Kupas tuntas masalah marketing bisnis Anda dengan booking Konsultasi GRATIS

Ekstensi Iklan pada Google Ads: Keuntungan dan Jenisnya

Jika Google Ads adalah bagian dari strategi pemasaran Anda, Anda mungkin selalu mencari cara untuk meningkatkan kinerja. Pastinya lebih banyak klik tidak cukup untuk bisnis Anda, namun Anda juga menginginkan lebih banyak klik berkualitas tinggi, dari jenis pengguna yang mengambil tindakan setelah mereka membuka Landing Page Anda.

 Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengubah setiap iklan saat Anda menguji A/B perbedaan kecil dalam salinan dan struktur – atau Anda dapat menggunakan ekstensi Google Ads. Simak penjelasan mengenai ekstensi iklan pada Google Ads berikut ini!

Apa yang dimaksud dengan ekstensi iklan (ad extensions)?

Ad extensions atau ekstensi iklan adalah fitur dari Google Ads yang sangat efektif untuk meningkatkan performa iklan. Google menampilkan ekstensi iklan Anda secara otomatis, tergantung pada konteks penelusuran yang sesuai dengan sinyal pengguna seperti maksud, lokasi, atau perangkat. Dalam implementasinya, Anda dapat membuat informasi secara lebih detail tentang bisnis dan jasa produk yang ditawarkan sehingga fitur ini memberikan nilai tambah bagi pengguna.

Keuntungan menggunakan ekstensi iklan pada Google Ads

Ada dua manfaat utama ekstensi iklan sehingga hampir setiap pengiklan dapat memperoleh manfaat darinya:

  1. Iklan tersebut memungkinkan Anda memberikan lebih banyak informasi: Teks iklan yang lebih besar memungkinkan Anda memberikan ads copy yang lebih kuat kepada target tentang alasan mereka harus mengklik iklan Anda.
  2. Mereka meningkatkan visibilitas Anda di SERP: Ukuran iklan yang diperluas lebih besar membuatnya lebih berdampak.

10 Jenis ekstensi iklan pada Google Ads

Setelah mengetahui mengenai ekstensi iklan pada Google Ads dan beberapa keuntungannya. Simak beberapa jenisnya berikut ini: 

1. Sitelink Extension

Pertama, Sitelink Extension adalah tautan tambahan pada iklan yang dapat mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu dari website Anda. Ini merupakan jenis ekstensi yang paling banyak dipakai oleh para pengiklan.

Menurut laporan WordStream, terdapat peningkatan CTR sebesar 8 persen dengan menggunakan Sitelink Extension. Penyebabnya karena pengguna lebih mudah untuk menemukan apa yang mereka cari dengan jawaban lebih cepat yang ditampilkan oleh jenis ekstensi iklan tersebut.

Pemakaian Sitelink Extension sering digunakan pada halaman ‘Hubungi Kami’, halaman produk penjualan, dan halaman testimonial.

2. Location Extension

Jenis ekstensi ini dapat membantu pelanggan untuk menemukan lokasi dari bisnis Anda. Sangat ideal untuk bisnis yang mengandalkan kunjungan langsung untuk transaksi.

Menyertakan alamat lokasi dalam campaign iklan berbayar adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keabsahan bisnis Anda. Orang akan lebih cenderung mempercayai perusahaan jika Anda terbuka tentang siapa dan di mana Anda beroperasi.

3. Call Extension

Call Extension memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk bisa menghubungi bisnis Anda secara langsung. Dengan menambahkan ekstensi ini pada campaign Google Ads, artinya Anda memberi kemudahan pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda sekaligus mendorong lalu lintas kunjungan yang lebih berkualitas.

Dalam praktiknya, Call Extension paling ampuh ketika dibuka pada perangkat seluler yang mana pengguna dapat dengan mudah mengklik nomor dan langsung menghubungi Anda dari halaman mesin pencari. 

4. Callout Extension

Extension ini sangat serbaguna karena memungkinkan Anda untuk menambahkan teks deskripsi pada campaign iklan. Teks deskripsi ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan selling point terkait produk atau layanan bisnis Anda sehingga menjadi lebih informatif dan mendetail.

Callout Extension dapat membantu pengiklan untuk memahami siapa target pasarnya dan bagaimana cara menarik perhatian pelanggan. Semakin banyak nilai dan informasi yang Anda tampilkan kepada audiens, tidak menutup kemungkinan iklan mendapat klik dari pengguna yang diarahkan ke situs bisnis Anda.

5. Image Extension

Image Extension memungkinkan Anda menggunakan gambar visual yang relevan untuk melengkapi iklan teks sehingga membantu meningkatkan performa iklan atau campaign Google Ads.

Dengan menambahkan gambar tentu akan membuat iklan Anda lebih atraktif. Namun sayangnya, tidak semua pengiklan memenuhi syarat untuk jenis ekstensi yang satu ini.

Setidaknya pengiklan harus memenuhi persyaratan tertentu seperti halnya akun Google Ads minimal telah berusia 90 hari, punya riwayat kepatuhan terhadap kebijakan Google, dan mempunyai campaign aktif yang telah berjalan selama satu bulan. 

6. Price Extension

Ekstensi ini berfokus pada produk dan penawaran karena memungkinkan Anda untuk mencantumkan item tertentu dengan harga serta deskripsinya. Anda dapat menetapkan ekspektasi biaya di awal, menciptakan transparansi, dan membantu membangun kepercayaan dengan pengguna.

Ketika mereka mengklik harga tertentu pada iklan Anda, mereka akan langsung diarahkan menuju halaman produk di situs Anda sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya transaksi pembelian.

7. Affiliate Location Extension

Anda dapat menggunakan Affiliate Location Extension jika Anda adalah retail yang menjual produk melalui pengecer pihak ketiga. Saat pengguna melihat iklan, ekstensi jenis ini akan menampilkan lokasi jaringan ritel yang paling dekat dengan mereka yang menjual produk Anda.

Studi dari Google menunjukkan bahwa 76 persen konsumen yang melakukan pencarian lokal di ponsel akan mengunjungi toko fisik dalam 24 jam ke depan. Hal itulah mengapa penting untuk memastikan pelanggan mendapatkan informasi yang tepat (termasuk lokasi) saat mereka mencari produk Anda.

8. Ekstensi Aplikasi

Dari restoran pizza lokal hingga agen real estate, sepertinya setiap orang memiliki aplikasi seluler saat ini. Dengan menyediakan tautan unduhan di iklan teks Anda, ekstensi aplikasi memudahkan pengguna yang tertarik untuk mendapatkan tautan unduhan Anda sekaligus memungkinkan Anda melacak unduhan berdasarkan kata kunci.

9. Ekstensi Promosi

Dapatkan lebih banyak klik dari orang-orang yang menelusuri penawaran terbaik dengan menggunakan ekstensi promosi. Digunakan untuk menyorot penjualan dan promosi, iklan tersebut muncul di bawah iklan Anda dan menggunakan ikon label harga atau transaksi yang dicetak tebal. Anda juga dapat menampilkan hingga dua baris salinan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada pengguna.

10. Ekstensi Formulir Prospek

Ekstensi Google Ads terbaru, ekstensi formulir prospek menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengisi formulir di halaman arahan Anda dengan memungkinkan mereka mengirimkan informasi kontak mereka langsung di SERP.

Jika Anda mencari cara mudah untuk meningkatkan klik/tayang, mendapatkan lebih banyak pengunjung web, dan mengonversi lebih banyak target, ekstensi iklan adalah alat yang sangat baik.

Dengan begitu banyak jenis yang bisa dipilih, ada ekstensi yang cocok untuk setiap organisasi, apa pun industrinya. Tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi satu hal yang pasti, jika ini diterapkan dengan benar, mereka akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak prospek berkualitas dan memaksimalkan anggaran PPC Anda.

Simak informasi menarik seputar digital ads lainnya hanya di KreasiAds. Di sini Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan para ekspertise di bidang digital marketing untuk pertumbuhan bisnis Anda yang lebih gemilang. 

Tunggu apa lagi? Yuk berkunjung ke kreasiads.com sekarang juga!

Share the Post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Posts