Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

SEO Forecasting: Pengertian dan Mengapa Ini Penting

Prediksi atau peramalan SEO (SEO Forecasting) merupakan hal yang penting untuk kita perhatikan dalam setiap upaya SEO. Hal ini bertujuan agar kita mengerti sebenarnya seberapa hasil atau dampak yang diberikan, baik dari segi revenue maupun traffic dari optimasi SEO itu sendiri.  

Untuk itu kita perlu mengetahui lebih dalam terkait apa itu SEO Forecasting, mengapa ini penting, dan bagaimana cara menghitung serta menganalisisnya. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 

Apa itu SEO Forecasting?

SEO Forecasting atau Perkiraan SEO adalah kondisi saat kita memprediksi peringkat (ranking) di masa depan, lalu lintas pencarian (traffic), serta hasil dari upaya SEO yang sudah dijalankan. Melalui SEO Forecasting, dapat membantu Anda memperkirakan pendapatan (revenue) dari optimasi SEO Anda. 

Beberapa faktor yang harus dilihat dan dianalisis dari Prediksi SEO adalah rasio klik-tayang (CTR), identifikasi rasio konversi organik (unpaid) pada situs, dan menentukan hasil penjualan (sales) Anda berdasarkan traffic penelusuran.

Perihal prediksi SEO ini sebenarnya tidak ada satu cara yang disepakati. Terdapat beberapa perbedaan pendapat untuk mendapatkan hasil yang paling akurat, mengingat untuk memperoleh prediksi hasil SEO merupakan tugas yang kompleks dan memerlukan data yang lengkap. 

Meskipun perkiraan SEO tidak akan pernah tepat atau 100% akurat, hal ini dapat membantu memahami bisnis Anda, di mana letak yang harus Anda fokuskan dalam upaya SEO untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi pemasaran yang dijalankan. 

 

Mengapa SEO Forecasting Penting?

Dengan memperkirakan dampak upaya SEO, maka kita dapat memberikan manfaat dan keuntungan di antaranya sebagai berikut: 

1. Lebih unggul dan kompetitif dibandingkan dengan upaya SEO yang lain. 

Persaingan pada dunia SEO saat ini semakin ketat, sehingga upaya SEO yang harus kita lakukan juga harus berbeda dan kompetitif daripada yang lainnya. Beberapa di antara kita menyadari bahwa investasi SEO merupakan investasi yang bagus, namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya klik bisa mendatangkan uang (revenue).

Melalui riset kata kunci berdasarkan pasar, kita dapat mengetahui letak potensi kita untuk tetap unggul di antara pesaing, dan bagaimana pada akhirnya hal ini dapat menghasilkan pendapatan.  

2. Memberikan gambaran atau alasan yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya pada optimasi SEO

Perkiraan atau prediksi SEO pada akhirnya akan menetapkan ekspektasi hasil dari upaya yang dilakukan. Sehingga bisnis dapat memahami di mana mereka perlu mengalokasikan sumber daya baik dari segi dana, SDM, atau sumber daya yang lainnya untuk mencapai pertumbuhan.

3. Meningkatkan strategi SEO yang berhubungan langsung dengan klien/leads. 

Untuk mendapatkan kepercayaan leads atau klien tidaklah mudah, namun jika kita memiliki bukti atau data proyeksi hasil yang jelas dan akurat atas upaya yang kita lakukan, akan mempermudah klien atau pengguna mempercayai kita. 

Selain itu Anda juga dapat menggambarkan dengan jelas bagaimana strategi yang akan diterapkan memiliki dampak atau keuntungan yang terukur dan tepat sasaran. 

 

Metrik dan Kalkulasi dalam SEO Forecasting

SERP dan algoritma SEO seringkali memiliki banyak perubahan dan beberapa hal yang tidak dapat diprediksi. Dengan begitu, melalui SEO Forecasting sangat dibutuhkan untuk mendapatkan prediksi dan ekspektasi yang lebih baik dan akurat. Ini adalah beberapa perhitungan paling umum yang digunakan dalam peramalan SEO:

  • Cara memperkirakan lalu lintas organik: Volume pencarian kata kunci bulanan x rata-rata rasio klik-tayang organik
  • Cara memperkirakan konversi (prospek): Perkiraan lalu lintas organik x tingkat konversi rata-rata
  • Cara memperkirakan penjualan: Perkiraan leads organik x rata-rata tingkat penjualan
  • Cara memperkirakan pendapatan: Perkiraan penjualan x nilai pesanan rata-rata

Berikut adalah beberapa metrik SEO Forecasting secara lebih detail:

MetrikDefinisiTools
Volume Pencarian (Search Volume)Jumlah rata-rata pencarian bulanan untuk sebuah kata kunci.Ubersuggest, Keyword Magic Tool, Keyword Overview
Organic click-through rate (CTR)Persentase penelusuran yang menghasilkan klik ke situs. Google Search Console
Keyword DifficultyUkuran daya saing SERP untuk kata kunci tertentu (dari 100). Ini dapat membantu Anda memahami potensi peringkat.Ubersuggest, Keyword Magic Tool, Keyword Overview
Conversion ratePersentase pengunjung yang menjadi lead.Google Analytics
Tingkat konversi prospek menjadi penjualan (Lead-to-sale conversion rate)Persentase prospek yang menjadi pelanggan yang membayar.Google Analytics
Average order value (AOV)Jumlah rata-rata setiap transaksi.Google Analytics

 

Metode atau Cara untuk Membuat SEO Forecasting

Memperkirakan hasil SEO bukanlah sebuah ilmu pasti. Namun terdapat beberapa metode populer untuk mendapatkan perkiraan SEO yang akurat, berikut di antaranya: 

1. Perkiraan Berdasarkan Histori Performa

Salah satu cara paling sederhana untuk memperkirakan kinerja SEO Anda di masa depan adalah dengan melihat riwayat kinerja atau performa situs web Anda yang telah berjalan. Data tersebut membantu Anda mengerti upaya-upaya apa saja untuk mempertahankan hasil performa yang konsisten maupun yang kurang. 

Melalui data yang lengkap, Anda juga dapat memperkirakan peningkatan hasil di masa depan. Misalnya Anda melihat adanya pola kenaikan yang konsisten pada 5-10% selama setahun terakhir, maka Anda dapat memperkirakan pada tahun berikutnya terdapat peningkatan 10-20%. 

2. Kumpulkan Data dan Buat Spreadsheet Berdasarkan Histori Performa

Jika Anda menginginkan perkiraan yang akurat, maka Anda dapat memasukkan data histori performa dan rumus pada Spreadsheet. Data yang digunakan meliputi beberapa metrik saat mengukur performa SEO. 

Kemudian Anda dapat menerapkan fungsi/rumus pada sel yang memperhitungkan perkiraan pertumbuhan Anda dan faktor apa pun yang mungkin mempengaruhinya. Melalui Spreadsheet Anda akan mendapatkan ikhtisar yang bagus tentang perkiraan metrik lalu lintas dengan rapi dan mudah disortir. 

Prediksi SEO

Kesimpulan

Memprediksi hasil SEO di masa depan pada suatu situs bukanlah pekerjaan mudah. Namun upaya ini sepadan dengan usahanya.

Daripada menginvestasikan sumber daya ke dalam kampanye yang mungkin tidak berhasil, Anda dapat menggunakan perkiraan SEO sebagai cara untuk mengurangi risiko tersebut. Hal ini menyebabkan lebih sedikit uang dan waktu yang terbuang.

Untuk melihat bagaimana kinerja Anda saat ini meningkat, gunakan alat SEO berikut:

  • Position Ranking: Masukkan kata kunci target untuk melacak posisi, perkiraan traffic dan banyak lagi.
  • Google Search Console: Pantau tayangan organik, klik, posisi, dan CTR untuk kata kunci yang tersedia.
  • Organic Traffic Insight: Tinjau data Google Analytics, Google Search Console, dan Semrush untuk 50 halaman arahan teratas Anda. 

SEO merupakan upaya efektif dan efisien untuk memajukan bisnis Anda dalam jangka panjang. Jika Anda membutuhkan jasa konsultasi SEO beserta proyeksi hasil yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa menghubungi dan berkolaborasi bersama Jasa SEO KreasiAds!

Baca Juga: Boost Traffic Websitemu dengan SEO Consultant  

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts