Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

SEO Ranking Factors: Tips untuk Meningkatkan Peringkat Website

SEO Ranking Factors

Peringkat SEO adalah faktor krusial dalam menentukan visibilitas dan kesuksesan sebuah situs website. Oleh karena itu memerlukan upaya yang tepat agar website kita memperoleh peringkat yang bagus pada mesin pencari. 

Artikel ini akan membahas berbagai faktor kunci yang mempengaruhi peringkat SEO (SEO Ranking Factors) dan memberikan tips serta tools apa saja yang dapat membantu meningkatkannya. Simak sampai akhir yuk!

 

Apa itu SEO Ranking? 

SEO Ranking atau peringkat SEO adalah posisi situs website pada halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk istilah atau keyword pencarian tertentu. Semakin tinggi posisi website di SERPs, maka akan semakin besar kemungkinannya website kita mendapatkan impresi dan klik dari pengguna. 

Sebagai contoh ketika kita memasukkan keyword “Optimasi SEO On Page”, maka akan tampil hasil sebagai berikut: 

SEO ranking factors

Gambar Fitur Snippets dari hasil pencarian Google

Gambar di atas merupakan hasil yang ditampilkan oleh Google, terdapat salah satu konten blog yang menjadi Snippets Featured yang langsung menampilkan rangkuman jawaban dari pertanyaan yang banyak dimasukkan pengguna. Secara otomatis konten website tersebut mendapatkan posisi tertinggi pada SERP. Selain fitur snippets, Google juga biasa menampilkan website dengan iklan berbayar melalui Google Ads pada ranking teratas. 

SEO ranking factor

Gambar hasil perangkingan dari mesin pencari Google

Gambar berikutnya merupakan hasil perangkingan di luar fitur snippets. Tampilan pada gambar ini merupakan ranking organik (Organic Ranking) dari SERP itu sendiri. 

 

Kenapa Ranking Pencarian itu Penting? 

Salah satu tujuan SEO adalah mendapatkan peringkat yang lebih baik. Dengan mendapatkan peringkat yang lebih baik, maka akan turut meningkatkan traffic organik ke website Anda. Sederhananya, dengan peringkat yang lebih baik, maka turut meningkatkan jumlah traffic dan pengunjung ke arah website kita. 

Untuk mengilustrasikannya lebih jauh, mari kita lihat data dari Semrush berkaitan dengan data rata-rata rasio klik-tayang (CTR) dari hasil teratas Google:

unnamed 6

Dari data ini dapat dilihat dengan jelas bahwa, semakin tinggi peringkat halaman Anda, maka semakin banyak pengguna yang mengklik konten Anda. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak hanya bertujuan untuk mencapai halaman pertama Google, tetapi juga berusaha untuk mendapatkan peringkat setinggi mungkin di halaman pertama tersebut, jika menginginkan traffic yang lebih banyak lagi. 

 

Bagaimana Mesin Pencari Melakukan Perangkingan? 

Dalam menentukan peringkat halaman, Google perlu untuk menemukan website Anda terlebih dahulu. Untuk lebih detailnya, berikut cara Google melakukan perangkingan : 

  • Crawling: Pertama, Googlebot (perayap web) akan merayapi situs Anda. Artinya, ia berpindah dari satu halaman ke halaman lain dan “membaca” kontennya.
  • Indexing: Kemudian, Google menyimpan informasi tentang halaman Anda dalam database besar yang disebut indeks Google.
  • Ranking: Jika halaman memenuhi kriteria Google, halaman tersebut akan disajikan sebagai hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang relevan.

 

Algoritma Ranking Google 

Peringkat SEO website Anda pada mesin pencari, juga dipengaruhi oleh algoritma mesin pencari itu sendiri.  Algoritma Google adalah serangkaian proses internal yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat halaman.

Berikut beberapa fakta yang dapat kita ketahui tentang algoritma Google:

  • Google menyebut algoritma ini sebagai “ranking systems”
  • Banyak sistem peringkat yang berlaku untuk semua permintaan pencarian
  • Beberapa sistem hanya digunakan untuk jenis kueri tertentu. Misalnya, sistem review produk hanya berlaku untuk pemeringkatan halaman review produk.
  • Algoritmanya mempertimbangkan sejumlah besar faktor peringkat dan sinyal
  • Algoritma terus diperbarui. Pembaruan kecil terjadi setiap hari. Pembaruan algoritma Google yang lebih besar (juga disebut pembaruan algoritma “inti”) terjadi beberapa kali dalam setahun.

Selama bertahun-tahun, Google telah secara resmi mengkonfirmasi pentingnya beberapa faktor. Berikut beberapa contoh faktor ranking SEO yang telah dikonfirmasi Google:

  • Relevansi konten: Google menentukan apakah suatu halaman relevan dengan permintaan pencarian dan memberi peringkat pada halaman yang paling relevan.
  • Kualitas konten: Google menggunakan berbagai cara untuk mengidentifikasi kualitas untuk menentukan peringkat halaman.
  • Backlinks: Tautan yang relevan dari situs lain membantu Google mengidentifikasi kepercayaan (trust) serta relevansi.
  • Kedekatan fisik: Google mempertimbangkan seberapa jauh jarak suatu bisnis dari lokasi pencari untuk hasil pencarian lokal 
  • Mobile Friendly: Halaman yang dioptimalkan untuk perangkat seluler memiliki peringkat yang  lebih baik di hasil penelusuran seluler Google. 
  • Page Performance: Google menggunakan serangkaian metrik yang disebut Core Web Vitals untuk menentukan seberapa baik kinerja halaman dalam hal kecepatan, daya tanggap, dan stabilitas visual. 
  • HTTPS: Google mendeteksi apakah suatu situs web menggunakan koneksi terenkripsi yang aman dan memberikan sedikit keuntungan bagi mereka. 

 

Selain itu juga terdapat beberapa faktor peringkat negatif. Adanya hal-hal berikut pada situs web Anda juga dapat menyebabkan peringkat yang lebih buruk atau bahkan hukuman dari Google:

  • Pop-up yang mengganggu: Menggunakan pop-up yang mencegah atau menyusahkan pengguna mengakses konten pada perangkat seluler. 
  • Keyword Stuffing: Menggunakan kata kunci yang tidak relevan atau penggunaan kata kunci tertentu secara berlebihan. 
  • Tautan tidak wajar: Segala upaya untuk memanipulasi PageRank (termasuk pembelian tautan, pertukaran tautan, tautan berkualitas rendah, dll.) juga dapat memperburuk ranking website. 

Sekali lagi, Google cenderung membatasi informasi tentang cara kerja algoritma pemeringkatan mereka. Terutama karena algoritma adalah informasi bisnis milik mereka. Oleh karenanya kita tetap perlu melakukan analisis mendalam tersendiri terkait performa website kita dengan cara atau algoritma mesin pencari. 

Baca Juga: Checklist dan Panduan Lengkap Optimasi SEO On Page 

 

Cara Meningkatkan SEO Ranking 

Untuk meningkatkan peringkat SEO, disarankan untuk melakukan optimasi secara holistik.  Jangan hanya berfokus pada satu faktor saja (misalnya mendapatkan lebih banyak backlink). Sebaliknya, lihat secara komprehensif semua aspek SEO pada situs web Anda, dan cobalah untuk meningkatkan di semua bidang atau aspek. Beberapa aspek SEO tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah proses menemukan dan menganalisis kata kunci yang akan meningkatkan ranking. Proses ini akan membantu Anda memilih kata kunci yang paling efektif, terutama berdasarkan kriteria volume pencarian, tingkat kesulitan kata kunci, maupun search intent. 

Memilih kata kunci yang tepat dan memahami maksud di baliknya akan membantu Anda memastikan konten Anda relevan dengan permintaan pencarian.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Kualitas konten adalah inti dari SEO. Namun bagaimana Anda mendefinisikan konten yang berkualitas?

  • Pertama, konten Anda harus komprehensif. Artinya, dapat menjawab semua pertanyaan pengguna tentang topik yang dicari. 
  • Kedua, konten Anda harus reliable atau dapat diandalkan. Artinya konten Anda harus dapat dipertanggung jawabkan dengan memuat 4 elemen penting terkait kualitas konten yakni experience, expertise, authoritativeness, dan trustworthiness (E.E.A.T). 
  • Konten berkualitas juga harus unik. Dalam hal Ini berarti kita harus menyediakan konten yang original, data yang faktual, media dan ilustrasi yang original, dan contoh-contoh yang asli dan relevan. 
  • Konten harus up-to-date. Faktanya konten dengan isi yang segar atau terbaru bisa menjadi faktor peringkat untuk kueri tertentu. 
  • Readability konten yang bagus. Dalam hal ini konten kita harus mudah dibaca. Pastikan juga konten Anda memiliki struktur yang memudahkan pengguna untuk melakukan skimming. 

Baca Juga: 7 Tips Membuat Winning Content Writing 

3. Dapatkan Backlinks yang Berkualitas

Tautan balik atau biasa kita sebut backlinks telah membantu Google memberi peringkat halaman sejak awal. Mengapa backlinks ini berpengaruh? Sederhananya adanya backlinks ini mengindikasikan kualitas website kita. Oleh karena itu, jika banyak halaman otoritas tinggi tertaut ke halaman Anda, ini merupakan tanda yang bagus bahwa halaman Anda memiliki kualitas yang tinggi. 

Namun kita juga perlu berhati-hati, pada kenyataannya saat ini, terdapat banyak cara untuk mendapatkan lebih banyak backlink, yang mana proses ini disebut link building. Google melarang manipulasi tautan apa pun​​, terutama untuk aktivitas pembelian tautan.

4. Tingkatkan Performa SEO Teknis 

Technical SEO berarti mengoptimalkan semua aspek teknis pada situs website Anda. Tujuan utamanya adalah memastikan Google dan mesin pencari lainnya dapat merayapi dan mengindeks situs web Anda dengan benar. Dalam aspek ini, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, di antaranya: 

  • Meningkatkan arsitektur dan navigasi situs
  • Mempercepat situs web Anda
  • Memastikan keramahan seluler
  • Menggunakan elemen SEO pada halaman yang benar
  • Memperbaiki masalah umum (seperti duplikat konten, masalah HTTP, kesalahan pengalihan, dll.)

Itu tadi penjelasan mengenai faktor ranking SEO, beserta tips untuk meningkatkan peringkat website. Untuk mencapai kesuksesan dalam peringkat SEO, penting untuk memahami dan mengikuti faktor-faktor utama yang mempengaruhinya. Dengan fokus pada konten berkualitas, pengalaman pengguna yang baik, dan pengoptimalan yang efektif, Anda dapat meningkatkan peringkat situs web Anda secara signifikan.

Baca Juga: Tips Sukses SEO Copywriting untuk Traffic Berkualitas 

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts