Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Tingkatkan Jangkauan Audiens lewat Display Advertising

Display Advertising

Periklanan digital memang mengubah wajah industri pemasaran. Agar tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang ini, diperlukan pemahaman yang kuat tentang pemasaran digital dalam segala bentuknya. 

Salah satu cara termudah untuk memulai adalah dengan iklan bergambar. Google menyediakan jenis iklan bergambar yang dinamakan Display Ads (display advertising). Mari kita bahas lebih detail!

Apa itu display advertising?

Sadar atau tidak sadar Anda pasti pernah melihat iklan bergambar sebelumnya. Iklan bergambar biasanya muncul di situs web pihak ketiga dan menggunakan elemen video, gambar, atau teks untuk memasarkan produk atau layanan.

Ada banyak jenis iklan bergambar, salah satu contohnya adalah iklan banner. Begitu juga dengan iklan gambar yang muncul di desktop dan seluler. Sebagian besar iklan berbentuk persegi panjang atau persegi, dan konten di dalamnya biasanya dirancang agar selaras dengan landing page dan preferensi audiens yang dipilih.

Kampanye iklan bergambar dapat dijalankan melalui jaringan periklanan seperti iklan Facebook atau iklan Google yang menyediakan fitur penargetan audiens yang canggih serta format iklan yang juga dapat Anda gabungkan dengan iklan pencarian.

Kelebihan dan kekurangan display advertising

Tidak ada bentuk periklanan yang sempurna untuk setiap perusahaan. Sebelum Anda memutuskan apakah akan berinvestasi pada iklan bergambar atau tidak, pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan: 

1. Iklan bergambar menghasilkan Awareness merek yang lebih baik

Berbeda dengan iklan native yang meniru konten editorial (search/video ads), iklan bergambar jelas merupakan iklan dan lebih mirip baliho di jalan-jalan. Meskipun dalam hal ini terkadang itu menAndakan bahwa orang pada prinsipnya akan mengabaikannya iklan baliho, tetapi sebuah produk akan tetap mendapat awareness.

2. Iklan bergambar menyampaikan pesan dengan cepat seperti kilat

Sebagian besar iklan bergambar didasarkan pada visual, bukan teks. Audiens Anda tidak perlu membaca seluruh artikel atau infografis untuk menyampaikan pesan dari merek Anda seperti yang mereka lakukan dengan iklan video atau iklan search.

3. Iklan bergambar mudah dibuat dan ditempatkan

Dibandingkan dengan bentuk periklanan digital lainnya, iklan bergambar tidak memerlukan integrasi yang rumit dengan situs penerbit. Mereka dapat muncul di hampir semua situs yang merupakan bagian dari jaringan iklan yang berpartisipasi tanpa banyak settingan yang terlalu teknis.

4. Iklan bergambar menjangkau pelanggan di setiap funnel marketing

Kampanye periklanan digital yang dipikirkan dengan matang dapat membantu Anda menjangkau audiens target di setiap tahap proses pengambilan keputusan (funnel marketing), mulai dari Aware akan kebutuhan hingga kesiapan membeli sebuah produk. Yang Anda butuhkan hanyalah pengetahuan tentang metode penargetan.

5. Iklan bergambar memberikan nilai yang besar untuk ads spend Anda

Meskipun relatif sedikit orang yang benar-benar mengklik iklan bergambar, iklan tersebut dapat membantu Anda menjangkau segmen terbesar di target pasar Anda. Jangkauan mereka sama luasnya dengan periklanan tradisional namun tidak terlalu menonjol. Iklan bergambar tidak terlalu mengganggu dibandingkan iklan televisi atau radio, terutama jika iklan tersebut dipadukan dengan konten yang relevan.

Kekurangan: 

1. Orang tidak menyukai iklan

Konsumen saat ini percaya bahwa iklan lebih sering muncul dan mengganggu dibandingkan di masa lalu. Iklan yang terang-terangan membuat banyak orang merasa kesal—dan ketika orang merasa terganggu dengan iklan online, mereka cenderung menggunakan perangkat lunak pemblokiran iklan sehingga mereka tidak melihatnya sama sekali.

