Saat ini memiliki toko online saja tidak cukup, karena semakin banyak pesaing yang menggunakan lapak digital untuk menarik lebih banyak pelanggan. Pertanyaannya, apa yang bisa kita lakukan saat pesaing e commerce semakin pesat?
SEO pada E Commerce jawabannya. Melalui SEO, halaman Anda dapat lebih unggul daripada yang lainnya, sekaligus dapat memenangkan persaingan dengan lebih banyak pelanggan.
Seperti apa cara optimasi SEO pada e commerce yang tepat? Temukan tips dan panduan lengkapnya di sini!
Apa yang Dimaksud dengan SEO pada E Commerce?
SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian teknik dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs website di hasil pencarian pada mesin pencari seperti Google.
SEO pada E Commerce adalah proses mengoptimalkan toko online untuk meningkatkan visibilitas dan peringkatnya di mesin pencari seperti Google. Optimasi ini berfokus pada peningkatan kinerja kategori dan halaman produk dengan cara yang lebih hemat dan menguntungkan, daripada harus menggunakan iklan berbayar.
Dengan peringkat dan visibilitas produk atau layanan di platform pencarian yang lebih baik, diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung potensial yang kemudian bisa dikonversi menjadi pelanggan pada bisnis Anda.
Bagaimana Peran SEO dalam Mendukung Visibilitas E Commerce?
Kita tahu bahwa SEO penting untuk e commerce. Lantas apa peran SEO pada e commerce, terlebih untuk mendukung visibilitas suatu halaman produk?
1. Meningkatkan Visibilitas dengan Peringkat Halaman yang Baik
Dengan menerapkan teknik SEO yang efektif, situs web e-commerce Anda dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian pada mesin pencari. Ini sangat penting karena sebagian besar pengguna internet cenderung mengklik hasil pencarian yang muncul di halaman pertama. Semakin tinggi peringkat situs Anda, semakin besar kemungkinan pengguna akan menemukan dan mengunjungi toko online Anda.
2. Unggul Tanpa Biaya Iklan
Salah satu manfaat besar dari SEO adalah penghematan biaya. Dengan memiliki strategi SEO yang baik, Anda dapat mengurangi ketergantungan pada iklan berbayar seperti Google Ads. Meskipun iklan berbayar dapat memberikan hasil yang cepat, namun biaya untuk kampanye iklan bisa sangat tinggi. Dengan SEO,meskipun memerlukan investasi awal dalam waktu dan sumber daya, namun dapat memberikan hasil jangka panjang yang berkelanjutan dengan cara yang lebih hemat.
3. Kompetitif dan Adaptif dengan Pesaing
Pasar e-commerce sangat kompetitif di era sekarang. Dengan strategi SEO yang efektif, mengoptimalkan situs Anda untuk kata kunci yang tepat dan memastikan konten Anda relevan serta berkualitas tinggi, dapat memberi Anda keunggulan kompetitif yang signifikan dari para pesaing e commerce lainnya.
4. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan
Situs website atau halaman produk e commerce yang muncul di halaman pertama hasil pencarian biasanya dianggap lebih kredibel dan terpercaya oleh pengguna. Oleh karenanya SEO dapat membantu membangun otoritas halaman Anda melalui konten yang relevan dan berguna bagi pencari.
5. Pengalaman Pengguna yang Baik untuk Konversi yang Optimal
SEO tidak hanya tentang meningkatkan peringkat di mesin pencari, tetapi juga tentang meningkatkan pengalaman pengguna. Situs web yang dioptimalkan untuk SEO biasanya memiliki waktu muat yang lebih cepat, desain yang responsif, dan navigasi yang mudah. Semua ini berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat konversi dan kepuasan pelanggan pada bisnis e commerce Anda.
Panduan dan Tips E-Commerce SEO
SEO terbukti berperan penting untuk kemajuan e commerce, melalui peningkatan visibilitas, peringkat halaman, serta konversi pelanggan yang lebih mudah dan cepat. Lantas seperti apa panduan dan tips SEO pada E Commerce yang tepat?
1. Optimalkan Technical SEO
Hal pertama agar halaman e commerce Anda memiliki performa yang baik adalah dengan memperhatikan technical SEO. Berikut beberapa hal di antaranya:
Struktur Data Merchant Center
Data terstruktur (Structured Data) dapat meningkatkan daftar SERP halaman produk, sehingga dapat meningkatkan CTR dan traffic. Dalam hal ini Anda perlu mengoptimasi secara detail pada nama produk, harga, review rating, hingga ketersediaan atau stock.
Dengan melengkapi Structured Data, Google atau mesin pencari dapat lebih dengan mudah mengenali konten pada halaman Anda.
