Google Adwords adalah sebuah fitur yang berguna untuk bisa mengiklankan bisnis Anda di dalam halaman pencarian Google dengan menggunakan suatu kata kunci tertentu yang sesuai dan relatif dengan bidang bisnis yang sedang Anda jalani.
Fitur ini tentunya diklaim bisa menjawab berbagai keresahan yang dirasakan para pebisnis mulai dari penjualan yang masih belum banyak hingga bisnis yang belum diketahui oleh banyak orang.
Pada tahun 2018 yang lalu Google pun secara resmi mengubah nama dari Google Adword menjadi Google Ads, meskipun terdapat perubahan nama namun secara penggunaannya tidak ada yang berbeda sama sekali jadi Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan Google Adwords ini.
Keuntungan dari penggunaan Google Adwords
Pada zaman yang sudah serba digital seperti sekarang tentunya setiap pebisnis online akan memerlukan sebuah fitur yang bisa membantu mereka dalam proses pemasaran bisnisnya agar bisa menjangkau lebih banyak orang serta target pasar yang terarah.
Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google Adwords ini dalam pemasaran bisnis. Berikut di antaranya:
1. Bisa menguasai pasar online
Dengan menggunakan Google Adwords ini maka Anda bisa menguasai pasar online karena Google sudah berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari ataupun search engine di seluruh dunia. Dengan tingkat persentase yang sudah mencapai 92% bahkan di Indonesia sendiri, search engine Google sudah berhasil menguasai mesin pencarian dengan persentase sebanyak 97%.
2. Target pasar lebih spesifik
Anda bisa mengatur iklan agar nantinya bisa tampil pada perangkat tertentu atau memilih Salah satu perangkat diantaranya saja baik itu komputer maupun smartphone dan yang lainnya. Tidak hanya itu Google Adwords juga bisa melakukan pengaturan berdasarkan lokasi serta Anda juga bisa mengatur sendiri jadwal tayang dari iklan.
Contohnya jika bisnismu dibuka dari jam 09.00 sampai jam 04.00 sore maka Anda bisa membuat pengaturan penayangan iklan dari jam tersebut, dengan adanya berbagai fitur ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam berbisnis.
3. Hemat biaya
Keuntungan berikutnya adalah hemat biaya, mungkin sekian dari Anda mengira bahwa memasang iklan pada Google Ads memerlukan biaya yang cukup mahal, namun pada kenyataannya untuk memasang iklan pada Google Ads sangatlah terjangkau Bahkan Anda bisa memulainya dengan Rp.50.000 saja.
Anda juga bisa mendapatkan kemungkinan biaya yang lebih sedikit lagi jika Anda mengatur dan menggunakan strategi PPC atau pay per click pada penayangan iklan yang Anda gunakan, dengan adanya sistem tersebut maka Anda hanya dikenakan biaya bila target ataupun konsumen Anda mengklik iklan yang Anda pasang.
Panduan Menggunakan Google Adwords
Setelah kita mengetahui Apa itu Google Adwords dan juga apa saja keuntungannya ketika kita menggunakannya dalam bisnis, pembahasan berikutnya adalah bagaimana cara menggunakan Google Adwords. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya Anda bisa menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut.
1. Buat akun Google
Untuk bisa login google Adwords langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda bisa membuat akun Google terlebih dahulu, atau jika Anda sudah memilikinya Anda bisa login pada Google Adwords menggunakan akun email yang sudah ada.
2. Pilih goal atau tujuan beriklan
Jika Anda sudah login pada Google Adwords, Hal pertama yang akan Anda lihat adalah kalimat “pick a goal for your ad”. Di sini Anda bisa memilih goal yang ingin Anda capai, Anda bisa memilih 3 pilihan tujuan yaitu: call your business, visit your storefront, dan take an action on your website. Anda bisa mempelajari ketiga tujuan tersebut sebelum Anda memilihnya.
3. Pilih target lokasi
Jika Anda sudah yakin dengan tujuan yang sudah Anda pilih pada proses tadi maka langkah berikutnya Anda bisa memilih target lokasi secara bebas sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, Anda bisa memperluas ataupun mempersempit target dari lokasi.
4. Pilih kategori bisnis
Langkah berikutnya Anda bisa pilih kategori bisnis, pada langkah ini Anda bisa menentukan kategori bisnis yang sesuai dengan produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Jika bisnis yang sedang Anda jalani adalah bisnis kuliner maka Anda bisa memilih kategori bisnis makanan ataupun kuliner pada Google Adwords.
Hal tersebut dilakukan agar nantinya Anda bisa menentukan pasar secara tepat dan menargetkan audience sesuai dengan kategori bisnis yang sedang dijalani, dengan memilih kategori bisnis ini Anda bisa mendapatkan target audien yang cocok.
5. Membuat copy untuk iklan
Langkah berikutnya adalah Anda bisa membuat copy iklan, pada proses ini Anda harus bisa menggunakan kemampuan copywriting karena dengan menggunakan teknik copywriting dalam beriklan Anda bisa menggaet audience agar bisa mengklik iklan yang Anda tayangkan.
Pada bagian headline iklan biasanya Google akan memberikan batasan sebanyak 30 kata saja, sedangkan untuk isi dari iklannya sendiri Google memberikan batasan hingga 80 kata. Jadi Anda harus bisa memanfaatkan batas yang sudah diberikan oleh Google tersebut.
Usahakan tulisan yang ada pada iklan yang Anda tayangkan harus bisa menjelaskan bisnis Anda secara jelas dan singkat dan jangan berupa kata-kata yang klik bait karena audient biasanya memerlukan penjelasan produk yang jelas bukan penjelasan yang membuat mereka penasaran.
6. Memasukkan foto atau logo bisnis
Jika sudah mengisi tulisan untuk iklan yang Anda tayangkan langkah berikutnya Anda bisa memilih foto ataupun logo bisnis Anda, namun untuk memasukkan foto logo ini sifatnya opsional dan tidak wajib bila Anda memiliki logo Anda bisa memasukkannya dan jika tidak tidak apa-apa.
7. Menentukan biaya iklan
Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menentukan biaya, pada saat akan membuat iklan pada Google Adwords Anda bisa menentukan biaya iklan Anda sendiri secara bebas. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya iklan yang mahal karena Google menerapkan sistem PPC.
Dengan sistem ini Anda hanya perlu membayar bila iklan buatan Anda diklik oleh para audience, maka dari itu cara ini diklaim mampu menghemat lebih banyak biaya iklan sehingga Anda bisa bebas dalam menerapkan estimasi biaya iklan di setiap bulannya. Jika Anda baru pertama menggunakan layanan Google Adwords maka kami sarankan untuk menentukan biaya yang paling rendah saja terlebih dahulu sambil berjalannya waktu nanti Anda akan lebih memahaminya.
8. Pilih metode pembayaran
Langkah terakhir menggunakan layanan Google Adwords adalah memilih metode pembayaran, setelah Anda mengisi beberapa data mulai dari tulisan iklan dan juga menambahkan foto langkah berikutnya Anda bisa memilih metode pembayaran mana yang akan Anda gunakan, Anda bisa menggunakan pembayaran melalui transfer bank ataupun juga menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan juga metode yang Anda punya.
Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu Google Adwords, mulai dari pengertian, keuntungan hingga cara menggunakannya. Jika Anda saat ini sedang melakukan bisnis Anda bisa mencoba untuk memasang iklan pada layanan Google Adwords ini agar bisnis Anda bisa mencapai target audiens dan juga pasar yang lebih luas.
Selain itu, dengan menggunakan layanan ini juga Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari Anda bisa memilih target lokasi mana yang ingin Anda tuju dalam memasarkan produk dan juga Anda bisa meningkatkan brand bisnis.
Baca juga: Cara Membuat Planning Iklan PPC yang Sukses