penjelasan, Manfaat, beserta Caranya
5. Sesuaikan Tone of Voice
78% konten dengan performa yang tinggi memiliki nada suara (tone of voice) yang konsisten. Namun apakah benar hal ini berpengaruh? Bagaimana cara kerjanya?
Mempertahankan tone of voice atau nada suara/bicara berarti menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan audiens kita. Nada suara yang kita tentukan dalam penulisan konten dapat mengidentifikasi siapa kita dan kepada siapa kita berbicara. Dengan begitu, audiens akan merasa lebih cocok, mudah memahami, bahkan mengubah persepsi mereka terhadap merek/brand kita.
6. Optimalkan Keterbacaan (Readability)
Sama dengan faktor lainnya, keterbacaan konten kita juga harus menyesuaikan dengan siapa audiens kita. Dalam dunia marketing, perlu melibatkan kompleksitas, panjang konten, hingga gaya penulisan semuanya bergantung pada siapa kita berbicara dan apa tujuan mereka.
Anda perlu mengulang kembali membaca konten Anda, dan pastikan pembaca dapat memahami serta menemukan tujuan mereka saat berkunjung pada konten kita.
7. Manfaatkan SEO Writing Assistant
Selain beberapa tips content writing di atas, terdapat cara mudah lainnya untuk mendapatkan performa artikel yang baik, yakni dengan memanfaatkan SEO writing assistant. Asisten dalam penulisan artikel SEO ini terdapat berbagai macam bentuknya. Mulai dari riset keyword, penentuan topik, penulisan konten, hingga interlink antar artikel atau website.
Keberadaan sejumlah tools SEO dan AI saat ini memudahkan pekerjaan kita sebagai content writer atau content marketer, dalam menentukan apa, untuk apa, dan bagaimana konten kita bekerja. Dengan memanfaatkan beberapa tools tersebut membuat pekerjaan SEO kita semakin efektif dengan hasil yang memuaskan.
Baca juga : 19+ Tools AI dan Plugin Chat GPT untuk Content Marketing
Membuat Content Writing dan beberapa optimasi yang perlu dilakukan memerlukan konsistensi dan ketepatan di dalamnya. Tidak hanya saat pembuatan konten, melainkan sejak awal riset audiens dilakukan, hingga audit atau pengkayaan konten yang tetap perlu dilakukan pasca publish.
Jika Anda membutuhkan jasa pendampingan optimasi konten SEO untuk memperbaiki performa website, KreasiAds solusinya. Segera konsultasikan kebutuhan SEO Anda sekarang, dan dapatkan bisnis pesat dengan kekuatan digital!