Selain itu Anda juga perlu menghubungkan structured data Anda dengan feed produk dari Merchant Center. Hal ini dapat memperkuat dan memperkaya hasil pada pengalaman penelusuran yang beragam, serta memungkinkan halaman Anda mendapatkan listingan Google Shopping secara gratis, sehingga meningkatkan visibilitas halaman Anda.
Gambar: Halaman Produk dengan Structured Data muncul pada Google Shopping
Navigasi Website yang Mudah dan Menarik
Permudah struktur navigasi website Anda, selain untuk memudahkan perjalanan pengunjung, juga memudahkan mesin pencari untuk mendalami tiap halaman dan memahami konten Anda.
Berikut struktur navigasi yang banyak digunakan oleh pemilik e commerce menurut Ahrefs
Gambar: Struktur Navigasi E Commerce yang Baik dari Ahrefs
Gunakan Semantic HTML
HTML Semantik adalah cara terbaik untuk meningkatkan seberapa baik mesin pencari memahami konten Anda. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan halaman produk dengan markup semantik:
- Daftar definisi (DL, DT, DD) atau <tabel>: Ini dapat digunakan untuk menyusun dan menyajikan data spesifikasi dengan cara yang jelas dan terorganisir. DL mewakili daftar itu sendiri, DT mewakili istilah atau label, dan DD mewakili definisi atau nilai. Anda juga dapat menggabungkan DT dan DD dalam <div> untuk tujuan penataan gaya.
- Daftar tidak berurutan (UL) dan item daftar (LI): Memanfaatkan tag UL dan LI dapat membantu membuat daftar berpoin-poin untuk menyoroti fitur, manfaat, atau informasi relevan lainnya tentang produk Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk carousel produk.
- Contoh lain: Ada banyak elemen HTML semantik lainnya yang dapat digunakan untuk menyempurnakan struktur dan makna halaman produk Anda. Beberapa contohnya mencakup penggunaan <section> untuk mengelompokkan konten terkait, <article> untuk menentukan masing-masing bagian produk, atau <figure> dan <figcaption>.
Pasang XML Sitemaps
Peta situs XML (XML Sitemaps) dapat membantu meningkatkan perayapan dan pengindeksan konten Anda. Ini sangat berguna untuk toko e-commerce besar.
Peta situs XML bukanlah konsep baru, namun disarankan untuk menggunakan atribut <lastmod> di peta situs XML Anda jika Anda menawarkan banyak produk.
2. Mulai dengan Riset Keyword (In-Depth Keyword Research)
Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah riset keyword. Ini karena dengan riset kata kunci dapat memandu urutan halaman mana yang akan dioptimalkan dan bagaimana halaman tersebut dapat menarik lebih banyak pencari.
Penggunaan keyword yang tepat, juga dapat memudahkan pengguna atas apa yang mereka cari dan inginkan. Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membuat halaman kategori, halaman subkategori, dan halaman produk di situs e-commerce Anda dengan memenuhi permintaan pencarian.
Untuk memulai penggunaan dari keyword itu sendiri pada kategori dan subkategori ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab, yakni:
- Apakah orang mencarinya dan seberapa banyak pencarinya?
- Apakah relevan dengan subkategori yang akan dibuat?
- Adakah produk yang Anda jual pada subkategori ini?
3. Optimasi On Page E Commerce
Pada On Page SEO E Commerce ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, berikut beberapa di antaranya:
URL, Meta Title dan Meta Description
Selain mengoptimalkan keyword pada URL, Meta Title dan Meta Description, pastikan beberapa hal di atas disajikan dengan cara yang ringkas, namun jelas dan menarik. Selain memudahkan pengguna, pembuatan URL, Meta Title dan Meta Description dengan jelas juga dapat memudahkan mesin pencari memahami halaman Anda.
Struktur Heading Semantic dan Konten yang Membantu
Struktur judul semantik sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas dan keterbacaan situs web Anda. Ini membantu pengguna memahami hierarki konten, dan dengan cepat menemukan informasi yang diperlukan.
Praktik ini juga merupakan kunci untuk SEO, karena algoritma mesin pencari akan memahami struktur halaman dengan lebih baik.
Untuk menggunakan heading secara semantik pada halaman produk Anda secara efektif, ingatlah hal-hal berikut:
- Tag H1 adalah judul utama, biasanya sangat cocok dengan teks di tag judul. Seharusnya hanya ada satu H1 per halaman.
- Tag H2 adalah judul sekunder yang menunjukkan bagian utama dalam halaman Anda.
- Tag H3-H6 digunakan untuk subheading dalam bagian ini.
