Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Panduan Lengkap Membuat Guest Post

Guest Post SEO

Guest post menjadi sebuah strategi pemasaran konten yang terus berkembang. Cara ini telah menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan otoritas website kita dalam dunia digital marketing. 

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya mengenai guest post, mari kita menjelajahi panduan lengkap tentang apa itu guest post dan langkah-langkah cara membuatnya di bawah ini!

Apa itu Guest Post?

Guest Post atau guest blogging adalah strategi pemasaran yang melibatkan penulisan artikel atau konten untuk website lain, sebagai upaya untuk mempromosikan suatu merek. 

Pembuatan guest post yang mempertimbangkan relevansi dengan audiens tertentu dari suatu website dengan keahlian Anda dapat membantu dalam: 

  • Membangun profil pribadi Anda
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Mendorong lalu lintas ke situs Anda

Banyak pemasar menggunakan guest post ini untuk membangun tautan dalam kepentingan SEO, baik untuk traffic maupun awareness website yang lebih baik. Namun terdapat beberapa hal yang masih menjadi perdebatan atau catatan tertentu terkait strategi guest post dalam SEO ini. Apa yang sebenarnya terjadi?

Pentingnya Guest Post 

Guest post menjadi penting dan memiliki sejumlah manfaat bagi yang melakukannya, karena melalui cara ini tidak hanya memperluas jangkauan audiens, tetapi juga dapat membangun kredibilitas. 

Saat Anda menunjukkan keahlian Anda dan bermitra dengan situs terkemuka, Anda dapat membangun kredibilitas atau memberi pengaruh terhadap pembaca. Hal ini dapat menghasilkan lebih banyak pengikut sosial, peluang kemitraan baru, peringkat yang lebih tinggi, dan membantu meningkatkan traffic pada website Anda. Berikut beberapa pentingnya guest post: 

1. Meningkatkan Visibilitas

Jika Anda ingin menempatkan konten Anda pada situs-situs yang memiliki audiens besar untuk mendapatkan visibilitas, maka guest post menjadi salah satu alternatifnya. 

Melalui guest post dapat memungkinkan Anda mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas, sehingga kesadaran mereka terhadap merek Anda juga lebih baik lagi. 

2. Membangun Otoritas

Jika Anda sedang ingin membangun otoritas kepada audiens tertentu, guest post akan membuat Anda menjadi salah satu kontributor di situs terkemuka, dan cara ini dapat membantu Anda dalam membangun otoritas dan kepercayaan terhadap industri atau merek yang Anda tuju. 

3. Meningkatkan Performa SEO

Jika kita kembali pada beberapa hal yang menjadi ranking factor dalam SEO, Backlink dari situs otoritatif dapat meningkatkan peringkat SEO, dengan cara meningkatkan visibilitas dan peringkat pada mesin pencari.

Guest post yang dilakukan dengan cara yang tepat akan berdampak baik pada performa SEO website kita, namun dibalik hal tersebut, tentu terdapat tantangan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menjadi bumerang yang memperburuk performa website kita. 

Tantangan: Apakah Guest Post dapat Berdampak Buruk untuk SEO? 

Guest post pada dasarnya tidak buruk untuk SEO. Sebuah artikel di Google Search Central Blog menyatakan bahwa, Google tidak melarang guest post jika postingan tersebut memberikan informasi kepada pengguna, mengedukasi audiens terhadap situs lain, atau memberikan kesadaran terhadap suatu tujuan, merek, atau perusahaan. 

Namun guest post bisa berdampak buruk bagi SEO. Hal ini karena Google dapat mengeluarkan “Google Penalty” (atau tindakan manual) secara berkala terhadap situs yang terlibat dalam praktik penautan manipulatif. Hal ini dapat menyebabkan peringkat situs memperburuk dalam hasil pencarian, atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali dari hasil pencarian.

Beberapa praktik guest post atau penautan manipulatif di antaranya mencakup beberapa hal berikut: 

1. Guest Post yang Berlebihan

Guest post atau guest blogging yang berlebihan terjadi ketika sebuah merek mencoba mendapatkan link pada suatu situs sebanyak mungkin. Hal ini menyebabkan terdapatnya banyak konten berkualitas buruk, baik bagi web dan bagi Google.

Salah satu tanda utama guest post yang berlebihan adalah postingan tamu yang sama (atau sangat mirip) dipublikasikan di beberapa situs. Selain itu, konten yang berkualitas rendah, tidak membantu, tidak menarik, dan ditulis dengan buruk juga akan mempengaruhi semakin buruknya performa SEO. 

2. Kegagalan untuk Nofollow Tautan Guest Post (Kiriman Tamu)

Saat Anda menautkan ke situs Anda dari guest post, Google mengatakan bahwa tautan tersebut harus disetel ke “nofollow”, yaitu ketika Anda menginstruksikan Google untuk mengabaikan tautan tersebut untuk tujuan SEO. 

Anda melakukan nofollow pada tautan dengan menambahkan atribut rel=“nofollow” ke kode tautan. Jika Anda tidak melakukan nofollow pada tautan kiriman tamu Anda, Google mungkin dapat mengetahuinya, sehingga mereka berhak mengeluarkan penalti terhadap situs Anda.

Baca Juga: Analisis Backlinks: Cara Menemukan Backlink yang Berkualitas dan Buruk pada Website 

Panduan dan Cara Membuat Guest Post yang Baik

Pada dasarnya guest post SEO dilakukan untuk membangun profil merek Anda, bukan perihal optimasi atau meningkatkan tautan. Oleh karena itu, membutuhkan fokus utama terhadap kualitas, dan bukan kuantitas. Berikut merupakan beberapa cara yang tepat untuk memulai blogging pada guest post: 

1. Temukan Prospek Guest Post

Guest Post di situs berkualitas tinggi sangat penting untuk keberhasilan setiap upaya blogging tamu. Oleh karenanya mulailah dengan mencari prospek yang sesuai dengan di mana postingan tamu Anda akan ditulis. 

Sebelum menjelajahi berbagai metode, penting untuk mengetahui bagaimana prospek guest post yang harus dicari.

  • Autoritatif 

Hanya guest post pada situs resmi yang telah mendapatkan reputasi terhadap beberapa konten berkualitas tinggi. Situs-situs ini juga telah memiliki standar editorial yang tinggi, serta hanya menerbitkan artikel yang relevan dan bebas kesalahan. Jangan publikasikan di situs berisi spam, karena dapat membahayakan SEO blog guest post Anda.

  • Satu Niche yang Sama

Postingan guest post memberikan nilai ketika mereka menunjukkan pengalaman atau keahlian yang se-nada (satu niche yang sama) Anda. Hal ini juga akan meningkatkan daya tarik dan minat pembaca dari situs host.

2. Kembangkan Ide Guest Post

Langkah selanjutnya adalah menghasilkan ide postingan guest post yang unik untuk setiap prospek. Hal ini meningkatkan kemungkinan orang menerima postingan Anda, dan mengurangi risiko penerbitan postingan tamu yang hampir duplikat, yang akhirnya terlihat berisi spam. Anda perlu menyampaikan topik yang:

  • Relevan dengan merek Anda (tetapi tidak tentang merek Anda)
  • Menarik bagi audiens situs yang ditargetkan
  • Belum pernah dibahas di situs ini sebelumnya

3. Promosikan Ide Postingan Guest Post Anda

Langkah selanjutnya adalah menyampaikan ide postingan guest post Anda. Dengan kata lain, Anda dapat menghubungi pemilik situs dan mendorong mereka untuk berkolaborasi. Ini membantu menarik perhatian mereka terhadap postingan Anda, sekaligus dapat membangun hubungan yang baik.

4. Tulis Postingan Guest Post Anda

Jika situs mitra Anda telah memberikan pedoman postingan blog post, maka langkah selanjutnya Anda bisa menganalisis pedoman tersebut, serta membaca beberapa artikel terbaru mereka. Ini akan membantu Anda beradaptasi dengan gaya mereka. Beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan di antaranya: 

  • Jumlah kata: Berapa panjang artikel Anda?
  • Gambar: Berapa banyak gambar yang harus Anda sertakan? Dan jenis apa?
  • Judul: Jenis judul apa yang mereka gunakan?
  • Nada suara: Bagaimana mereka berbicara kepada pembacanya?

Kemudian Anda dapat menulis artikel yang unik dan akan disukai pembacanya.

5. Promosikan dan Pantau Postingan Guest Post Anda

Setelah postingan guest post Anda dipublikasikan, bagikan dan promosikan tulisan Anda melalui media sosial atau platform sosial lainnya. Ini membantu kita untuk mendapatkan keterlibatan dan mengarahkan traffic ke konten guest post kita. 

Cara Menemukan Website untuk Guest Posting

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan guest post adalah menemukan tempat atau website untuk posting konten guest post. Berikut beberapa cara untuk menemukan website guest post: 

1. Gunakan Operator Pencarian Google

Operator penelusuran Google (Google Search Operators) adalah karakter dan frasa khusus yang memungkinkan Anda membuat kueri bertarget lebih spesifik pada mesin telusur.

Dari cara ini Anda cukup ketik kata kunci “guest post”, “guest column”, “guest author”, “become a contributor”, “write for us” dan lain sebagainya, diikuti dengan topik atau niche blog yang sesuai dan relevan dengan postingan Anda. 

2. Gunakan Tools untuk Mencari Situs Guest Post

Saat ini terdapat beberapa tools yang dapat membantu Anda menemukan situs yang menerima guest post seperti guestposttracker.com atau blogdash.com dan lain sebagainya. Dengan menggunakan beberapa tools ini, Anda dapat mencari situs-situs yang menerima guest post berdasarkan niche blog Anda atau berdasarkan jumlah traffic yang diterima oleh situs tersebut.

Itu tadi beberapa penjelasan lengkap terkait guest post. Pada dasarnya guest post dapat berdampak baik ataupun buruk bagi performa website kita. Oleh karenanya kita perlu menggunakannya dengan cara yang tepat, agar guest post kita menjadi strategi SEO yang memiliki dampak baik pada bisnis atau merek kita. 

Baca Juga: SEO Forecasting: Pengertian dan Mengapa Ini Penting

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts