Di tengah perkembangan teknologi dan era digital, dunia bisnis menghadapi tantangan baru dalam mempromosikan produk dan layanan mereka. Digital advertising muncul sebagai solusi penting untuk membantu bisnis mengatasi tantangan tersebut dengan berupaya meningkatkan penjualan.
Digital advertising adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform digital seperti mesin pencari, media sosial, dan situs web untuk menampilkan iklan kepada audiens yang ditargetkan. Dengan berbagai format seperti iklan teks, iklan video, dan iklan gambar, digital advertising memberikan fleksibilitas untuk menciptakan pesan yang menarik, serta tepat sasaran.
Simak pentingnya digital advertising, jenisnya, serta tips meningkatkan sales bisnis selengkapnya pada penjelasan di bawah ini!
Pentingnya Menggunakan Digital Advertising
Berangkat dari tujuan Digital Advertising sendiri yakni untuk menciptakan dan mempromosikan iklan/pesan secara fleksibel dan tepat sasaran pada market yang kita tuju. Hal ini menjadi penting untuk menggunakan digital advertising dalam kegiatan marketing kita, terlebih agar kegiatan tersebut lebih mudah, efektif, dan tentunya hemat biaya.
Berikut beberapa keuntungan, jika kita memanfaatkan digital advertisement:
1. Targeted Audience
Manfaat pertama dari digital advertising adalah memungkinkan kita dapat mengarahkan iklan bisnis kepada audiens yang paling mungkin tertarik, atau yang telah kita targetkan, sehingga kegiatan campaign kita menjadi tepat sasaran.
2. Kinerja yang Terukur
Keunggulan dari platform digital advertising adalah karena mereka dapat menyediakan alat untuk melacak performa kampanye secara real-time. Inilah yang menjadikan kegiatan atau kinerja campaign yang dilakukan menjadi lebih terukur dan mendapatkan ROI yang lebih baik.
3. Fleksibilitas Anggaran
Melalui digital advertising, kita juga akan mendapatkan fleksibilitas terhadap anggaran iklan yang kita gunakan. Di sini Anda dapat mengatur anggaran sesuai dengan kemampuan keuangan bisnis Anda, serta mengubahnya kapanpun sesuai kebutuhan.
4. Memperluas Jangkauan dan Brand Awareness
Digital advertising dapat membantu meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dengan cara menjangkau audiens yang lebih luas walaupun dengan budget yang lebih terjangkau.
Digital Advertising Apa Saja?
Setelah kita mengetahui seberapa penting untuk memanfaatkan digital ads dalam kegiatan marketing, sudah saatnya mengetahui apa saja jenis digital advertisement ini.
Saat ini telah banyak jenis ads yang dapat kita jumpai dan gunakan, Search Engine Marketing (SEM), Social Media Advertising (SMA), Retargeting Advertisement dan lain sebagainya. Berikut beberapa jenis digital ads yang populer dan telah banyak digunakan:
1. Google Ads
Google sejauh ini masih merupakan pemimpin dalam hal pencarian mesin pencari. Setidaknya, sekitar 90,46% pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia di miliki oleh Google. Setiap pencarian yang dilakukan pengguna ini menawarkan peluang bagi Anda untuk menampilkan bisnis atau produk yang Anda tawarkan di lebih banyak pengguna.
2. Facebook Ads
Facebook saat ini menjadi platform media sosial terbesar di dunia dengan pengguna aktif mencapai 2,9 miliar. Hal ini menjadi tidak heran jika Facebook Ads menjadi pilihan favorit untuk beriklan. Dengan begitu beragamnya usia, jenis kelamin, dan demografi lokasi, Anda dapat dengan mudah menemukan target pasar yang sesuai di Facebook.
3. Instagram Ads
Instagram Ads merupakan channel yang ideal untuk Anda yang memiliki iklan produk yang lebih menarik secara visual. Umumnya, pengguna Instagram berusia 18-34 tahun, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik pada iklan dengan menargetkan pemirsa yang lebih muda.
Mirip dengan Facebook Ads, melalui Instagram Ads, Anda juga dapat menemukan audiens berdasarkan demografi, aktivitas, minat, dan banyak lagi.
4. Tik Tok Ads
Meski masih terbilang baru, Tiktok telah memiliki sekitar 1.39 miliar pengguna aktif. Hal ini menandakan bahwa Tiktok juga memiliki potensi signifikan untuk menjangkau konsumen, terutama yang lebih muda. Tiktok Ads menawarkan platform kuat yang bisa membantu brand untuk mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia.
5. Twitter Ads
Twitter Ads telah meningkat penggunaannya seiring waktu. Platform ini paling sering digunakan untuk membaca berita dan berinteraksi dengan influencer. Twitter menjadi salah satu platform yang memiliki perputaran topik dan trending yang cepat, sehingga platform ini sangat berguna untuk membangun brand awareness.
6. LinkedIn Ads
Sedikit berbeda dari platform social media lainnya, LinkedIn memiliki basis pengguna profesional yang besar dan dapat menargetkan pengguna berdasarkan riwayat pekerjaan dan kualifikasi mereka. Oleh Karena itu, Linkedin Ads umumnya ditujukan untuk audiens B2B.
7. YouTube Ads
Tidak kalah populer saat ini Youtube tercatat telah memiliki 50 juta pengguna yang aktif dalam membuat konten di YouTube dan mengunggah 576.000 jam video ke YouTube setiap hari. Ini menjadi alasan, Youtube dapat menjadi platform yang potensial untuk mendistribusikan iklan/ads kita untuk meningkatkan traffic pada google maupun konversi.
8. Email Marketing
E-mail marketing menjadi salah satu strategi memasarkan produk yang cukup efektif. Dilansir dari Campaign Monitor, 64% bisnis kecil menggunakan email marketing untuk menjangkau audiens atau pelanggan mereka. Angka tersebut menunjukkan meskipun saat ini sudah banyak media baru tapi email marketing masih menjadi pilihan dalam memasarkan produk.
Tips Meningkatkan Omset Penjualan dengan Digital Advertising
Meningkatkan omset penjualan dapat menggunakan digital advertising. Berikut tips agar iklan kita dapat bekerja dengan efektif sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, yakni:
- Membuat tujuan iklan yang spesifik, apakah itu untuk meningkatkan leads atau penjualan.
- Pemilihan target audiens yang relevan untuk mengetahui siapa mereka, termasuk preferensi dan kebiasaan mereka.
- Menggunakan konten kreatif yang memikat serta memberikan nilai tambah kepada target audiens kita. Ini juga termasuk pemilihan teks dan visual yang mampu menceritakan produk Anda dengan jelas dan menarik.
- Pembuatan Call-to-Action yang jelas, serta sertakan tindakan atau langkah yang spesifik kepada konsumen kita.
- Pemilihan platform distribusi iklan yang tepat sesuai dengan target market kita, seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya.
- Lakukan segmentasi iklan yang spesifik, dengan memanfaatkan alat segmentasi pada platform digital untuk menargetkan iklan kepada orang yang benar-benar akan tertarik.
- Melakukan optimasi kampanye secara teratur dan selalu monitoring kinerja berdasarkan data yang ada untuk melihat perubahan yang diperlukan dalam melakukan perbaikan.
- Mengukur kesuksesan kampanye dengan data analitik, baik untuk mengetahui perilaku pengunjung atau data konversi.
Layanan Digital Advertising KreasiAds
Digital advertising adalah alat penting dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Dengan memahami strategi, platform yang tepat, dan mengatasi tantangan, bisnis dapat memanfaatkan potensi penuh digital advertising untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.
Namun bagi sebagian orang, untuk menjalankan Ads tidaklah mudah, terlebih jika Anda salah melakukan strategi. Biaya Ads yang harusnya murah, akan menjadi biaya marketing yang mahal.
Saat ini KreasiAds hadir untuk mengatasi permasalahan Ads yang Anda alami. Dengan didampingi oleh para ahli Ads, konsultasi terkait Ads menjadi lebih mudah dan tidak perlu repot-repot melakukan rekrutmen tim.
Layanan Digital Advertisement KreasiAds siap menjadi solusi efisien untuk periklanan pada bisnis Anda, agar dapat mencapai hasil yang maksimal dengan biaya seminimal mungkin.
Tunggu apa lagi? Yuk konsultasikan kebutuhan iklan bisnis Anda di KreasiAds!