Calon pelanggan Anda dihadapkan pada banyak pilihan di sepanjang perjalanan pembelian mereka, dan sebagian besar tempat pertama yang mereka kunjungi ketika hendak melakukan pembelian adalah pencarian Google. Melalui penelusuran produk atau layanan tersebut akan terlihat Google Business Profile (GBP) yang akan menampilkan profil bisnis secara informatif.
Di bawah ini akan dibahas mengenai checklist dan cara optimasi Google Business Profile untuk mengelola profil Google Bisnis Anda, sehingga dapat mendorong lebih banyak kunjungan, prospek, dan pendapatan dari calon pelanggan lokal.
Mengapa Google Business Profile Penting?
Google Business Profile, sebelumnya dikenal sebagai Google My Business, yang merupakan layanan gratis melalui Google sebagai bagian penting dari setiap strategi pencarian lokal. Google Business Profile adalah faktor utama saat Google menampilkan dan mengurutkan hasil penelusuran untuk penelusuran lokal (Local SEO).
Pernahkah Anda mencari bisnis atau layanan di Google dan menemukan profil bisnis yang sangat informatif, dengan foto, alamat, dan ulasan pelanggan?
Nah, itu semua berkat Google Business Profile. Google Business Profile adalah platform yang memungkinkan pemilik bisnis untuk menampilkan informasi mereka di hasil pencarian Google, Google Maps, dan Google+.
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki Google Business Profile yang teroptimasi dapat memberikan keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Google Business Profile begitu penting di antaranya :
1. Meningkatkan Visibilitas
Google adalah mesin pencari yang paling populer di dunia. Dengan memiliki profil bisnis yang terdaftar di Google, bisnis Anda dapat muncul di hasil pencarian yang relevan, serta meningkatkan visibilitas sehingga menambah kemungkinan pelanggan baru menemukan profil bisnis Anda dengan mudah.
2. Pembaruan Informasi Terkini
Dalam profil bisnis Google, Anda dapat memperbarui informasi seperti jam operasional, nomor telepon, dan alamat dengan mudah. Ini memastikan bahwa pelanggan selalu mendapatkan informasi terkini tentang bisnis Anda.
3. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan
Profil bisnis Google mencantumkan ulasan dan penilaian dari pelanggan sebelumnya. Ulasan positif dan tanggapan yang baik dari bisnis Anda dapat membangun kepercayaan dan mempengaruhi calon pelanggan untuk memilih Anda.
4. Mempermudah Penemuan Bisnis
Dengan menyediakan informasi yang akurat dan lengkap di profil bisnis Google, pelanggan dapat dengan mudah menemukan alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya. Ini membuat pelanggan lebih mudah untuk menghubungi atau mengunjungi bisnis Anda.
5. Interaksi Dengan Pelanggan
Melalui profil bisnis Google, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui fitur tanggapan ulasan dan postingan. Hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk menjawab pertanyaan, memberikan informasi tambahan, atau mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens yang lebih luas.
Syarat Mendaftarkan Bisnis pada Google Business Profile
Hampir semua jenis bisnis dapat membuat atau mendaftarkan profil bisnisnya pada Google Business Profile. Jika Anda memenuhi salah satu dari dua persyaratan berikut, maka bisnis Anda dapat bergabung.
- Anda menjalankan bisnis yang memiliki lokasi fisik, dan bisnis tersebut terbuka untuk umum selama jam operasional yang ditayangkan.
- Pastikan Anda mengetahui wilayah geografi mana saja yang dapat dijangkau oleh bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terhadap customer.
Cara Optimasi Google Business Profile
Google Business Profile (GBP) dapat membantu Anda untuk membuat profil terperinci untuk bisnis lokal melalui serangkaian bidang atau kategori yang telah dipilih sebelumnya. Berikut beberapa step/checklist optimasi GBP yang dapat Anda prioritaskan untuk mendapatkan hasil terbaik.
1. Menampilkan Informasi Bisnis Secara Lengkap dan Akurat
Tahap pertama saat mendaftar GBP adalah dengan mengisi dan melengkapi informasi yang dapat Anda berikan terkait bisnis Anda kepada audiens. Paling tidak pastikan Anda telah menautkan beberapa informasi tercantum di bawah ini :
- Nama Bisnis : Secara teknis nama bisnis Anda harus cocok dengan situs web Anda untuk mematuhi pedoman Google
- Alamat : Pastikan alamat Anda di situs web Anda tertulis dengan format yang sama seperti Google memformatnya
- Nomor Telepon : Tautkan nomor telepon/handphone bisnis Anda dan pastikan dapat dihubungi oleh calon pelanggan.
- Alamat Situs Web : Gunakan alamat halaman beranda atau alamat website Anda.
- Layanan : Pilih layanan bisnis yang relevan dari opsi yang diberikan Google kepada Anda
- Bio :Tulis deskripsi bisnis yang menarik maksimal 150 kata. Anda tidak perlu menambahkan “kata kunci” ke bagian ini karena tidak digunakan sebagai faktor peringkat.
- Foto : Jangan lupa untuk menyertakan logo Anda, bagian luar bisnis, gambar sampul, dan sesuatu yang terkait dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan kualitas yang baik.
- Area layanan : Lokasi tempat bisnis Anda beroperasi atau dapat melayani pelanggan.
- Jam Operasional : Pastikan untuk mencatat kapan hari dan jam bisnis Anda beroperasi atau tutup.
- Umpan produk (jika berlaku) : Jika Anda menjual produk, Anda dapat mengunggah foto produk, nama produk, kategori produk, harga, deskripsi, dan tautan untuk membeli produk di situs web Anda
- Tanggal buka (bulan dan tahun) : Anda juga dapat menyertakan hari, bulan dan tahun kapan bisnis Anda berdiri/buka.
- Dapatkan verifikasi
Setelah pengisian informasi bisnis secara lengkap dan akurat, maka langkah selanjutnya agar calon pelanggan dapat melihat bisnis Anda di penelusuran Google, adalah dengan mendapatkan verifikasi cepat. Ini adalah cara Google memvalidasi keabsahan profil bisnis Anda dan memastikan Anda memenuhi Persyaratan Kelayakan Google.
2. Dapatkan ulasan bisnis
Ulasan bisnis memang sebuah aspek penting yang harus dioptimasi meskipun berapa di luar kendali Anda. Bukan berarti untuk mendapatkan ulasan yang positif tidak bisa diusahakan. Dengan terus mengembangkan kepuasan pelanggan pada bisnis Anda, maka ulasan (review) pelanggan juga positif.
Rating atau review yang baik ini adalah faktor peringkat yang sangat penting. Perlu dipastikan juga Anda mendapatkan ulasan dari pelanggan asli, jangan melakukan pemalsuan atau menambahkan ulasan palsu.
3. Respon semua ulasan
Jika Anda mendapat ulasan negatif, jangan langsung membela diri. Bersikaplah ringkas, sopan, dan tawarkan solusi untuk memperbaiki situasi, seperti undangan terbuka untuk menelepon atau mengirim email. Jika Anda mendapat ulasan positif, jangan lupa untuk tetap menanggapi dan ucapkan terima kasih.
4. Optimalkan situs web Anda untuk layanan atau produk yang Anda jual
Dengan mengoptimalkan situs web Anda juga dapat meningkatkan visibilitas bisnis pada hasil pencarian. Melalui penggunaan judul halaman, tag heading, tautan internal, dan konten berkualitas tinggi dengan benar, Google dapat menarik informasi dari situs Anda untuk ditambahkan ke profil Google Business dan daftar peta Anda.
Jika Anda berhasil membuat Google menarik informasi tersebut, maka akan dapat memberikan kredibilitas lebih pada bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing lainnya.
5. Buat dan pertahankan strategi postingan Google Bisnis
Gunakan postingan Google Bisnis untuk menyoroti penawaran dan informasi atau berita perusahaan yang ingin diketahui oleh pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan. Perbarui seperlunya melalui posting konten, berita, siaran pers, posting blog, produk baru, penjualan, dan lainnya.
6. Menanggapi FAQ
Calon pelanggan biasanya memiliki sejumlah pertanyaan yang diajukan dan dapat dilihat oleh publik. Pastikan Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan respon yang cepat dan akurat.
7. Gunakan Fitur-fitur Tambahan
Jangan lupa untuk menjelajahi dan mengaktifkan fitur-fitur tambahan di Google Bisnis seperti Pesan Langsung atau Janji Temu untuk mempermudah pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda. Menggunakan fitur-fitur ini dapat membantu Anda meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan dan mengoptimalkan pengalaman mereka.
8. Pantau Kinerja Profil Bisnis Anda
Lihatlah statistik dan data yang tersedia di Google Bisnis untuk melacak kinerja profil Anda. Anda dapat melihat berapa kali profil Anda ditampilkan, berapa kali orang menghubungi atau mengunjungi situs web Anda, dan banyak lagi. Gunakan informasi ini untuk mengukur keberhasilan strategi pemasaran Anda.
9. Bersikaplah akurat, empati, dan autentik
Profil Google Bisnis Anda akan muncul di pencarian Google saat orang mencari merek Anda, sehingga berikan informasi yang akurat kepada mereka. Orang-orang beralih ke Google untuk mendapatkan informasi, jadi penting untuk memikirkan tentang kebutuhan informasi pelanggan terhadap profil bisnis Anda. Selain itu selalu bersikaplah autentik terhadap merek Anda dan konsisten saat menanggapi ulasan, FAQ, dan pesan.
Penjelasan di atas merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan beserta step yang dapat dilakukan saat sedang melakukan optimasi Google Business Profile untuk meningkatkan kinerja Local SEO.
Tidak hanya sebatas mendaftarkan bisnis Anda pada GBP, namun konsistensi dalam meng-update informasi, menjaga interaksi dan keterlibatan audiens, serta berupaya meningkatkan kualitas layanan bisnis, juga menjadi faktor penentu keberhasilan visibilitas bisnis Anda pada Google melalui optimasi Google Business Profile tersebut.
Ingin bisnis Anda teroptimasi lokal SEO dengan Google Business Profile? Kunjungi website KreasiAds untuk informasi lengkap dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda sekarang juga!