Apa itu KPI SEO?
Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), KPI mengacu pada indikator atau matriks yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas campaign SEO. Matriks yang umum digunakan pada KPI SEO mencakup organic traffic, keyword rankings, click-through rate (CTR), and Leads/Sales.
Pentingnya KPI SEO
KPI SEO membantu stakeholders dan praktisi mengerti sejauh mana suksesnya strategi SEO dalam meningkatkan visibilitas situs web di hasil mesin pencari dan mencapai tujuan bisnis yang terkait.
Apa Saja KPI SEO yang Perlu Diukur?
Leads
KPI SEO yang paling penting adalah konversi organik, baik itu penjualan, prospek, langganan, atau tindakan lain apa pun yang menghasilkan uang untuk bisnis Anda.
Customer Lifetime Value (CLV)
Customer lifetime value (CLV) adalah ukuran prediksi jumlah total keuntungan yang dapat Anda harapkan dari satu pelanggan selama hubungan mereka dengan bisnis Anda.
Ini adalah KPI yang sangat penting karena menunjukkan nilai jangka panjang dari setiap pengunjung yang Anda ubah menjadi pelanggan.
Cost Per Acquisition (CPA)
Cost per acquisition (CPA) adalah metrik yang mengukur biaya untuk memperoleh satu pengguna yang berkonversi.
Biaya SEO dapat mencakup apa saja mulai dari gaji tim, biaya agensi, dan alat SEO hingga produksi konten dan pembuatan tautan.
CPA adalah KPI penting untuk dilacak kampanye SEO Anda karena membandingkannya dengan CLV dapat menjelaskan potensi inefisiensi dalam mengonversi pelanggan baru.
Return on Investment (ROI)
Return on investment (ROI) mengacu pada jumlah uang yang Anda peroleh kembali dari uang yang Anda investasikan.
ROI yang positif adalah tujuan akhir dari setiap strategi SEO. Ini memberikan konfirmasi bahwa waktu dan sumber daya yang dihabiskan untuk konten, pemeliharaan situs, kampanye penjangkauan, dan semua aktivitas terkait SEO Anda lainnya tidak sia-sia.
Organic Traffic
Organic Traffic adalah salah satu KPI SEO yang paling penting untuk dilacak, karena berkaitan langsung dengan upaya SEO Anda serta pertumbuhan bisnis dan jangkauan merek Anda secara keseluruhan.
Non-Brand Traffic
Branded traffic biasanya didorong oleh pengetahuan sebelumnya tentang suatu bisnis atau rekomendasi dari orang lain.
Meskipun hal ini jelas berarti satu saluran pemasaran berfungsi dengan baik, branded traffic belum tentu merupakan indikasi keberhasilan pekerjaan SEO Anda. Jadi lalu branded traffic biasanya tidak digunakan sebagai KPI SEO.
Keyword Rankings
Keyword rankings berfungsi sebagai KPI SEO karena memberikan wawasan terperinci tentang kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas Anda dan alasannya.
Backlinks
Backlinks mengacu pada tautan di situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Tautan ini berfungsi sebagai “surat rekomendasi” kepada Google tentang situs Anda.
Clicks Through Rate (CTR)
Semakin bagus organic CTR Anda semakin banyak orang yang mengklik halaman situs anda di hasil pencarian.
Bounce Rate
Bounce Rate mengacu pada persentase user yang masuk ke suatu halaman dan langsung keluar tanpa melakukan apapun. Ini juga cara terbaik untuk mengukur halaman Anda sudah sesuai dengan keyword atau kueri yang user cari.
Average Engagement Time
Engagement Time adalah waktu yang dihabiskan oleh user pada website Anda. Semakin lama user menghabiskan waktu pada website Anda maka kemungkinan mereka melakukan konversi semakin tinggi.