Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Cara Membuat Planning Iklan PPC yang Sukses

KreasiAds di tahun 2023 ini mendapati banyak sekali klien yang ingin beriklan di Google Ads. KreasiAds juga menyarankan banyak klien kami yang sudah berhasil di satu platform iklan selain Google untuk mencoba beriklan di Google Ads dengan pendekatan PPC. Jika dengan fokus ke PPC, maka kualitas iklan yang kita pasang akan segera diketahui hasilnya sehingga bisa kita optimasi sesegera mungkin.

Pentingnya Membuat Perencanaan Iklan PPC

Periklanan PPC (Pay Per Click) adalah salah satu strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau target audiens yang tepat. Nah, agar iklan PPC dapat berjalan dengan efektif, perlu dilakukan perencanaan yang matang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perencanaan iklan PPC penting:

1. Untuk menentukan tujuan iklan

Sebelum membuat iklan PPC, penting untuk menentukan tujuan iklan terlebih dahulu. Apakah tujuannya untuk meningkatkan Brand Awareness, meningkatkan traffic ke situs web, atau meningkatkan penjualan? Tujuan yang jelas akan membantu Anda menentukan strategi iklan yang tepat.

2. Untuk memilih kata kunci yang tepat

Kata kunci adalah salah satu faktor terpenting dalam iklan PPC. Kata kunci yang tepat akan membantu iklan Anda muncul di hasil pencarian yang relevan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset kata kunci sebelum membuat iklan PPC.

3. Untuk membuat iklan yang efektif

Iklan PPC yang efektif harus menarik perhatian target audiens dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan. Oleh karena itu, penting untuk membuat iklan yang kreatif dan informatif.

4. Untuk mengoptimalkan anggaran iklan

Anggaran iklan PPC dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan anggaran iklan agar iklan Anda dapat berjalan secara efektif. Dengan melakukan perencanaan iklan PPC yang matang, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan iklan Anda.

Cara Planning Iklan PPC agar Sukses dan Berperforma Tinggi 

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan ketika ingin memulai iklan PPC adalah memberikan sebanyak-banyaknya variasi iklan. Bila Anda memberikan beberapa variasi iklan untuk kumpulan kata kunci yang sama (setidaknya tiga variasi direkomendasikan saat ini), akan membantu memastikan pengalaman pengguna terbaik dan juga membantu algoritma Google untuk melakukan penyesuaian di dalam iklan anda.

1. Cara termudah untuk memulai adalah melihat iklan Anda yang sudah berjalan dan memodifikasinya

Ketika berbicara tentang teks iklan, selalu ada sesuatu yang dapat ditingkatkan dan/atau variabel yang berbeda untuk diuji, sehingga sangat disarankan untuk bereksperimen dengan Unique Selling Propositions (USP).

Sebagai contoh, jika Anda mempromosikan alat SEO, USP Anda bisa berupa uji coba gratis, jumlah kata kunci dalam database, penghargaan SEO yang diterima, dll. Setelah Anda tahu apa USP Anda, saatnya untuk mencari tahu mana yang paling efektif untuk audiens online Anda.

2. Anda selalu bisa terus menyempurnakan iklan Anda dengan eksperimen

Eksperimen dengan mengubah kata kerja dalam CTA (“coba” vs “temukan”?). Mainkan dengan representasi angka (1M vs 1.000.000?). Cobalah termasuk dan tidak termasuk nama merek Anda (“Digital Agency” vs “KreasiAds Digital Agency”?).

Terkadang, perubahan-perubahan kecil ini dapat secara nyata meningkatkan CTR Anda. KreasiAds telah membantu klien untuk meningkatkan CTR iklan bisnis mereka sebesar 30% hanya dengan mengubah satu huruf dalam semua kampanye Google Ads.

3. Gunakan Responsive Search Ads

Responsive Search Ads memungkinkan Anda membuat iklan yang beradaptasi untuk menampilkan lebih banyak teks dan pesan yang lebih relevan kepada pelanggan Anda. Jenis iklan ini bekerja berdasarkan kecerdasan buatan.

Pengiklan dapat menambahkan hingga 15 headline (masing-masing maksimal 30 karakter) dan 4 deskripsi hingga 90 karakter. Google akan mengkombinasikan headline dan deskripsi yang disediakan untuk menentukan kombinasi terbaik, menghasilkan hingga 43.680 variasi iklan jumlah yang tidak mungkin diuji secara manual.

Membuat teks untuk Responsive Search Ads tidak mudah. Anda perlu membuat setiap headline atau deskripsi menjadi jelas dan bermakna, dan pastikan dapat dikombinasikan dengan elemen-elemen lain dalam iklan.

4. Dapatkan ide baru dari kompetitor

Teknik-teknik yang disebutkan di atas membantu memperluas set iklan Anda, tetapi hanya sampai batas tertentu. Suatu saat, setiap orang kehabisan inspirasi. Jadi langkah berikutnya, “Curi” ide dari pesaing Anda. Amati Tiru Modifikasi (ATM)

Periklanan PPC (Pay Per Click) adalah salah satu strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau target audiens yang tepat. Namun, agar iklan PPC dapat berjalan dengan efektif, perlu dilakukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset kata kunci sebelum membuat iklan PPC, membuat iklan yang kreatif dan informatif, mengoptimalkan anggaran iklan agar iklan Anda dapat berjalan secara efektif.

Baca juga: Best Practice dalam Menerapkan Responsive Search Ads

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts