Dalam dunia SEO, kata kunci atau keyword merupakan faktor dan landasan penting dari visibilitas konten, blog, atau artikel kita dalam media online. Artikel ini akan menjelaskan pentingnya “related keyword” dalam strategi SEO, bagaimana menemukannya, dan cara terbaik untuk mengintegrasikannya dalam konten web Anda.
Apa Itu Related Keyword dalam Optimasi SEO?
Kata kunci terkait (Related Keyword) adalah kata atau frasa yang berhubungan erat dengan kata kunci utama yang Anda targetkan. Tidak harus sinonim, namun istilah yang mirip atau berada dalam konteks yang sama dengan kata kunci utama yang akan Anda gunakan pada konten.
Ini berkaitan dengan bagaimana mesin pencari menggunakan kata kunci terkait untuk memahami konten dan konteks pada halaman web kita. Oleh karenanya, dengan menemukan dan mengoptimalkan related keyword, dapat membantu Anda membuat konten dengan peringkat yang baik untuk sejumlah kata kunci yang telah kita gunakan, serta dapat menempatkan website kita di hadapan lebih banyak pelanggan potensial.
Mengapa Harus Related Keyword?
Mengapa kita harus peduli dan menggunakan related keyword pada konten-konten yang kita buat? Simak beberapa pentingnya penggunaan related keyword berikut:
1. Memudahkan Mesin Pencari
Penggunaan related keyword akan memudahkan mesin pencari mengenali dan memahami konten kita dari berbagai keyword yang dimasukkan pengguna. Ini akan menambah potensi artikel kita ditampilkan oleh mesin pencari dengan berbagai kata kunci yang digunakan.
2. Meningkatkan Relevansi
Dengan menggunakan related keyword, maka akan membantu memperjelas topik yang kita bahas dalam suatu konten. Oleh karena itu, relevansi antara apa yang dibutuhkan pengguna dari keyword yang mereka masukkan, diharapkan dapat terjawab dari beberapa kata kunci yang kita gunakan dalam konten yang kita sajikan.
3. Meningkatkan Pencarian Universal
Melalui penggunaan related keyword akan membantu meningkatkan konten kita pada pencarian yang lebih luas. Hal ini karena pengguna bisa saja menggunakan kata kunci yang beragam, sehingga dengan memberikan related keyword, kita bisa lebih banyak menjangkau atas apa yang mereka cari.
Baca Juga: Cara Membuat SEO Content Pillar Berperforma Tinggi untuk Meningkatkan Trafik Website
Cara Menemukan dan Riset Related Keyword
Setelah mengetahui apa itu dan pentingnya related keyword, selanjutnya adalah mengetahui cara riset keyword, khususnya untuk mencari dan menemukan related keyword yang akan kita gunakan pada konten artikel. Apa saja?
1. Lakukan Riset Keyword dengan Tools yang Mendukung
Tahap pertama untuk menemukan related keyword adalah dengan melakukan riset keyword. Riset ini dapat Anda lakukan menggunakan beberapa tools yang memudahkan di antaranya Google Keyword Planner, Semrush, atau Ubersuggest.
- Google Keyword Planner: Gratis dan berasal langsung dari mesin pencari terbesar.
- Ubersuggest: Dapat memberikan beragam ide kata kunci terkait.
- SEMrush: Menyediakan informasi lebih rinci tentang pesaing dan kata kunci yang relevan.
Dari berbagai tools tersebut tentu memiliki fitur yang berbeda-beda, dengan hasil riset yang kurang lebih sama. Ini tergantung kenyamanan Anda menggunakan tool riset keyword yang mana.
- Pertama Anda bisa menemukan kata kunci utama, dengan memasukkan keyword sesuai topik yang Anda maksud, kemudian lakukan pencarian berdasarkan negara/country yang Anda pilih.
- Selanjutnya tool akan menampilkan hasil keyword yang Anda cari beserta analisis pencarian, seperti search volume, CPC, jenis intent, dan lainnya.
- Berikutnya Anda bisa menemukan related keyword dari hasil yang ditampilkan. Selain itu Anda juga bisa menemukan keyword ideas dan content ideas, agar penggunaan kata kunci dalam konten kita semakin tepat.
2. Lakukan Analisis Kompetitor
Selain mencari dan menemukan keyword, kita juga harus melakukan riset kompetitor, berkaitan dengan keyword apa saja yang mereka gunakan, dan konten apa yang mereka buat dari kata kunci tersebut. Ini membantu kita menemukan kelebihan dan kekurangan kompetitor dalam pembuatan konten berdasarkan dari keyword yang digunakan.
3. Analisis dan Evaluasi Performa Keyword
Setelah konten berhasil terbit, maka yang bisa kita lakukan adalah analisis dan evaluasi performa keyword yang kita gunakan. Dengan tools analisis performa artikel, kita dapat menemukan query atau kata kunci apa saja yang digunakan oleh pengguna hingga akhirnya menemukan konten kita.
Oleh karena hal itu, dibutuhkan penyesuaian ulang setelah konten berhasil ter-publish. Dalam hal ini, kegiatan yang dapat kita lakukan adalah dengan analisis kata kunci yang digunakan pengguna, untuk kemudian kita sesuaikan dengan artikel, baik dari segi keyword ataupun topik pembahasan yang kita sajikan.
Strategi Penggunaan Related Keyword
Dalam penggunaan related keyword, kita juga harus memperhatikan beberapa hal, agar keterbacaan konten artikel kita tetap baik, dan tidak menyalahi aturan SEO. Berikut beberapa strategi penggunaan related keyword:
1. Tidak Memaksakan
Sesuai dengan kaidah SEO yang baik, bahwa kita tidak boleh terlalu memaksakan dalam memasukkan kata kunci pada konten. Terapkan keyword baik yang utama atau terkait dengan natural, dan tidak mengganggu keterbacaan.
2. Gunakan Variasi yang Kreatif
Variasikan penggunaan keyword yang kita sisipkan pada konten. Pastikan pengguna masih mudah memahami serta tidak bosan ketika membaca konten artikel kita.
3. Jangan Berlebihan
Dalam pemakaian keyword usahakan untuk tidak terlalu berlebihan dan selalu prioritaskan kualitas atau value konten. Jika Anda terlalu berlebihan dalam penggunaan keyword, maka dapat mengganggu kenyamanan pembaca sehingga readability konten menjadi buruk.
Related keyword adalah alat penting dalam perangkat SEO Anda. Dengan pemahaman yang baik tentang bagaimana menemukan dan menggunakannya secara efektif, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda di mesin pencari dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.
Baca Juga: Checklist dan Panduan Lengkap Optimasi SEO On Page