Pernahkah Anda membagikan artikel yang menurut Anda menarik di sosial media? Atau hanya sekedar memberikan komentar? Ternyata yang Anda lakukan tersebut adalah contoh dari social signals.
Apa itu social signals?
Social signals adalah tindakan atau interaksi yang terjadi pada platform sosial media, seperti like, share, dan comment. Umumnya, social signal ini digunakan sebagai indikator bahwa konten Anda berkualitas bagi pengguna dan search engine. Semakin berkualitas konten, maka semakin tinggi interaksi yang terjadi pada sosial media.
Jenis-jenis social signals
Social signals dalam SEO memiliki berbagai jenis. Berikut ini di antaranya:
1. Like
Jumlah audiens mengklik tombol “like” atau menggunakan emoji reaksi untuk menunjukkan apresiasi terhadap postingan atau konten.
2. Share
Jumlah audiens membagikan postingan atau konten dengan pengikut atau koneksi mereka sendiri, sehingga bisa meningkatkan jangkauannya (reach).
3. Comment
Komentar yang ditulis oleh audiens pada postingan, menunjukkan bahwa orang-orang secara aktif terlibat dan mendiskusikan konten tersebut.
4. Click
Jumlah klik pada tautan yang dibagikan dalam postingan sosial media, yang dapat menunjukkan tingkat minat terhadap konten yang ditautkan.
5. Mention
Ketika brand atau konten Anda disebutkan oleh audiens lain di postingan atau komentar mereka, hal itu dapat meningkatkan visibility dan engagement Anda
6. Retweet (Twitter)
Tindakan membagikan tweet orang lain kepada pengikut Anda di Twitter, menandakan dukungan atau ketertarikan pada konten asli
7. Story (fitur cerita di sosial media)
Interaksi dengan cerita di platform seperti Instagram dan Facebook, termasuk membalas (reply) dan berbagi (share).
Hubungan antara social signals dengan SEO
Meskipun berkaitan langsung dengan sosial media, ternyata social signals ada hubungannya dengan SEO. Salah satunya menjadi strategi optimasi off-page, selain backlink, guest post, dan Google Business Profile.
Dengan membagikan konten ke sosial media, bisa mendatangkan organic traffic yang akan membangun reputasi website Anda alhasil mendapatkan peringkat di search engine. Perlu diingat bahwa social signals bukanlah satu-satunya Google Ranking Factors yang harus diperhatikan.
Cara meningkatkan social signals
Meningkatkan social signals untuk website atau konten Anda melibatkan strategi dan taktik yang bertujuan untuk meningkatkan engagement dan visibility di platform sosial media. Berikut beberapa cara efektif untuk meningkatkannya:
1. Buat konten berkualitas tinggi
Buatlah konten yang informatif dan menarik yang sesuai dengan audiens target Anda. Tambahkan gambar dan video, untuk membuat konten Anda menjadi lebih menarik dan mudah dibagikan.
2. Pahami audiens Anda
Pahami minat dan preferensi target audiens target sehingga Anda dapat menyesuaikan konten dengan kebutuhan mereka. Gunakan riset audiens untuk menentukan platform sosial mana yang paling sering mereka kunjungi.
3. Posting konten secara konsisten
Buat jadwal posting konten agar audiens tetap terlibat. Konsistensi juga membantu membangun kepercayaan dan menjadikan brand Anda selalu diingat oleh audiens. Anda bisa memanfaatkan kalender sebagai pengingat (reminder) untuk membuat postingan.
4. Gunakan social sharing buttons
Tambahkan social sharing buttons ke website dan postingan blog Anda untuk memudahkan pengunjung membagikan konten Anda.
5. Tingkatkan interaksi dengan audiens
Cobalah berinteraksi dengan audiens, seperti menyukai atau membalas komentar. Dengan demikian, audiens akan merasa terlibat dan sering mengunjungi konten Anda.
6. Update dengan tren
Tetap terinformasi tentang tren sosial media saat ini dan sesuaikan strategi Anda untuk menerapkannya bila relevan dengan cara membuat konten, seperti artikel atau gambar.
7. Optimalkan profil sosial media
Pastikan profil sosial media Anda lengkap, akurat, dan menarik secara visual. Gunakan kata kunci yang relevan dan SEO-friendly di profil maupun postingan Anda agar mudah ditemukan.
Ingatlah bahwa membangun social signals membutuhkan waktu yang lama. Penting juga untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan perubahan tren dan preferensi audiens target serta algoritma platform sosial media yang terus berkembang.
Dengan memberikan konten yang berkualitas dan mendorong keterlibatan secara konsisten kepada audiens, Anda dapat meningkatkan engagement dan visibility pada brand. Hasilnya social signals juga akan meningkat dan adanya potensi pada peringkat SEO Anda.
Yuk manfaatkan social signals sekarang!
Baca juga: 10 Cara Optimasi Google Business Profile