Algoritma mesin pencari dan perilaku pengguna terus berubah. Artinya, sebagai content marketer pemasar dituntut harus mengikuti setiap perkembangannya.
Melalui insight dan tips SEO terbaru akan memberi tahu Anda bagaimana kinerja situs web beserta konten Anda dalam mesin pencari. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda menyempurnakan strategi konten SEO Anda ke depannya, sehingga memiliki peringkat dan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Dalam artikel ini, kami akan berbagi wawasan dan tips SEO praktis yang disesuaikan dengan strategi konten marketing di tahun 2024. Yuk simak sampai akhir!
7 Tips SEO untuk Meningkatkan Strategi Konten Marketing di Tahun 2024
Apa yang Anda kerjakan di tahun lalu, dan membuahkan hasil yang bagus, belum tentu di kemudian hari dapat memberikan dampak yang sama. Ini mengapa kita harus mengikuti pembaruan algoritma SERP, jika Anda ingin tetap memiliki organic traffic yang bagus pada website Anda. Berikut beberapa tips SEO yang dapat Anda perhatikan:
1. Search Intent (Maksud Pencarian) yang Memuaskan
Maksud pencarian (Search Intent) adalah alasan mengapa pengguna memasukkan kueri ke dalam mesin pencari. Agar konten Anda muncul di hasil penelusuran, maka konten Anda harus sesuai dengan maksud dan tujuan penelusuran orang tersebut. Misalnya, jika seseorang ingin membeli alamat situs web, kemudian menelusuri mesin pencari dengan kueri “beli nama domain”, konten Anda akan membantu mereka menemukan dan membeli nama domain.
Postingan blog yang menjelaskan apa itu nama domain akan terlalu berlebihan, karena tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya dicari orang saat menggunakan kata kunci tersebut.
Ada empat jenis Search Intent:
- Navigational : Penelusur menemukan situs web tertentu
- Informational : Penelusur yang mencari informasi
- Commercial: Penelusur melakukan riset sebelum melakukan pembelian
- Transactional: Penelusur yang ingin melakukan pembelian.
Konten yang benar-benar selaras dengan apa yang dicari pengguna, menghasilkan beberapa keuntungan di antaranya:
- Peringkat lebih tinggi: Algoritma Google mengenali konten Anda yang cocok dengan apa yang dicari pengguna. Ini meningkatkan peluang website Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.
- Pengalaman pengguna yang lebih baik: Ketika pengguna menemukan konten Anda sesuai dengan niat pencarian mereka, maka akan meningkatkan kepercayaan merek dan kecenderungan mereka untuk mengunjungi situs Anda lagi ketika mereka membutuhkan jawaban atas pertanyaan pada mesin pencari.
2. Analisis Fitur SERP
SERP Feature adalah elemen tambahan yang Anda lihat di halaman hasil mesin pencari selain dari hasil pencarian organik. Beberapa fitur ini dapat memberikan lebih banyak informasi atau opsi, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pencarian dan awareness merek Anda. Beberapa fitur SERP secara umum meliputi:
- Featured snippet
- Local pack
- Reviews
- Sitelinks
- Videos
- Images
- Top stories
- Knowledge panel
- People Also Ask (or More to Ask)
- Related searches
- Google Ads
- Rich snippets
3. Gunakan Long-tail Keyword
Long-tail keyword adalah permintaan pencarian yang sangat spesifik dengan volume pencarian yang relatif rendah.
Orang yang menggunakan kueri penelusuran tertentu memiliki gagasan yang lebih jelas tentang apa yang mereka inginkan, sehingga besar kemungkinan mereka untuk mengambil suatu tindakan. Jika konten Anda dapat muncul dalam pencarian mereka tersebut, maka hal ini dapat menghasilkan traffic hingga prospek berkualitas yang lebih tinggi.
Long-tail keyword juga umumnya mudah untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi karena persaingannya yang sedikit. Contoh pencarian dengan keyword “SEO On-Page” akan memiliki volume pencarian yang lebih tinggi namun dengan kompetitor yang lebih tinggi juga. Beda lagi jika konten Anda memuat keyword “SEO On-Page untuk meningkatkan ranking website”, walaupun memiliki lebih sedikit volume pencarian, konten Anda masih lebih mudah unggul pada mesin pencari, karena tidak banyak yang menyediakan konten serupa dengan kueri pengguna.
4. Buat Konten untuk Pengguna Bukan untuk Mesin
Google saat ini memprioritaskan konten yang menurut orang benar-benar bermanfaat, bernilai dan menjawab. Ini mengacu pada konten yang bermanfaat dan mengutamakan kebutuhan pengguna, menjawab pertanyaan mereka, dan membantu mereka menemukan informasi atau solusi yang mereka butuhkan dengan tepat dan mudah.
Jika konten Anda mengedepankan beberapa hal tersebut, maka dapat membangun kepercayaan pengguna, dan besar kemungkinan mereka akan kembali ke situs Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau mengambil suatu tindakan.
Berikut beberapa tip praktis untuk membuat konten yang berkualitas:
- Kenali audiens Anda: Pahami kelemahan dan motivasi audiens Anda untuk membuat konten yang sesuai dengan mereka.
- Tunjukkan keahlian (Expertise): Libatkan pakar di bidangnya dan buat konten original yang digerakkan oleh pakar untuk meningkatkan kredibilitas.
- Temukan format yang tepat: Gunakan format yang tepat untuk konten Anda sehingga menarik dan efektif (misalnya postingan blog, podcast, video, dll.)
- Pastikan konten mudah dibaca: Tulis kalimat pendek dan sederhana, gunakan gambar untuk membagi bagian yang panjang, dan bagikan informasi yang relevan terlebih dahulu untuk membuat konten mudah dibaca dan dicerna.
Baca Juga: 7 Tips Membuat Winning Content Writing
5. Gambar yang Dioptimalkan Memberi Lebih Banyak Dampak SEO
Mengoptimalkan gambar pada konten Anda untuk hasil penelusuran, dapat meningkatkan peluang untuk mendapat peringkat dan traffic yang lebih tinggi. Hal ini juga dapat menarik perhatian lebih pada visual Anda dari para pengguna, terlebih melalui Google Image, lebih banyak kunjungan situs web, dan peluang lebih besar bagi orang-orang untuk menemukan konten (atau produk) Anda.
Berikut cara meningkatkan SEO gambar Anda:
- Deskriptif ALT Texts: Tulis deskripsi spesifik untuk gambar (misalnya “SEO Tools” alih-alih menggunakan nama umum seperti “IMG123”)
- Kompresi gambar: Kurangi ukuran gambar untuk meningkatkan kecepatan halaman.
- Format gambar: Pilih format gambar yang sesuai, lebih baik gunakan format WebP.
- Sitemap: Buatlah Sitemap atau peta situs gambar untuk meningkatkan peluang Anda muncul di hasil Gambar.
- Structured Data: Gunakan data terstruktur untuk membantu mesin telusur lebih memahami maksud konten pada situs website Anda.
6. Satu Backlink Berkualitas Tinggi Lebih Baik daripada Banyak Backlink yang Tidak Relevan
Backlink adalah tautan pada satu website yang mengarah ke website lain. Ini adalah salah satu faktor peringkat Google yang penting. Menurut penelitian dari semrush.com selama 13 bulan, hampir semua (92,3%) domain yang berada di peringkat 100 teratas memiliki setidaknya satu backlink.
Tapi membangun backlink saat ini bukan lagi tentang mengumpulkan banyak tautan balik, namun tentang mendapatkan backlink yang alami dan berkualitas tinggi dari situs web terkemuka. Ketika situs web ini tertaut ke konten Anda, ini menunjukkan bahwa orang lain mempercayai dan menghargai konten Anda sebagai sumber informasi yang berkualitas dan dapat diandalkan.
Pada akhirnya beberapa hal ini dapat menghasilkan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi, visibilitas yang lebih besar, dan traffic organik yang lebih banyak.
Baca Juga: Analisis Backlinks: Cara Menemukan Backlink yang Berkualitas dan Buruk pada Website
7. Tunjukkan Kualitas dengan E-E-A-T
Pedoman E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness) menekankan pentingnya konten yang dibuat oleh penulis yang memiliki pengalaman langsung dengan materi pelajaran yang komprehensif dan reliable.
Penulis dengan pengalaman dan keahlian langsung cenderung memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya yang dikemas dengan wawasan pribadi. Pada intinya, Google ingin memastikan bahwa orang yang menulis konten pada website adalah sumber yang dapat dipercaya dan tidak asal membuatnya.
Demikian penjelasan mengenai beberapa tips SEO yang sesuai dengan strategi konten marketing di tahun 2024, semoga bermanfaat.
Jangan lupa pantau terus informasi terbaru seputar SEO dari KreasiAds, agar Anda tidak ketinggalan ilmu-ilmu penting lainnya. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan para pakar SEO KreasiAds, untuk strategi SEO bisnis Anda yang lebih optimal!
Baca Juga: Melihat Hasil Target SEO: Cara Tracking, Mengukur dan Evaluasi Performa SEO