Menulis teks singkat untuk iklan di Google Search mungkin terlihat mudah, namun faktanya justru menulis teks singkat ini tidak bisa dilakukan asal-asalan dan perlu skill serta tips copywriting google ads, karena kita dituntut untuk menghasilkan teks yang menarik perhatian audiens dengan karakter yang terbatas.
Copywriting sendiri adalah penulisan materi pemasaran dan promosi secara persuasif untuk mengajak pemirsa mengambil tindakan (misalkan mengklik, membeli).
Iklan search tampil dalam format teks pada bagian paling atas atau bawah halaman search engine sesuai dengan pangsa pasar iklan yang ada. Maka dari itu penulisan Ad copy dalam iklan merupakan hal penting agar pengguna tertarik membuka website dan meningkatkan nilai CTR (Click-through-rate). Selain itu, copywriting yang tepat dapat meningkatkan Ad relevance sehingga bid harga iklan bisa lebih murah.
Ada beberapa cara praktis untuk menulis teks singkat di google ads agar mendapatkan hasil yang maksimal.
1. Penggunaan Keyword
Sertakan keyword di berbagai tempat utama seperti pada headline 1, URL path, dan deskripsi. Selain berfungsi untuk memudahkan google mengidentifikasi iklan, juga dapat meyakinkan pemirsa bahwa iklan tersebut dapat menjawab kebutuhan sesuai dengan yang pemirsa butuhkan/tuliskan sehingga peluang mereka untuk memilih iklan tersebut lebih tinggi dari iklan yang lain.
2. Penggunaan Angka
Jika kamu ingin menarik perhatian pemirsa, maka tuliskan angka pada ads copy. Angka memberikan sensasi kepastian dan kredibilitas yang terukur, sehingga Pemirsa bisa memiliki rasa percaya yang tinggi pada iklan tersebut. Kamu bisa menuliskan harga produk, data statistik, atau bahkan tenggat promo terbatas.
3. Penggunaan Kata “ Kamu/Anda”
Penggunaan kata “kamu” atau “anda” pada iklan yang kita jalankan dapat membuat pemirsa merasa bahwa iklan ini berbicara kepada mereka, sehingga memberikan impresi yang ramah dan menimbulkan rasa kedekatan secara emosional.
4. Penggunaan Kata yang Memicu Rasa Emosional
Penggunaan kata-kata yang membuat pemirsa merasakan suatu emosi. Bahkan terkadang emosi negatif bisa menjadi stimulus yang lebih kuat dibandingkan emosi positif karena sifat manusia cenderung menghindari untuk rasa sakit. Ketika emosi pemirsa terpancing, maka lebih besar kemungkinan untuk iklan kita memberikan kesan yang membekas.
5. Unique Selling Proposition
USP adalah salah satu faktor atau pertimbangan penting yang mempengaruhi keberhasilan sebuah produk atau layanan agar terlihat lebih unggul dan berbeda dari kompetitor yang ada serta bisa membantu Anda untuk menjawab masalah pelanggan. sehingga peluang untuk dipilih oleh pemirsa jauh lebih tinggi dibanding kompetitor. adapun cara untuk menentukan USP sebagai berikut
- 1.1 Pahami produk atau jasa Anda
- 1.2 Pelajari motivasi dan daya beli pelanggan
- 1.3 Tentukan posisi Anda di mata pelanggan
- 1.4 Telisik USP Kompetitor
- 1.5 Eksekusi dan konsistensi6
6. Brand / Merk
Kita bisa menuliskan brand pada headline maupun deskripsi. Pengguna tidak akan terlalu memperdulikan tentang brand, terkecuali jika brand sudah terkenal. Yang menjadi prioritas tetap solusi atau manfaat yang ditawarkan. Namun, tetap tuliskan brand sebagai bagian dari identitas yang ditunjukkan agar audiens mulai mengenal nama perusahaan kita.
7. CTA
Call to Action atau CTA adalah gambar, tulisan, atau ucapan yang akan mendorong pelanggan, pengunjung website, atau audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Contoh paling umum adalah “Beli sekarang!”, “Daftar sekarang!”, “Segera hubungi kami!”, “Info selengkapnya”. Namun, coba juga gunakan kata kerja yang lebih kuat dan berkesan menguntungkan bagi pembeli seperti “Dapatkan”, “Bergabunglah”. Disarankan untuk menuliskan CTA pada bagian akhir di deskripsi 2 pada desktop atau deskripsi 1 pada mobile device.
Selanjutnya kita lakukan pengujian secara berkala untuk menguji mana Ad copy yang terbaik untuk pengguna dan jenis usaha yang kita miliki. Algoritma pada google merekomendasikan untuk mencoba 3-5 Ad copy dalam satu Ad group di setiap campaignnya.
Perlu kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan digital marketing tidak ada rumus yang pasti menjamin keberhasilan suatu iklan pencarian di Google Ads karena pengimplementasian pada setiap produk bisa jadi berbeda, namun pembahasan diatas adalah best practice yang dapat membuat Ad copy iklan google ads yang baik. Pilihlah yang paling sesuai dengan produk dan tujuan yang ingin anda dicapai.
Jadi bagaimana dengan artikel diatas? Apakah kalian telah menemukan hal baru? Semoga dengan penjelasan membantu anda dalam meningkatkan performa iklan kalian. Ingin info lebih banyak seputar ads dan digital marketing? Jangan lupa check artikel lainnya di Kreasiads ya!
Baca Juga: Tingkatkan Omset Bisnis dengan Layanan Digital Ads dari KreasiAds