Local Citations, atau yang sering disebut juga sebagai rujukan lokal, adalah salah satu faktor penting dalam strategi optimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO) bagi bisnis lokal.
Dalam dunia digital yang semakin berkembang pesat, memiliki brand presence secara online yang kuat sangatlah penting bagi kesuksesan suatu bisnis. Artikel ini akan membahas tentang apa itu local citations, contoh local citations, seberapa penting local citations untuk SEO, hingga cara membuat local citations.
Apa Itu Local SEO?
Sebelum membahas apa itu local citations, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu soal local SEO. Local SEO adalah strategi SEO yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah bisnis atau situs web dalam hasil pencarian yang berhubungan dengan lokasi geografis tertentu.
Local SEO fokus pada upaya untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian organik, terutama ketika pengguna mencari layanan atau produk di area geografis tertentu.
Tujuannya adalah untuk membuat bisnis lebih terlihat bagi orang-orang yang berada dalam jarak geografis tertentu dari lokasi fisik bisnis tersebut. Dengan demikian, local SEO membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial di wilayah mereka yang relevan secara geografis.
Salah satu strategi local SEO adalah local citations.
Apa Itu Local Citations?
Local citations dalam konteks SEO adalah segala informasi tentang bisnis Anda yang terdaftar secara online di direktori bisnis lokal, situs web ulasan, dan platform lain yang berfokus pada lokasi geografis tertentu. Informasi ini diantaranya adalah nama bisnis, alamat, hingga nomor telepon atau biasa disebut NAP citation.
NAP citation ini menjadi informasi dasar apabila Anda ingin mendaftarkan bisnis atau listing pada suatu platform. Namun, selain NAP citation, Anda juga bisa menambahkan informasi lain seperti:
- Deskripsi bisnis
- Kategori layanan atau jenis industri bisnis Anda
- Platform media sosial
- Rating dan review dari pengguna
- Foto dari bisnis atau produk yang Anda jual
Banyak yang percaya bahwa local citations adalah salah satu faktor ranking dalam konteks lokal. Hal ini karena tujuan dari local citations adalah untuk memperkuat otoritas bisnis Anda secara lokal di mata mesin pencari, seperti Google. Oleh karena itu, local citations termasuk dalam local SEO.
Pentingnya NAP Citation yang Konsisten
Dalam praktiknya, local citations bisa dibuat oleh siapapun, bukan hanya pemilik bisnis. Karena dimanapun bisnis Anda disebutkan, baik itu sosial media bahkan artikel, dapat dikategorikan sebagai local citations asalkan menyebutkan nama dan informasi kontak bisnis Anda.
Konsekuensinya adalah Anda harus terus memantau minimal NAP citation dari bisnis Anda. Jangan sampai informasi penting seperti nama bisnis, alamat, dan nomor telepon beda antar local citations karena dapat membuat calon pelanggan Anda bingung.
Selain itu, NAP citation yang tidak konsisten dapat membuat visibilitas bisnis Anda di mesin pencari turun karena Google menganggap bisnis Anda tidak terpercaya karena informasinya tidak konsisten dan tidak update.
Selain itu, kepercayaan audience terhadap bisnis Anda juga akan menurun. Hal ini sebagaimana riset yang dilakukan oleh Brightlocal yang menunjukkan bahwa 80% audience kehilangan kepercayaan terhadap suatu bisnis apabila ada ketidaksesuaian dan inkonsistensi nomor telepon dan nama bisnis.
Pentingnya Local SEO dan Local Citations
Local citations sebagai bagian dari local SEO memiliki peran yang cukup penting bagi bisnis. Riset berjudul “Understanding Consumers’ Local Search Behavior” yang dilakukan oleh Google pada tahun 2014 menemukan bahwa:
- 50% dari konsumen yang melakukan pencarian lokal melalui smartphone mengunjungi toko dalam kurun waktu satu hari, begitu juga dengan 34% konsumen yang melakukan pencarian lokal di komputer/tablet.
- Pencarian lokal menghasilkan lebih banyak pembelian dibandingkan dengan pencarian non-lokal. 18% dari pencarian lokal di smartphone menghasilkan pembelian dalam satu hari dibandingkan 7% dari pencarian non-lokal.
Hasil riset tersebut membuktikan bahwa peran local SEO, termasuk local citations, sangat penting bagi bisnis. Local citations tidak hanya mampu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di pencarian lokal, tetapi juga dapat meningkatkan revenue bagi bisnis Anda.
Tujuan Local Citations
Dilansir dari Brightlocal, terdapat dua tujuan local citations, yaitu:
- Local SEO
Dalam SEO lokal, kutipan adalah referensi online terhadap nama bisnis, alamat, dan nomor telepon (NAP). Google dan mesin pencari lainnya mempertimbangkan ini saat menilai otoritas lokal situs web bisnis. Ketidaksesuaian dan kesalahan berpotensi merugikan peringkat SEO lokal Anda, jadi sangat penting untuk fokus pada konsistensi NAP di semua situs daftar online.
- Customer Experience
Detail kontak yang salah secara online dapat membingungkan atau mencegah calon pelanggan sebelum mereka bahkan menghubungi bisnis. Dengan begitu banyak bisnis untuk dipilih, penting bagi pelanggan untuk bisa menelepon atau menemukan bisnis di dekat mereka dengan sejelas mungkin. Jika mereka tidak dapat menghubungi bisnis dengan mudah, selalu ada penyedia lain yang menunggu di sela-sela.
Dengan memiliki banyak local citations yang konsisten dan akurat, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda di hasil pencarian lokal. Mesin pencari menggunakan informasi ini sebagai faktor penting untuk menilai keotentikan dan relevansi bisnis Anda terhadap pencarian pengguna.
Jadi, semakin banyak dan konsisten local citations Anda, semakin baik kesempatan bisnis Anda untuk muncul di hasil pencarian lokal.
Cara Membuat Local Citations
Berbeda dengan link building, membuat dan mengelola local citations bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja, karena banyaknya platform untuk local citations, waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan mengelolanya akan sangat membutuhkan waktu.
Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia listing management tools untuk memudahkan pembuatan dan pengelolaan local citations.
Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat local citations:
1. Identifikasi dan Cari Platform yang Relevan
Temukan platform online yang populer di wilayah geografis Anda. Beberapa platform terkenal di Indonesia misalnya Google Business Profile, Yelp, Foursquare, Facebook Pages Place, Bing Places, dan platform lokal lainnya.
2. Daftarkan Bisnis Anda
Buat akun atau profil bisnis Anda di setiap platform yang sudah Anda identifikasi dan pilih. Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta, termasuk nama bisnis, alamat lengkap, nomor telepon, jam operasional, situs web, dan deskripsi singkat tentang bisnis Anda.
3. Konsisten dan Akurat
Pastikan informasi yang Anda berikan konsisten di setiap platform. Setiap rincian, seperti nama bisnis atau alamat, harus identik di semua tempat. Ini membantu meningkatkan kredibilitas dan otoritas bisnis Anda di mata mesin pencari dan calon pelanggan.
4. Verifikasi Informasi
Beberapa platform memerlukan verifikasi untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik atau perwakilan bisnis yang sah. Biasanya Anda akan mendapatkan verifikasi telepon atau bahkan kode verifikasi melalui pos.
5. Perbarui Secara Berkala
Pastikan untuk memeriksa kembali informasi bisnis Anda secara berkala dan memperbarui jika ada perubahan, seperti jam operasional, nomor telepon, atau alamat. Hal ini penting untuk menjaga konsistensi dan akurasi informasi bisnis Anda.
6. Pantau dan Tanggapi Ulasan
Setelah profil bisnis Anda aktif, pantau ulasan dan tanggapi dengan sopan baik untuk ulasan positif maupun ulasan negatif. Interaksi positif dengan pelanggan dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda secara online.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membangun local citations dan memperkuat kehadiran online bisnis Anda di tingkat lokal.
Sekali lagi, mengelola local citations melibatkan memastikan informasi bisnis Anda terdaftar dengan benar di berbagai platform online yang relevan dengan lokasi geografis Anda, dan secara berkala memperbarui dan memantau informasi tersebut agar tetap akurat. Ini bisa termasuk situs web seperti Google Business Profile, Yelp, Yellow Pages, dan direktori bisnis lokal lainnya. Anda juga bisa menggunakan platform listing management untuk memudahkan prosesnya.
Contoh Local Citations
Berikut contoh local citations di beberapa platform seperti Google Business Profile (GBP)
Contoh Local Citations di Google Business Profile
Contoh Local Citations di Website
Perlu Berapa Banyak Membuat Local Citations?
Pertanyaan yang mungkin muncul soal local citations adalah seberapa banyak local citations yang dibutuhkan?
Seperti halnya dengan tautan, tidak ada angka pasti yang harus ditargetkan. Dibandingkan dengan fokus pada angka dan kuantitas, hal yang seharusnya dilakukan terkait local citations adalah membuat local citations yang baik dan akurat secara konsisten.
Semakin banyak local citations yang dimiliki oleh bisnis Anda dengan kualitas yang baik, akurat, dan konsisten, semakin baik untuk visibilitas pencarian dari konsumen Anda.
Tips lain yang membantu adalah membandingkan jumlah local citations yang Anda miliki dengan pesaing.
Itulah pembahasa tentang local citations. Temukan informasi menarik seputar digital marketing hanya di KreasiAds. Di sini Anda juga berkonsultasi langsung dengan pada ahli kami, sebagai langkah yang tepat memajukan bisnis menggunakan kekuatan data dan teknologi utamanya melalui digital marketing. Tunggu apa lagi? Yuk konsultasikan sekarang di KreasiAds!