Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Panduan Content Audit: Penjelasan, Manfaat, beserta Caranya

Ilustrasi analisis data untuk content audit

Bagi orang yang bekerja dibidang content marketing, pasti tidak asing dengan istilah content audit. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang tidak bekerja dibidang ini. Sebab, Anda bisa mempelajarinya melalui artikel ini. 

Apa itu content audit?

Dilansir dari Semrush, content audit adalah proses analisis dan evaluasi semua konten di website, termasuk teks, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui konten mana yang perlu diperbaiki, guna meningkatkan strategi jangka panjang pada bisnis Anda.

Manfaat melakukan content audit

Content audit penting untuk dilakukan apalagi informasi di dunia semakin update. Berikut ini manfaat Anda melakukan content audit, antara lain:

1. memantau kinerja (performa) konten

Dengan melakukan content audit, Anda bisa memantau performa konten yang telah dibuat, apakah sesuai dengan target audiens atau tidak. Hasilnya Anda bisa membuat konten yang relevan dengan audiens atau sekadar mengoptimasinya.

Anda juga bisa mengidentifikasi konten mana yang termasuk kategori duplicate content sehingga bisa segera diperbaiki atau dihapus. Sebab, duplicate content akan mempengaruhi ranking di hasil pencarian (SERP).

2. menganalisis celah (gap) dalam konten Anda

Dilansir dari Search Engine Journal, analisis celah konten atau content gap dilakukan untuk menemukan peluang baru (opportunity) dari kata kunci atau topik yang belum pernah dibahas dalam konten. Padahal opportunity tersebut bisa menjadi konten dicari oleh audiens.

3. meningkatkan engagement, ranking, traffic, bahkan konversi

Dilansir dari Semrush, 53% engagement naik dan 49% ranking atau traffic meningkat setelah dilakukan content audit. Tak menutup kemungkinan juga konversi turut meningkat, meskipun bisa jadi membutuhkan waktu yang relatif lama.

Cara melakukan content audit

Content audit sebaiknya dilakukan dua kali dalam setahun karena informasi terus bertambah dan diperbarui, alhasil Anda harus meng-update-nya. Perlu diketahui bahwa melakukan content audit tidak boleh asal. 

Nah berikut ini langkah-langkahnya agar content audit yang Anda lakukan berdampak pada pertumbuhan konten pada bisnis:

1. Tentukan tujuan dan metrik yang digunakan

Menentukan tujuan sebelum melakukan content audit adalah hal yang paling krusial. Tentukan tujuan yang akan dicapai dan metrik yang diukur, seperti SEO, user behaviour, engagement, dan penjualan (leads).

Sebagai contoh, Anda ingin meningkatkan traffic artikel. Maka, Anda harus cek organic traffic, keyword ranking, dan CTR artikel sebelum di audit.

2. Kumpulkan dan buat kategori konten

Pada sebuah website pasti terdapat banyak jenis konten, seperti tulisan, deskripsi produk, video, atau landing page. Hal pertama dilakukan adalah identifikasi konten apa saja yang terdapat pada website Anda, selanjutnya buatlah kategori. Kelompokkan konten yang Anda temukan berdasarkan kategori tersebut.

3. Lakukan analisis data pada konten

Setelah mengelompokkan konten, saatnya Anda melakukan analisis data, baik data kualitatif maupun kuantitatif. Gunakan tools untuk membantu analisis data, seperti Google Analytics, Google Search Console, Ubersuggest, Semrush, dan masih banyak lagi.

Saat melakukan analisis data dalam bentuk kuantitatif (angka), catat terlebih dahulu performanya. Jangan lupa mencatat kembali setelah melakukan content audit.

4. Buatlah dan terapkan strategi (action plan) 

Buatlah strategi (action plan) sesuai dengan konten yang akan diaudit. Setiap konten pastilah memiliki cara audit yang berbeda. 

Bandingkan konten Anda dengan kompetitor untuk menyusun strategi dengan didukung hasil analisis data. Tidak ada salahnya untuk membandingkan agar konten bisnis Anda menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Melakukan content audit adalah salah satu strategi optimasi konten yang harus Anda terapkan mulai dari sekarang. Selain meningkatkan engagement dan traffic, bisa jadi melalui content audit ini menambah revenue bisnis Anda. 

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan content audit, Anda bisa berkonsultasi dengan KreasiAds. Konsultan digital marketing berbasis strategi growth hacking ini siap mendampingi Anda untuk melakukan content audit dengan mudah. Yuk konsultasikan sekarang!

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts