Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Ingin menjadi Growth Hacker? Yuk Simak Caranya!

growth hacker

Growth Hacking adalah pendekatan inovatif dalam dunia marketing yang fokus pada pertumbuhan bisnis dengan cepat dan efisien. Pada prakteknya, pendekatan ini sering kali melibatkan penggunaan strategi digital marketing yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian target audience dan meningkatkan jumlah pengguna atau pelanggan.

Pada artikel ini, akan dibahas bagaimana menjadi growth hacker dengan kekuatan digital marketing, serta cara sukses menjalankan strategi growth hacking dengan digital marketing. 

Menjadi Growth Hacker dengan Digital Marketing

Growth hacker adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang pertumbuhan, merancang strategi yang sesuai, dan mengimplementasikan taktik-taktik yang efektif dalam dunia pemasaran terlebih dengan kekuatan digital marketing. Oleh karena itu, peran seorang growth hacker sangatlah krusial dalam suatu bisnis.

Seorang Growth hacker harus harus memiliki mindset dan dasar ilmiah dalam mengambil keputusan, membuat sistem pelacakan yang lengkap dan akurat dalam setiap kegiatan marketing yang dilakukan, menganalisa data yang didapat, mendapatkan pengetahuan atau insight baru dari data tersebut, serta menggunakannya untuk melakukan optimasi dan perbaikan atau pengambilan keputusan dalam bisnis secara keseluruhan. 

Berikut cara menjadi seorang Growth Hacker:

1. Memahami Digital Marketing

Kekuatan growth hacker juga terletak pada pemahamannya terhadap digital marketing. Hal ini disebabkan karena strategi growth hacking mengharuskan kita untuk membuat sistem pelacakan yang akurat berdasarkan data, serta mengambil tindakan yang efektif dan efisien dalam dunia pemasaran (marketing).

Itu mengapa untuk mengerti dan mendalami dunia digital marketing termasuk dasar-dasar, SEO, social media, content marketing, dan PPC menjadi penting bagi setiap growth hacker. 

2. Membangkan Kemampuan Analitis

Setiap tindakan marketing pada strategi growth hacking haruslah berdasarkan data dan eksperimen yang telah dilakukan. Untuk membaca keberhasilan atau performa dari tindakan atau keputusan tersebut memerlukan analisis dari hasil data yang telah dikumpulkan.

Oleh karena itu untuk menguasai berbagai tools analisis data, dan interpretasi hasil untuk mengambil keputusan marketing selanjutnya, juga harus dikuasai oleh seorang growth hacker. 

3. Penuh Kreativitas dan Inovasi

Strategi Growth Hacking menuntut kita untuk melakukan kegiatan marketing yang murah, cepat, dan tepat sasaran. Ini menjadi penyebab mengapa kreativitas dan inovasi menjadi kunci utama kegiatan marketing.

Dengan berpikir di luar kotak (out of the box) untuk merancang strategi yang unik dan menarik, akan mempermudah kegiatan marketing kita dalam mencapai tujuan bisnis yang diinginkan dengan cepat dan murah. 

Cara Sukses Menjalankan Strategi Growth Hacking dengan Digital Marketing

Untuk menjalankan strategi growth hacking dengan digital marketing pada bisnis atau perusahaan kita bisa dibilang susah dan memerlukan tindakan yang konsisten dan terus menerus.

Perlu beberapa ilmu dan praktek yang harus dipelajari secara mendalam bagi seorang growth hacker untuk menerapkan strategi ini. Berikut cara sukses menjalankan strategi growth hacking dengan digital marketing yang dapat kita lakukan: 

1. Tentukan Tujuan Pertumbuhan

Penting bagi para growth hacker untuk menentukan tujuan pertumbuhan bisnis. Untuk itu cobalah untuk menetapkan tujuan pertumbuhan yang spesifik, seperti meningkatkan jumlah pengguna atau konversi.

Tujuan pertumbuhan bisnis yang jelas dan spesifik akan mempermudah kita melakukan optimasi kegiatan digital marketing melalui framework atau pendekatan strategi growth hacking

2. Identifikasi Target Audience atau Market

Melakukan tindakan marketing yang tepat sasaran akan memangkas biaya pemasaran serta mendapatkan hasil leads yang berkualitas. Agar tepat sasaran berarti kita harus berhasil memetakan target pasar atau audiens yang sesuai dengan goals bisnis.

Oleh sebab itu sebelum melakukan kegiatan marketing, perlu bagi seorang growth hacker untuk terlebih dahulu melakukan identifikasi atau riset market dan apa yang mereka butuhkan, menggunakan tools digital marketing.  

3. Tentukan Unique Selling Point dan Hipotesis Strategi 

Dalam strategi growth hacking, kita harus pandai dalam mengidentifikasi peluang pertumbuhan atau area di mana Anda dapat mencapai pertumbuhan bisnis yang signifikan. Oleh karenanya seorang growth hacker harus menentukan USP (unique selling point) yang menjadi keunggulan dan pembeda produk kita dengan para kompetitor, agar produk mendapatkan banyak perhatian (awareness) dari para target market. 

Selain USP, kita juga harus bisa menentukan dan mengembangkan hipotesis strategi bisnis kita. Buat hipotesis tentang strategi yang mungkin berhasil dalam mencapai tujuan pertumbuhan bisnis kita dengan cepat dan efisien. 

4. Memanfaatkan Platform Digital Marketing

Pemanfaatan platform digital marketing seperti media sosial, SEO, konten marketing, email marketing atau digital ads dapat membantu kita mencapai target audience dengan lebih efektif.

Oleh karenanya, sebagai growth hacker sebisa mungkin menguasai platform-platform digital marketing yang dapat menunjang kinerja marketing dalam mencapai goals bisnis. 

5. Eksperimen dan Optimalisasi Terus-Menerus

Growth hacking melibatkan uji coba atau eksperimen berbagai strategi dan tindakan untuk melihat mana yang paling efektif. Lakukan eksperimen dengan metode yang berbeda-beda dan jangan lupa untuk mencatat hasil dari eksperimen yang telah Anda lakukan. Kemudian lakukan optimasi secara konsisten berdasarkan hasil yang Anda dapatkan. 

6. Mengukur dan Menganalisis Hasil 

Growth Hacking tanpa sebuah data sama saja bohong. Tanpa data kita tidak bisa mengambil tindakan marketing yang tepat dan terukur.

Selalu gunakan data untuk melihat apakah strategi yang kita terapkan berhasil mencapai tujuan pertumbuhan. Sebagai growth hacker kita harus menguasai cara mengukur dan menganalisis hasil kegiatan marketing dengan tools digital marketing yang ada. 

Baga juga: Tools Analisis Digital Marketing: Menelusuri Keberhasilan Marketing Campaign 

Digital Marketing In-House Training Solusi menjadi Growth Hacker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menjadi growth hacker harus memahami digital marketing. Pemahaman mengenai digital marketing akan memudahkan penerapan strategi growth hacking pada bisnis. 

Media belajar digital marketing saat ini sudah beragam, baik training, workshop, e-course, webinar dan lain sebagainya. Saat ini KreasiAds juga telah menyediakan Digital Marketing In-House Training dengan framework Growth Hacking. 

Digital Marketing In-House Training KreasiAds adalah media belajar growth hacking secara lengkap, mendalam dan komprehensif yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan belajar peserta. In-house training ini akan diselenggarakan secara langsung pada tempat dan waktu yang menjadi kesepakatan antara pihak klien dan KreasiAds.

Karena sifatnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan peserta, maka dalam pemaparannya baik terkait materi dan konsultasi terkait growth hacking juga lebih fleksibel, sesuai kondisi, atau kebutuhan, dan keinginan klien. 

Tidak hanya materi terkait growth hacking, pada In-House Training KreasiAds, Anda akan mendapatkan berbagai materi dan pendampingan terkait SEO dan Digital Ads. Ini yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti In-House Training Growth Hacking KreasiAds: 

  • Pemaparan materi dan best practices : Growth Hacking, SEO, dan Digital Ads
  • Discussion session
  • Praktek 
  • Free Business Consultation 
  • Bebas menentukan waktu dan tempat training

Program ini sangat efektif, dikarenakan KreasiAds dapat mengetahui lebih jauh terkait kondisi bisnis, sehingga pembelajaran/konsultasi dan media improvement yang diberikan akan lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis klien. 

Kesimpulan

Menjadi growth hacker dalam dunia digital marketing memerlukan kombinasi antara pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran digital dan kemampuan analitis. Dengan kreativitas, inovasi, dan kerja keras, seorang growth hacker dapat membantu bisnis mencapai pertumbuhan yang signifikan dalam era digital.

Menumbuhkan dan mengembangkan bisnis yang dapat tumbuh cepat dan sehat dengan minim modal menjadi goals utama para pebisnis. Semua itu dapat mudah dicapai dengan digital marketing. Bagi Anda yang ingin menjadi growth hacker dengan kekuatan digital marketing, Anda bisa mengikuti Digital Marketing In-House Training KreasiAds. 

Mulai konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang, dan raih peningkatan profit bisnis dengan cepat dan sehat berjangka panjang!

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts