Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Apa itu Product Page? Penjelasan dan Cara Optimasinya melalui SEO

Produk page atau umumnya disebut halaman produk seringkali Anda temui ketika membuka website yang menjual barang. Untuk mengenal lebih jauh tentang halaman satu ini dan cara mengoptimasinya sebagai upaya mendatangkan revenue, simak artikel berikut.

Apa itu product page?

Product page adalah halaman web atau platform digital tempat produk tertentu dipamerkan dan informasi rinci tentang produk tersebut disediakan. Biasanya mencakup fitur seperti gambar produk, deskripsi, spesifikasi, harga, ulasan, dan opsi untuk membeli atau menambahkan produk ke keranjang belanja. 

Product page biasanya ditemukan di website e-commerce, tetapi juga dapat muncul di jenis website lain tempat produk dijual atau dipromosikan. Halaman ini berfungsi sebagai etalase virtual tempat calon pelanggan dapat mempelajari suatu produk dan membuat keputusan pembelian yang tepat.

Ketika website Anda terdapat product page, Anda harus mengoptimasinya secara berkala. Dilansir dari Semrush, cara optimasi halaman tersebut yakni dengan SEO atau disebut juga dengan product page SEO.

Apa itu product page SEO?

Product page SEO adalah optimasi product page pada website untuk menaikkan ranking di search engine. Strategi ini penting untuk situs seperti e-commerce yang bertujuan untuk menarik organic traffic dan mendorong penjualan.

Cara optimasi product page SEO

Mengoptimalkan SEO halaman produk melibatkan beberapa langkah untuk memastikan bahwa setiap halaman produk di indeks dan diberi peringkat secara efektif oleh mesin pencari. Berikut panduan langkah demi langkah untuk mengoptimalkan SEO halaman produk:

1. Susun kembali strategi keyword

Anda dapat menyusun strategi keyword terbaru untuk mengoptimasi product page. Caranya dengan mencari keyword baru atau menganalisis keyword yang telah digunakan sebelumnya. Selanjutnya berdasarkan keyword tersebut, pilih yang sering dicari oleh konsumen guna meningkatkan visibilitas pada search engine.

2. Optimasi judul dan meta deskripsi

Pengoptimalan pada judul dan meta deskripsi sangatlah penting, mengingat ketika orang-orang mencari produk pada search engine, kedua hal tersebut selalu muncul pertama kali. Pada judul, tulis nama produk beserta brand (jika ada) dan tipenya. Sama halnya dengan meta deskripsi, tulis spesifikasi produk tersebut secara ringkas dengan mencakup nama produk, brand, tipe, dan ukuran.

3. Buat deskripsi produk semenarik mungkin

Buat deskripsi produk yang unik, informatif, dan menarik yang menyoroti fitur, manfaat, dan spesifikasi utama. Sebab, hal ini bisa menarik konsumen untuk membeli produk Anda dan jangan lupa menambahkan keyword yang telah dicari.

4. Tambahkan ALT text pada gambar di product page

Penambahan ALT text penting untuk menambahkan informasi lebih lanjut terkait produk Anda. Bisa saja dengan menambahkan ALT text, gambar pada product page muncul pada Google Image hingga featured snippet yang tentu saja sangat menguntungkan Anda.

5. Implementasikan structured data

Dilansir dari Search Engine Journal, dengan menambahkan structured data pada product page, produk Anda bisa muncul pada featured snippet Google. Contoh structured data yang dapat ditambahkan, seperti rating dan jumlah ulasan.

6. Tambahkan FAQ

Menambahkan FAQ atau tanya jawab pada product page juga sangat penting, apalagi terkait dengan produk yang ditampilkan. Hal ini sangat membantu konsumen sebagai pertimbangan untuk membeli produk Anda. Pastikan informasi yang disampaikan pada FAQ jelas dan mudah dipahami oleh konsumen.

7. Optimasi juga untuk perangkat seluler (handphone)

Tidak hanya pada tampilan desktop, pada tampilan seluler turut diperhatikan juga kemudahan untuk mengaksesnya. Sebab, biasanya orang-orang menggunakan perangkat seluler untuk mengakses website produk maupun e-commerce, sehingga penting untuk mengoptimasinya. 

Caranya dengan memastikan terlebih dahulu apakah desain website responsif, bagaimana waktu pemuatannya, dan navigasi. Jika beberapa hal tersebut belum terpenuhi, maka Anda perlu mengoptimasinya.

Demikian penjelasan terkait produk page dan cara mengoptimasinya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Melakukan Riset Keyword Menggunakan Google Search Console

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts