Beberapa orang mungkin belum memiliki personal branding, terutama para pemilik bisnis (business owner). Dilansir dari Search Engine Journal, dengan adanya personal branding dapat meningkatkan kepercayaan kepada para konsumen atau calon klien bisnis.
Alhasil, tak jarang dari mereka memanfaatkan SEO maupun Ads untuk mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan. Namun, tak menutup kemungkinan juga melalui kedua strategi tersebut, business owner bisa meningkatkan personal branding.
Melalui artikel ini, SiAds akan menjelaskan tentang SEO dan Ads yang bisa membantu Anda sebagai business owner untuk mengenalkan bisnis Anda kepada orang-orang. Yuk simak!
Perbedaan antara SEO vs Ads
Meskipun sama-sama termasuk strategi SEM (Search Engine Marketing), tetapi SEO dan Ads memiliki perbedaan.
Kelebihan dan Kekurangan menggunakan SEO
SEO adalah strategi optimasi website untuk mendapatkan ranking di pencarian Google (SERP). Traffic yang dihasilkan dari menggunakan strategi ini cenderung organik, alhasil membutuhkan waktu yang lebih lama. Anda harus melakukan optimasi on-page maupun off-page secara berkala agar ranking website tidak menurun.
Banyak orang mengetahui bahwa menggunakan strategi SEO adalah gratis, pernyataan tersebut tidak salah dan juga tidak benar.
Sebab pada akhirnya, tergantung juga apakah Anda menggunakan tools berbayar (Semrush, Ubersuggest) atau gratis (Google Search Console, Google Keyword Planner) untuk melakukan riset keyword. Selain tools, penggunaan mayoritas plugin pada website juga berbayar.
Kelebihan dan Kekurangan menggunakan Ads
Berbeda halnya ketika menggunakan Ads, yang merupakan strategi optimasi yang menggunakan iklan berbayar agar website Anda muncul di pencarian teratas Google. Dengan demikian, website Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan traffic.
Dilansir dari Hubspot, penggunaan Ads juga turut membantu dalam optimasi SEO karena turut menyumbang traffic. Anda tidak perlu beralih strategi SEO ke Ads, jadi hanya perlu mengoptimalkan penggunaan keduanya. Lagi pula, perubahan algoritma tidak banyak berpengaruh pada Ads daripada SEO.
Website yang menggunakan Ads pasti muncul di halaman satu Google bahkan bisa jadi mendapatkan peringkat pertama. Hasilnya lebih instan daripada menggunakan SEO, tetapi Ads memiliki jangka waktu yang sebentar. Jika durasi beriklan telah habis dan Anda belum membayar, ranking website akan menurun.
Tingkatkan omset bisnismu sekarang!
Pada akhirnya, tergantung Anda menggunakan target mana yang ingin dicapai terlebih dahulu, apakah traffic website atau konversi penjualan (omset) atau bahkan keduanya.
Anda harus lebih bijak dalam memilih strategi yang tepat untuk pertumbuhan bisnis, apalagi melibatkan strategi berbayar, seperti penggunaan Ads. Jika salah strategi, iklan boncos menghantui!
Pasti Anda tidak mau kan hal ini terjadi?
Dengan adanya layanan SEO dan Ads dari KreasiAds, Anda yang baru memulai bisnis, belum memiliki personal branding, dan ingin meningkatkan omset dengan cepat bisa berkonsultasi bersama ahli dibidangnya.
Menggunakan metode analisis data yang mendalam oleh tim ahli, targeting audiens bisnis menjadi lebih tepat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan iklan boncos atau penggunaan SEO yang tidak optimal.
Yuk konsultasikan bisnis Anda sekarang bersama KreasiAds!