TABLE OF CONTENT
  • SEO
  • >
  • KPI SEO: 11 Hal Penting untuk Tracking dan Mengukur Performa SEO
KPI SEO: 11 Hal Penting untuk Tracking dan Mengukur Performa SEO
KPI SEO

Apa itu KPI SEO?

Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), KPI mengacu pada indikator atau matriks yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas campaign SEO. Matriks yang umum digunakan pada KPI SEO mencakup organic traffic, keyword rankings, click-through rate (CTR), and Leads/Sales.

Pentingnya KPI SEO

KPI SEO membantu stakeholders dan praktisi mengerti sejauh mana suksesnya strategi SEO dalam meningkatkan visibilitas situs web di hasil mesin pencari dan mencapai tujuan bisnis yang terkait.

Apa Saja KPI SEO yang Perlu Diukur?

Leads

KPI SEO yang paling penting adalah konversi organik, baik itu penjualan, prospek, langganan, atau tindakan lain apa pun yang menghasilkan uang untuk bisnis Anda.

Customer Lifetime Value (CLV)

Customer lifetime value (CLV) adalah ukuran prediksi jumlah total keuntungan yang dapat Anda harapkan dari satu pelanggan selama hubungan mereka dengan bisnis Anda.

Ini adalah KPI yang sangat penting karena menunjukkan nilai jangka panjang dari setiap pengunjung yang Anda ubah menjadi pelanggan.

Cost Per Acquisition (CPA)

Cost per acquisition (CPA) adalah metrik yang mengukur biaya untuk memperoleh satu pengguna yang berkonversi.

Biaya SEO dapat mencakup apa saja mulai dari gaji tim, biaya agensi, dan alat SEO hingga produksi konten dan pembuatan tautan.

CPA adalah KPI penting untuk dilacak kampanye SEO Anda karena membandingkannya dengan CLV dapat menjelaskan potensi inefisiensi dalam mengonversi pelanggan baru.

Return on Investment (ROI)

Return on investment (ROI) mengacu pada jumlah uang yang Anda peroleh kembali dari uang yang Anda investasikan.

ROI yang positif adalah tujuan akhir dari setiap strategi SEO. Ini memberikan konfirmasi bahwa waktu dan sumber daya yang dihabiskan untuk konten, pemeliharaan situs, kampanye penjangkauan, dan semua aktivitas terkait SEO Anda lainnya tidak sia-sia.

Organic Traffic

Organic Traffic adalah salah satu KPI SEO yang paling penting untuk dilacak, karena berkaitan langsung dengan upaya SEO Anda serta pertumbuhan bisnis dan jangkauan merek Anda secara keseluruhan.

Non-Brand Traffic

Branded traffic biasanya didorong oleh pengetahuan sebelumnya tentang suatu bisnis atau rekomendasi dari orang lain.

Meskipun hal ini jelas berarti satu saluran pemasaran berfungsi dengan baik, branded traffic belum tentu merupakan indikasi keberhasilan pekerjaan SEO Anda. Jadi lalu branded traffic biasanya tidak digunakan sebagai KPI SEO.

Keyword Rankings

Keyword rankings berfungsi sebagai KPI SEO karena memberikan wawasan terperinci tentang kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas Anda dan alasannya.

Backlinks

Backlinks mengacu pada tautan di situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Tautan ini berfungsi sebagai “surat rekomendasi” kepada Google tentang situs Anda.

Clicks Through Rate (CTR)

Semakin bagus organic CTR Anda semakin banyak orang yang mengklik halaman situs anda di hasil pencarian.

Bounce Rate

Bounce Rate mengacu pada persentase user yang masuk ke suatu halaman dan langsung keluar tanpa melakukan apapun. Ini juga cara terbaik untuk mengukur halaman Anda sudah sesuai dengan keyword atau kueri yang user cari.

Average Engagement Time

Engagement Time adalah waktu yang dihabiskan oleh user pada website Anda. Semakin lama user menghabiskan waktu pada website Anda maka kemungkinan mereka melakukan konversi semakin tinggi.

Liked what you just read? Sharing is caring.

Share with Facebok
Share with X
Share with Linkedln
Artikel Serupa
AI digital marketing
AI dalam Digital Marketing: Peran, Tantangan, Tools dan Cara Penerapannya

Dalam era digital yang terus berkembang, transformasi digital telah menjadi suatu...

Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing
Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing

Era modern seperti saat ini, terdapat banyak konten yang dimanfaatkan sebagai...

Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki
Ingin Jadi CFO? Ini Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki!

Menjadi CFO (Chief Financial Officer) memiliki tanggung jawab yang besar dalam...

Creative Campaign yang efektif
Tips Membuat Creative Campaign yang Efektif beserta Jenisnya!

Creative Campaign yang efektif menjadi hal yang penting bagi beberapa perusahaan...

Bootstrapping pada Bisnis: Strategi Membangun Bisnis dengan Modal Kecil Tanpa Investor

Memulai bisnis adalah impian banyak orang, namun kenyataannya tidaklah mudah. Berdasarkan...

7 Cara Optimasi Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform daring (online) yang berfungsi sebagai perantara atau...

Apa itu Docker? Penjelasan, Fungsi, dan Cara Kerja

Docker adalah sebuah platform perangkat lunak open-source yang memungkinkan aplikasi dan...

Mari tingkatkan potensi bisnis Anda dengan solusi strategis dan hasil yang nyata

Siap membawa bisnis Anda naik level? Konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami dan wujudkan pertumbuhan yang

Upgrade Skill Digital Marketing Tim Anda

Program pelatihan eksklusif untuk tim perusahaan

  • Materi praktis: digital marketing, data analytics, dan growth strategy
  • Disesuaikan dengan kebutuhan & industri bisnis Anda
  • Pendampingan langsung dari praktisi berpengalaman
  • Hasil nyata: peningkatan kompetensi & performa tim

Mulai Belajar