- Setiap level harus disandarkan atau persempetian dari level di atasnya misalnya, tag H3 harus disandarkan dalam bagian H2, dan seterusnya. Anda tidak boleh melompati level, jadi jangan beralih dari H2 ke H4.
Gambar yang Relevan dan Menarik
Visual adalah hal penting yang harus dilibatkan dalam upaya SEO E Commerce Anda. Ini karena habit pengguna cenderung menyukai gambar atau multimedia lain yang Anda tampilkan. Selain menarik dan memudahkan pengguna memahami produk Anda, penggunaan gambar atau visual lainnya juga dapat memudahkan mesin pencari memahami produk Anda melalui optimasi alt text dan nama file yang relevan.
4. Optimasi Link Building pada E-Commerce
Menambahkan tautan internal ke berbagai produk dan kategori membantu mesin pencari memahami struktur situs Anda, serta membantu aliran PageRank di seluruh situs.
Salah satu elemen hebat dari strategi link building pada halaman produk adalah sebagian besar dapat diotomatisasi. Berikut jenis internal link yang dapat Anda optimalkan pada halaman e commerce:
- Produk Pelengkap (Complementary Product)
- Related Product (Produk Relevan)
- Sering dibeli bersamaan (Frequently Bought Together)
- Link pada induk kategori
- Penggunaan Breadcrumbs
- Link pada kategori relevan (Related Category)
5. Memaksimalkan Konten Marketing pada E-Commerce
Menarik perhatian pasar sangat penting dalam e-commerce, di mana hal ini dapat dioptimalkan dengan strategi konten marketing yang tepat. Dengan membuat konten yang bernilai, relevan, dan menarik, Anda dapat meningkatkan visibilitas toko online, membangun hubungan pelanggan, dan mendorong lebih banyak konversi.
Selain optimasi konten blog post, upaya konten marketing pada halaman e commerce lainnya adalah dengan menambahkan review, rating, dan testimonial pelanggan. Hal ini penting mengingat, banyak di antara calon pembeli yang tidak ingin kecewa dengan berbelanja online, sehingga mereka membutuhkan review asli dari pelanggan untuk menambah kepercayaan sebelum melakukan pembelian.
Baca Juga: SEO Marketing: Strategi Meningkatkan Peringkat Web dan Traffic
Kesalahan SEO E-Commerce yang Harus Dihindari
Ada beberapa kesalahan dalam pengoptimalan SEO pada E Commerce yang harus Anda hindari. Berikut adalah beberapa contoh masalah umum yang dapat memengaruhi situs web e commerce Anda mengalami penurunan:
- Tidak ada Breadcrumbs – Pengunjung (dan Google) menganggap breadcrumbs di situs website e commerce berguna.
- Tidak menambahkan schema markup – Menambahkan skema dapat membantu Anda memenangkan fitur snippet pada mesin pencari.
- Mengindeks halaman berkualitas rendah – Mengindeks filter e-commerce atau halaman pencarian yang tidak menambah nilai apa pun.
- Keyword Stuffing– Menyebutkan kata kunci Anda berulang kali di situs web Anda.
- Memblokir halaman utama situs web Anda – Terkadang, tag noindex atau perintah “Larang” di robots.txt dapat ditambahkan secara tidak sengaja, yang berarti halaman tidak dapat muncul di Google.
- Situs yang lambat – Pelanggan Anda tidak akan menyukai situs yang lambat dan hal ini dapat mempengaruhi konversi jika Anda tidak mengoptimalkan kecepatan situs, terutama jika pengguna menjelajahi situs Anda di perangkat seluler.
Demikian panduan dan tips lengkap dalam mengoptimalkan SEO pada E Commerce. SEO adalah investasi jangka panjang yang penting untuk kesuksesan e-commerce. Dengan meningkatkan visibilitas, lalu lintas organik, kredibilitas situs website, pengalaman pengguna serta mengurangi biaya iklan, SEO membantu Anda mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan penjualan. Meskipun memerlukan usaha yang konsisten dan adaptasi terhadap perubahan, manfaat yang diberikan oleh SEO sangat berharga bagi pertumbuhan bisnis e-commerce.
Anda membutuhkan layanan konsultasi SEO untuk kebutuhan website bisnis Anda? Impacta solusinya. Sebagai konsultan marketing terbaik, kami mendalami strategi digital marketing termasuk SEO sebagai upaya pemasaran digital yang dibutuhkan untuk percepatan bisnis Anda dengan cara yang jauh lebih hemat.
Tunggu apa lagi? Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan para pakar SEO dan digital marketing lainnya, hanya di Impacta!