Berapa lama hasil SEO terlihat?
Berapa lama hasil SEO terlihat? sebenarnya tergantung, hasil apa yang anda ingin lihat dari SEO, apakah traffic atau konversi. Perlu diingat bahwa hasil dari target SEO tidak bisa dilihat secara instan. Dan sangat tergantung pada hasil optimasi, Goals, Sumber daya, Strategi, Kompetisi
Faktor Apa Saja yang Digunakan untuk Mengukur Target SEO
Organic Traffic
Ini mengukur jumlah pengunjung yang datang ke situs Anda melalui hasil pencarian organik di mesin telusur, seperti Google. Lalu lintas organik menunjukkan seberapa efektif upaya SEO Anda dalam mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian.
Anda bisa menggunakan Google Search Console untuk mengetahui berapa organic traffic Anda atau menggunakan tools sebagainya.
Keyword Rankings
Peringkat kata kunci mengacu pada seberapa baik situs Anda muncul di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Pemantauan peringkat kata kunci membantu Anda memahami apakah situs Anda muncul di halaman pertama atau kedua hasil pencarian.
Anda bisa menggunakan Google Search Console untuk mengetahui ranking berapa website Anda untuk kata kunci yang diperoleh.
CTR (Click-Through Rate)
CTR mengukur seberapa sering situs Anda yang tercantum di hasil pencarian di-klik oleh pengguna. CTR yang tinggi menunjukkan bahwa tautan Anda menarik perhatian pengguna dan relevan dengan kata kunci yang mereka cari.
Anda bisa menggunakan Google Search Console untuk mengetahui CTR untuk menentukan seberapa relevan halaman website Anda dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.
Bounce Rate
Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan situs Anda setelah melihat hanya satu halaman, tanpa melakukan tindakan tambahan, seperti mengklik tautan lain atau berinteraksi lebih lanjut. Bounce rate yang rendah adalah indikator bahwa pengunjung menemukan konten yang relevan dan menarik di situs Anda.
Anda bisa menggunakan Google Analytic untuk mengetahui Bounce Rate untuk menentukan seberapa menarik halaman website Anda dengan apa diinginkan oleh pengguna.
Page Speed
Kecepatan halaman mengacu pada seberapa cepat halaman situs Anda dimuat oleh pengguna. Kecepatan halaman yang buruk dapat menyebabkan penurunan peringkat di mesin telusur dan mempengaruhi pengalaman pengguna.
Anda bisa menggunakan Pagespeed Insight untuk mengetahui seberapa cepat halaman website Anda.
Engagement Time
Engagement time adalah waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di situs Anda.
Waktu keterlibatan yang lebih lama menunjukkan bahwa pengunjung terlibat lebih dalam dengan konten Anda, yang bisa meningkatkan peringkat dan konversi.
Anda bisa menggunakan Google Analytic untuk mengetahui Engagement TIme untuk menentukan seberapa menarik halaman website anda dan membuat betah pengunjung website.
Cara Mengevaluasi Target SEO
Pertama tama cari tahu dari metrik diatas yang belum sesuai dengan goal atau standar yang Anda pakai. Memantau dan menganalisis metrik-metrik ini secara teratur membantu Anda mengevaluasi efektivitas strategi SEO Anda. Berikut ini adalah hal yang bisa jika salah satu metrik diatas belum sesuai;
Mengevaluasi Organic Traffic
Cara terbaik untuk meningkatkan Organic Traffic adalah meningkatkan jumlah kata kunci organic yang masuk ke website. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah kata kunci organic adalah membuat konten yang sesuai dengan keinginan pencari.
Mengevaluasi Keyword Rankings
Untuk memantau keyword ranking ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum evaluasi, yang pertama yaitu relevansi kata kunci dengan halaman website anda jika ternyata halaman website anda tidak menjawab kata kunci tersebut maka anda bisa mengaudit halaman tersebut agar sesuai dengan kata kunci tersebut
Mengevaluasi CTR
Pertama cek dulu berapa CTR halaman website anda dengan Google Search Console, Perhatikan kata kunci dan halaman anda yang ada di Google Search Console, lalu anda bisa klik kata kunci tersebut masuk ke halaman, lalu edit Title dan Meta Deskripsi halaman tersebut. Anda bisa menggunakan plugin SEO jika anda menggunakan CMS WordPress.
Mengevaluasi Bounce Rate
Untuk mengoptimasi Bounce Rate anda bisa menggunakan tools Pagespeed Insight, tools ini berfungsi untuk melihat performa & kecepatan website anda, pada tools tersebut juga terdapat saran untuk meningkatkan skor website anda.
Mengevaluasi Engagement Time
Pertama anda bisa cek Engagement time pada tools Google Analytics, lihat apakah sudah sesuai dengan goal atau target anda, jika belum maka anda perlu mengevaluasinya.
Cara evaluasinya dengan menggunakan tool Microsoft Clarity atau Hotjar, anda harus menginstal salah satu tool tersebut untuk bisa melihat laporanya.
Setelah itu kamu bisa melihat bagaimana perilaku pengguna pada saat mengunjungi suatu halaman di website anda hingga mereka keluar, perhatikan pada bagian yang tidak menarik bagi pengguna. Anda bisa menambahkan infografis, gambar ataupun promo untuk menarik pengunjung lebih lama berada di website anda.
Setiap metrik memiliki dampak berbeda pada performa SEO Anda, dan perbaikan dalam satu area bisa berdampak positif pada metrik lainnya. Penting untuk mengambil tindakan berdasarkan analisis metrik ini untuk terus meningkatkan performa SEO Anda.