TABLE OF CONTENT
  • SEO
  • >
  • Duplicate Content: Pengertian, Bahaya, dan Cara Menghindarinya
Duplicate Content: Pengertian, Bahaya, dan Cara Menghindarinya

Ketika Anda mencari informasi di internet, pasti sering menemukan dua atau lebih artikel serupa dalam satu website maupun berbeda website. Artikel tersebut dinamakan duplicate content

Menghindari duplicate content bisa saja sulit, apabila Anda sedang menargetkan keyword tertentu untuk mengoptimasi ranking website pada hasil pencarian. Padahal membuat konten yang sama dalam satu website belum tentu berdampak baik pada website, baik dari segi ranking maupun traffic.

Sebelum hal-hal buruk terjadi pada website Anda akibat konten duplikat, ada baiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini. 

Apa itu duplicate content?

Duplicate content atau konten duplikat adalah konten identik atau serupa yang ditandai dengan pengulangan teks kata demi kata dan muncul di lebih dari satu lokasi, baik website sama maupun berbeda. Perlu diingat bahwa konten ini tidak terbatas pada teks artikel, tetapi juga pada gambar, video, atau deskripsi produk.

Bahaya duplicate content

Adanya duplicate content berbahaya bagi website. Mengapa demikian?

1. munculnya masalah ranking pada search engine 

Ketika konten yang serupa terdeteksi, search engine mungkin memilih untuk mengindeks hanya satu versi konten atau mungkin menurunkan peringkat halaman yang terpengaruh. 

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan visibilitas dan traffic website, bahkan bisa jadi hanya satu halaman saja yang memiliki performa terbaik padahal belum tentu isi kontennya berkualitas dibandingkan konten sama lainnya.

2. hilangnya kepercayaan pengguna

Selain ranking, Anda juga akan kehilangan kepercayaan pengguna terhadap website. Sebab, konten duplikat dapat membingungkan pengguna yang mungkin menemukan informasi serupa atau identik di halaman atau website berbeda.

3. menyulitkan analisis kinerja

Konten duplikat dapat merusak analisis dan metrik situs web. Hasilnya, akan sulit untuk mengukur kinerja halaman tertentu secara akurat ketika kontennya tersebar di beberapa URL. Hal ini dapat menghambat analisis data dan pengambilan keputusan.

Cara menghindari duplicate content

Berikut cara untuk menghindari konten serupa atau duplikat, yaitu: 

1. Gunakan canonical tag

Penggunaan canonical tag dapat membantu search engine memahami URL mana yang harus dianggap sebagai sumber utama. Terapkan canonical tag di halaman Anda untuk menentukan versi konten yang diinginkan. Caranya dengan menambahkan tag “rel=canonical” di bagian atas HTML halaman website Anda.

Begitu juga ketika Anda menyatukan konten atau mempostingnya di berbagai platform, pastikan gunakan canonical tag untuk mengarah ke sumber aslinya. Sebab, tag ini akan membantu search engine mengenali versi resmi.

2. Terapkan 301 Redirects pada halaman konten

Jika Anda memiliki beberapa versi halaman, gunakan 301 redirects untuk mengalihkan traffic dari URL konten duplikat ke URL konten utama (canonical). Hal ini memastikan bahwa search engine dan pengguna diarahkan ke versi konten terbaik.

3. Buatlah konten yang berkualitas

Buat konten berkualitas untuk website Anda. Hindari menduplikasi konten dari sumber lain dan jangan menggunakan kembali konten yang sama di beberapa halaman tanpa modifikasi. 

4. Atur konten melalui content mapping

Untuk mencegah duplicate content, Anda harus “merapikan” konten menggunakan metode content mapping, yakni menyusun konten berdasarkan topik atau kategori.

5. Lakukan monitoring konten 

Anda harus melakukan monitoring secara rutin pada konten Anda agar tidak terjadi content scraping. Apa itu content scraping?

Content scraping adalah mengacu pada pengambilan dan menduplikasi konten dari satu website dan menerbitkannya kembali di website lain, tanpa izin pemilik website.

6. Audit konten

Lakukan audit konten secara berkala untuk mengidentifikasi dan mengatasi setiap kasus konten duplikat yang tidak disengaja. Cara ini membantu menjaga kualitas konten dan menghindari potensi masalah akibat konten duplikat. 

7. Atribut rel=”next” dan rel=”prev”

Jika konten Anda mencakup beberapa halaman, gunakan atribut rel=”next” dan rel=”prev” untuk menunjukkan struktur penomoran halaman. Atribut ini membantu search engine memahami hubungan antar halaman dan menganggapnya sebagai satu konten.

Dengan menerapkan cara ini, Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah konten duplikat di website Anda, meningkatkan ranking pada search engine, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Meninjau dan memperbarui praktik pengelolaan konten Anda secara berkala sangat penting untuk kesuksesan konten berkelanjutan.

Baca juga: Cara Membuat SEO Content Pillar Berperforma Tinggi untuk Meningkatkan Trafik Website

Liked what you just read? Sharing is caring.

Share with Facebok
Share with X
Share with Linkedln
Artikel Serupa
AI digital marketing
AI dalam Digital Marketing: Peran, Tantangan, Tools dan Cara Penerapannya

Dalam era digital yang terus berkembang, transformasi digital telah menjadi suatu...

Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing
Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing

Era modern seperti saat ini, terdapat banyak konten yang dimanfaatkan sebagai...

Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki
Ingin Jadi CFO? Ini Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki!

Menjadi CFO (Chief Financial Officer) memiliki tanggung jawab yang besar dalam...

Creative Campaign yang efektif
Tips Membuat Creative Campaign yang Efektif beserta Jenisnya!

Creative Campaign yang efektif menjadi hal yang penting bagi beberapa perusahaan...

7 Cara Optimasi Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform daring (online) yang berfungsi sebagai perantara atau...

Apa itu Docker? Penjelasan, Fungsi, dan Cara Kerja

Docker adalah sebuah platform perangkat lunak open-source yang memungkinkan aplikasi dan...

Jasa Iklan Facebook dan Instagram Terdekat

Facebook dan Instagram Ads memegang peranan penting dalam menjangkau audiens yang...

Mari tingkatkan potensi bisnis Anda dengan solusi strategis dan hasil yang nyata

Siap membawa bisnis Anda naik level? Konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami dan wujudkan pertumbuhan yang

Upgrade Skill Digital Marketing Tim Anda

Program pelatihan eksklusif untuk tim perusahaan

  • Materi praktis: digital marketing, data analytics, dan growth strategy
  • Disesuaikan dengan kebutuhan & industri bisnis Anda
  • Pendampingan langsung dari praktisi berpengalaman
  • Hasil nyata: peningkatan kompetensi & performa tim

Mulai Belajar