TABLE OF CONTENT
  • SEO
  • >
  • Panduan Melakukan Technical SEO Audit
Panduan Melakukan Technical SEO Audit
Tech SEO Audit

Apa itu technical SEO audit?

Apa itu technical SEO audit, sebenarnya technical SEO audit adalah proses menganalisa aspek teknis sebuah website terhadap mesin pencari. Technical audit ini memastikan search engine dapat meng crawling hingga Indexing di website.

Pentingnya melakukan technical SEO audit

Technical SEO audit sangat penting, jika kita telah membuat konten yang bagus dan helpfull sesuai saran dari search engine yang mengutamakan pembaca, kita juga harus memastikan bahwa konten tersebut tampil di search engine, karena search engine tidak dapat crawling ke website. Pertama yang dipastikan pada technical SEO audit ini adalah search engine dapat crawling ke website kita.

Technical SEO audit juga bisa dilakukan berkala agar masalah teknis di website lebih cepat diperbaiki. Tujuan utama technical SEO audit adalah menaikan performa website di search engine.

Cara melakukan technical SEO Audit

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat melakukan technical SEO Audit. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan technical SEO audit. Disini kami menggunakan CMS WordPress. Berikut adalah langkah langkah melakukan technical SEO Audit.

Pemeriksaan Kinerja Situs Web (PageSpeed)

Periksa kecepatan situs web dengan menggunakan alat seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix.

Pastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan untuk kecepatan dan responsif di perangkat mobile.

Analisis Robots.txt

Periksa file `robots.txt` Anda untuk memastikan tidak ada blokade yang tidak perlu untuk mesin telusur. Pastikan anda allow halaman yang ingin anda tampilkan pada search engine dan disallow pada halaman yang tidak anda ingin tampilkan ke search engine, jika anda menggunakan WordPress CMS maka anda hanya perlu menginstal plugin untuk membantu anda mengatur Robots.txt.

Pastikan halaman yang ingin Anda indeks oleh mesin telusur tidak diblokir. Jika anda menggunakan WordPress CMS pastikan pada Pengaturan -> Membaca anda tidak mencentang bagian halangi mesin pencari untuk mengindeks situs ini seperti gambar dibawah.

centangindexing 1

Pengindeksan Halaman

Periksa indeks Google dengan menggunakan perintah “site:namadomain.com” atau “site:namadomain.com/urlspesifik” di mesin telusur. Pastikan halaman utama atau spesifik halaman lainnya sudah terindeks. Jika belum terindex anda bisa cek pengindeksan di Google Search Console dan meminta pengindeksan dengan menggunakan Google Search Console.

GSCurlcehcker 1

Lalu cek hasilnya,

hasilurltesgsc 1

Jika hasilnya seperti gambar diatas, anda bisa minta pengindeksan melalui Google Search Console agar halaman terindeks. Dan hasilnya seperti dibawah ini.

hasilurltesgscsukses

Optimasi Sitemap

Pastikan situs Anda memiliki struktur navigasi yang jelas dan ramah pengguna.

Gunakan peta situs XML untuk membantu mesin telusur memahami struktur situs Anda.

Jika anda menggunakan CMS WordPress anda bisa menggunakan bantuan plugin seperti Rank Math, Yoast dan sebagainya. Disini kami menggunakan Rank Math, untuk contoh mengaktifkan Sitemap menggunakan Rank Math seperti gambar dibawah.

settingsitemap

Pastikan juga anda menyertakan post, halaman untuk peta situssettingsitemappostpage

Optimasi Gambar

Pastikan gambar dan media di situs Anda dioptimalkan untuk kecepatan dengan mengompresi gambar dan menggunakan format yang sesuai. Kami menyarankan menggunakan format WebP. Dan juga jangan lupa menambahkan judul dan Alt text pada gambar untuk panduan menulis alt text anda bisa langsung melihat halaman berikut, Panduan Google menulis Alt text.

Keamanan dan Sertifikat SSL

Pastikan situs Anda aman dengan menggunakan sertifikat SSL (HTTPS). Untuk pengecekan menggunakan SSL anda bisa cek menggunakan SSL Checker.

Periksa keamanan situs Anda dan pastikan tidak ada masalah yang berkaitan dengan malware atau kerentanan. Dan jika anda menggunakan WordPress CMS maka sebaiknya jangan pernah menggunakan Plugin bajakan, karena kemungkinan website terkena serangan.

Schema Markup / Structured Data

Pastikan Anda menggunakan markup struktural seperti Schema.org untuk membantu mesin telusur memahami konten Anda. Jika anda menggunakan WordPress CMS maka akan lebih mudah karena akan dibantu dengan plugin SEO, untuk pengecekan atau validasi schema markup atau structured data anda bisa menggunakan Google Rich Result Test atau Schema Markup Validator.

Mobile Friendly Test

Pastikan situs Anda mudah dinavigasi dan memiliki waktu muat halaman yang cepat.

Periksa bahwa situs Anda ramah perangkat seluler dan responsif. Karena sekarang banyak yang mengakses halaman dari perangkat mobile, maka dari pihak search engine pun mengutamakan mobile dahulu. Untuk mengecek Mobile friendly anda bisa menggunakan Google Mobile Friendly Test.

Untuk melakukan technical SEO audit, Anda dapat menggunakan berbagai alat dan sumber daya online, seperti Google Search Console dan alat SEO lainnya. Technical SEO Audit secara teratur adalah langkah penting dalam memastikan situs web Anda tetap dioptimalkan untuk peringkat mesin telusur dan pengalaman pengguna yang baik.

Liked what you just read? Sharing is caring.

Share with Facebok
Share with X
Share with Linkedln
Artikel Serupa
AI digital marketing
AI dalam Digital Marketing: Peran, Tantangan, Tools dan Cara Penerapannya

Dalam era digital yang terus berkembang, transformasi digital telah menjadi suatu...

Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing
Tips Kebanjiran Orderan dengan Strategi SEO Content Marketing

Era modern seperti saat ini, terdapat banyak konten yang dimanfaatkan sebagai...

Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki
Ingin Jadi CFO? Ini Skill dan Mindset CFO yang Harus Kamu Miliki!

Menjadi CFO (Chief Financial Officer) memiliki tanggung jawab yang besar dalam...

Creative Campaign yang efektif
Tips Membuat Creative Campaign yang Efektif beserta Jenisnya!

Creative Campaign yang efektif menjadi hal yang penting bagi beberapa perusahaan...

Bootstrapping pada Bisnis: Strategi Membangun Bisnis dengan Modal Kecil Tanpa Investor

Memulai bisnis adalah impian banyak orang, namun kenyataannya tidaklah mudah. Berdasarkan...

7 Cara Optimasi Marketplace

Marketplace adalah sebuah platform daring (online) yang berfungsi sebagai perantara atau...

Apa itu Docker? Penjelasan, Fungsi, dan Cara Kerja

Docker adalah sebuah platform perangkat lunak open-source yang memungkinkan aplikasi dan...

Mari tingkatkan potensi bisnis Anda dengan solusi strategis dan hasil yang nyata

Siap membawa bisnis Anda naik level? Konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami dan wujudkan pertumbuhan yang

Upgrade Skill Digital Marketing Tim Anda

Program pelatihan eksklusif untuk tim perusahaan

  • Materi praktis: digital marketing, data analytics, dan growth strategy
  • Disesuaikan dengan kebutuhan & industri bisnis Anda
  • Pendampingan langsung dari praktisi berpengalaman
  • Hasil nyata: peningkatan kompetensi & performa tim

Mulai Belajar