2. Iklan bergambar bisa jadi terlalu minim.

Iklan bergambar dimaksudkan untuk menyampaikan pesan Anda secepat dan sesederhana mungkin, namun durasinya yang pendek dapat mengacaukan pesan sebuah brand. Meskipun iklan bergambar berguna, iklan tersebut mungkin bukan kekuatan sebenarnya di balik strategi pemasaran Anda.

3. Mereka memiliki rasio klik-tayang dan konversi yang relatif rendah

Rasio klik-tayang untuk iklan banner rata-rata sekitar 0,1%, jumlah total yang lebih rendah dibandingkan bentuk iklan online lainnya. Ini biasanya berarti konversi yang lebih rendah. Kebanyakan orang melihat iklan banner di awal perjalanan pembelian mereka, jadi iklan banner paling baik digunakan sebagai bagian dari rencana pemasaran jangka panjang.

Jenis-jenis display advertising

1. Iklan pemasaran ulang

Sebagian besar iklan bergambar yang Anda lihat saat ini adalah iklan pemasaran ulang, yang juga dikenal sebagai iklan penargetan ulang. Berkat tren personalisasi iklan, kampanye penargetan ulang telah tersebar luas.

Ada 91% konsumen lebih memilih membeli dari merek yang mengingat minatnya dan memberikan penawaran berdasarkan kebutuhannya. Iklan penargetan ulang melakukan hal itu, dan mudah diterapkan oleh merek.

2. Iklan yang dipersonalisasi

Google menganggap pemasaran ulang sebagai subkategori iklan yang dipersonalisasi, yang bisa efektif saat Anda mengelompokkan pemirsa untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Iklan yang dipersonalisasi menargetkan konsumen berdasarkan penargetan demografis dan minat yang mereka tunjukkan secara online.

Anda bahkan dapat membuat iklan yang menampilkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi berdasarkan interaksi terkini pengguna dengan situs web Anda.

3. Iklan yang ditempatkan di situs

Jika Anda memilih untuk memilih sendiri situs web yang akan menghosting iklan Anda, penargetan penempatan situs web adalah pilihan terbaik Anda. Anda dapat memilih seluruh situs atau halaman individual dalam situs. Anda bahkan dapat menggabungkan penargetan penempatan dengan penargetan kontekstual. Dengan pendekatan ini, Anda memilih situs dan membiarkan Google memilih halaman yang paling relevan untuk iklan Anda

Display advertising vs Native advertising

Jika Anda menghitung iklan offline dan online, iklan bergambar sama tuanya dengan bisnis itu sendiri. Iklan bergambar pertama di internet adalah iklan AT&T tahun 1994, dan pertumbuhannya semakin meningkat sejak saat itu. Iklan bergambar masih populer.

Native Advertising dirancang untuk menyatu dengan konten lain di suatu halaman. Hal ini sangat umum terjadi di feed berita media sosial. Iklan ini terlihat seperti postingan pengguna biasa, meskipun secara hukum diwajibkan untuk menampilkan kata “disponsori” untuk meminimalkan penipuan.

Native Advertising kurang terlihat jelas dibandingkan iklan bergambar dan terkadang dapat menjangkau pengguna yang mengaktifkan perangkat lunak pemblokiran iklan. Iklan tersebut bisa menjadi cara yang bagus untuk melibatkan calon pelanggan karena kebanyakan orang merespons konten dengan lebih baik jika konten tersebut bukan iklan yang terlihat jelas. Namun selalu ada risiko ketika mereka sampai di bagian akhir dan mengetahui bahwa postingan atau artikel yang baru saja mereka baca adalah iklan, mereka akhirnya akan merasa tertipu.

Jadi, keduanya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing sehingga tergantung kebutuhan bisnis Anda, jangan berdasarkan viral dan FOMO lalu ikut-ikutan sebuah format iklan tertentu, analisa mendalam bisnis dan objektif Anda, sehingga setiap keputusan marketing Anda bisa dipertanggungjawabkan dengan maksimal dan berdasarkan data.

Baca juga: Wajib Coba! Tingkatkan Revenue Menggunakan Strategi Retargeting Ads

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts